7 Tips LDR agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Romantis

Komunikasi yang lancar termasuk cara jitu untuk mempertahankan hubungan jarak jauh
Jalin komunikasi yang baik untuk menjaga keharmonisan hubungan jarak jauh

Menjalani hubungan jarak jauh memang memiliki tantangan tersendiri. Jenis hubungan ini mungkin lebih akrab dengan istilah long distance relationship atau LDR di telinga Anda.

Tak seperti pasangan kekasih pada umumnya yang mungkin dapat bertemu setiap hari, LDR membuat Anda dan pasangan tak bisa menikmati kebersamaan secara maksimal karena terpisah oleh jarak. Belum lagi jika hubungan terasa membosankan atau Anda dan pasangan dilanda rindu yang teramat dalam.

Tapi jangan menyerah dulu, Anda bisa mencoba beberapa tips LDR agar hubungan jarak jauh tetap utuh dan harmonis. 

Tips LDR agar hubungan jarak jauh tetap bisa bertahan

Menjalin hubungan jarak jauh bukan hal yang mudah. Perlu strategi khusus agar hubungan LDR yang dijalani tetap awet. Apa sajakah tips LDR tersebut?

1. Memajang foto dengan pasangan

Meski terkesan sepele, memajang foto dengan pasangan ternyata bisa membantu dalam menjaga hubungan jarak jauh Anda. Menurut sebuah penelitian, melihat foto pasangan yang disayangi dapat mengaktifkan hormon dopamin dalam otak.

Hormon dopamin bertanggung jawab dalam menciptakan perasaan senang dan bahagia. Karena itu, tak ada salahnya apabila Anda menaruh foto pasangan di meja kerja atau wallpaper ponsel untuk memelihara perasaan cinta serta menunjukkan komitmen di antara Anda dan pasangan. 

2. Menghargai setiap perbedaan yang ada

Anda dan pasangan pasti memiliki sifat dan kebiasaan yang berbeda. Hubungan jarak jauh bisa saja menambah daftar perbedaan di antara Anda berdua. Misalnya, perbedaan kesibukan, zona waktu, dan lainnya. 

Salah satu tips LDR yang jitu adalah Anda dan pasangan wajib menghargai setiap perbedaan yang ada, termasuk perihal waktu. Jika ada perbedaan kesibukan dan zona waktu, segera komunikasikan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Perbedaan yang dilewati seharusnya dapat menjadi dasar untuk melatih kesabaran. Anda juga bisa menjadikannya sebagai cara untuk saling menguatkan dan langkah pendewasaan dalam memperkuat hubungan. 

3. Membangun kepercayaan

Dalam sebuah hubungan, membangun kepercayaan merupakan hal penting. Apa alasannya?

Pasalnya, menjalani hubungan tentu akan menyulitkan jika tidak ada lagi rasa percaya di antara pasangan. Terlebih bagi pasangan LDR, menumbuhkan rasa percaya akan terasa lebih berat karena Anda dan pasangan tak dapat bertatap muka secara langsung. 

Akibatnya, bukan tidak mungkin akan muncul pikiran-pikiran aneh di benak Anda. Sebagai contoh, Anda bisa saja mencurigai pasangan selingkuh ketika ia tidak kunjung menghubungi Anda. 

Sebagai solusinya, sampaikan kekhawatiran Anda pada pasangan. Dengan ini, pasangan dapat menenangkan sekaligus lebih memahami keinginan Anda. 

4. Merencanakan waktu untuk berkomunikasi

Perbedaan jadwal, rutinitas, dan zona waktu termasuk sering menjadi penyebab timbulnya masalah pada hubungan jarak jauh. Jika komunikasi tidak lancar, hal ini dapat memicu konflik. 

Karena itu, selalu jaga agar komunikasi dengan pasangan tetap lancar. Cobalah untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk saling menanyakan kabar, baik melalui telepon atau video call

Langkah ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mengetahui kegiatan pasangan Anda maupun sebaliknya, yaitu memberitahukan rutinitas Anda pada pasangan. 

5. Melakukan kegiatan menarik bersama-sama

Saling menelepon atau bertukar kabar mungkin sudah menjadi rutinitas yang biasa dilakukan oleh para pasangan LDR. Untuk mencegah ancaman rasa bosan, tak ada salahnya untuk melakukan hal baru bersama-sama.

Hubungan jarak jauh bukan berarti Anda tidak bisa memilih kegiatan serupa bersama-sama. Anda bisa memulainya dengan hal-hal sederhana. Misalnya, membaca buku atau menonton film yang sama, lalu mendiskusikannya berdua. 

6. Memberi ruang gerak untuk pasangan

Saat menjalani hubungan jarak jauh, Anda mungkin ingin terus-menerus menghubungi pasangan agar tahu kabarnya. Namun jangan selalu menuntut komunikasi yang intens.

Sesekali, berikan jeda agar Anda dan pasangan punya waktu untuk diri sendiri alias ‘me time’. Selama jeda ini, Anda dan pasangan memiliki kesempatan untuk berkumpul dengan teman maupun sahabat, serta fokus pada hobi yang Anda senangi. Dengan begitu, hubungan jarak jauh pun tidak terasa monoton. 

7. Mengatur waktu untuk bertemu

Untuk mengobati rasa rindu, merencanakan sebuah pertemuan tergolong tips LDR yang krusial. Anda dan pasangan bisa mengambil waktu saat libur panjang agar bisa bertemu

Pilihlah lokasi yang terjangkau, baik oleh Anda maupun pasangan. Susun rencana mengenai kegiatan apa saja yang dapat dilakukan saat bertemu nanti. 

Pertemuan dengan pasangan mampu memberikan angin segar dalam hubungan jarak jauh. Dengan ini, Anda dan pasangan akan termotivasi untuk terus berjuang dan mempertahankan hubungan LDR. 

Sisi positif hubungan jarak jauh yang mungkin belum diketahui

Banyak orang percaya bahwa hubungan jarak jauh tidak akan mampu dan pasti berujung buruk. Tak sedikit pula cerita mengenai pasangan LDR yang berakhir selingkuh kemudian berpisah. 

Kendati demikian, hubungan jarak jauh ternyata memiliki sisi positif. Pasangan yang menjalani LDR dikatakan dapat memiliki ikatan yang lebih kuat dan intim. Apa alasannya?

Para pejuang LDR akan memberikan usaha lebih keras untuk mempertahankan hubungan mereka. Mulai dari lebih sering mengirim pesan singkat, menelepon, hingga melakukan video call

Catatan dari SehatQ

Tiap hubungan memiliki tantangan tersendiri, apalagi hubungan jarak jauh. Selain tidak dapat menikmati kebersamaan karena terpisah oleh jarak, Anda dan pasangan mungkin bisa saja didera rasa bosan hingga curiga.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membangun kepercayaan, menjaga komunikasi agar tetap terbuka, melakukan kegiatan menarik bersama, dan merencanakan pertemuan supaya hubungan jarak jauh Anda dan pasangan tetap romantis serta harmonis.

Healthline. https://www.healthline.com/health/long-distance-relationship-advice#1
Diakses pada 29 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/sex-relationships/features/get-closer-act-like-a-long-distance-couple#1
Diakses pada 29 Oktober 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/life-refracted/201612/10-ways-make-long-distance-love-relationship-work
Diakses pada 29 Oktober 2019

Harvard Medical School. https://neuro.hms.harvard.edu/harvard-mahoney-neuroscience-institute/brain-newsletter/and-brain-series/love-and-brain
Diakses pada 29 Oktober 2019

Mental Help. https://www.mentalhelp.net/blogs/survival-tips-for-long-distance-relationships/
Diakses pada 29 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed