Tips Kreatif Mengajar Si Kecil Mengenal Warna

(0)
03 Jun 2020|Azelia Trifiana
Permainan dapat digunakan untuk mengajar anak mengenal warnaBermain dengan huruf berwarna adalah salah satu cara mengajar anak mengenal warna
Otak Si Kecil tak berhenti mengeksplorasi dan ingin tahu banyak hal di sekitarnya. Termasuk, warna warni yang membuat dunia sekitarnya lebih hidup. Tak perlu menunggu anak masuk usia sekolah untuk belajar mengenal warna, bahkan pelajaran yang satu ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana di sekitar.Terlebih, ketika anak mulai belajar mengenal warna dan memahami konsepnya, maka akan semakin banyak perbendaharaan kata yang dikuasainya. Dari situ, kemampuan komunikasinya bisa semakin berkembang dengan kreatif.

Belajar mengenal warna dengan menyenangkan

Ada banyak cara untuk belajar mengenal warna bersama Si Kecil, seperti beberapa ide kreatif berikut ini:

1. Bermain dengan makanan

Menu makanan di piring Si Kecil akan semakin sehat ketika warnanya bervariasi. Artinya, kandungan nutrisi yang tersedia juga kian beragam. Untuk itu, siapkan menu dengan warna warni beragam dan ajak mereka menyebut jenisnya.Tak hanya itu, ajak juga anak bereksperimen saat proses menyiapkan makanan di dapur. Mencampur bahan dengan warna berbeda sehingga menghasilkan satu warna baru juga akan jadi momen berkesan bagi mereka.

2. Jangan takut berantakan

Belajar mengenal warna bisa dilakukan dengan aktivitas yang seru seperti melukis langsung dengan tangan. Anda bisa membuat cat sendiri dengan mencampur tepung maizena dan merebusnya. Kemudian, tambahkan tetesan pewarna makanan sesuai selera.Jika sudah jadi, siapkan papan atau area yang bisa mereka “kotori” dengan tangan. Jangan ragu ikut terlibat, terutama ketika anak masih merasa ragu membasahi tangan mereka dengan cat air. Jangan takut berantakan karena di sinilah anak belajar dengan cara menyenangkan!

3. Menyamakan warna

Saat bermain di luar, coba bawa beberapa mainan dari dalam rumah dengan warna yang berbeda. Kemudian, ajak anak bermain games dengan mencari apapun benda di luar sana yang berwarna sama dengan mainan mereka! Contohnya hijau untuk warna daun, rumput, atau jika beruntung bisa menemukan ulat bulu di sela dedaunan.

4. Membedakan warna

Tak harus beraktivitas di luar rumah, saat sedang mengisi waktu di dalam rumah Anda juga bisa mengajak anak terlibat dalam permainan sorting colors. Caranya sederhana, cukup dengan memilah warna sesuai dengan kategori. Kemas aktivitas sederhana ini dengan menyenangkan, bisa jadi momen family time yang berkesan.

5. Dress up

Tak hanya dari menu di piring dan benda di sekitarnya saja, pakaian yang mereka kenakan juga bisa menjadi ide belajar mengenal warna. Coba tunjukkan beberapa pilihan warna atasan dan bawahan, kemudian minta mereka memilih mana pasangan warna yang mirip.

6. Eksperimen di rumah

Jangan kehabisan ide bereksperimen untuk belajar mengenal warna di rumah. Ada banyak permainan sederhana yang bahan-bahannya mudah ditemukan. Contohnya mencampur dua warna primer untuk menghasilkan warna baru, membuat science project dengan mencampur pewarna makanan, susu, dan sabun cuci, dan masih banyak lagi eksperimen yang bisa jadi ide kreatif.

7. Permainan di YouTube

Tontonan di YouTube tidak selalu buruk, asalkan peran orangtua untuk mendampingi tetap ada. Ada banyak jenis permainan atau tontonan di YouTube atau gadget yang temanya belajar mengenal warna. Ajak anak mengenali warna dengan memadukan teks dan visual dipadukan dengan lagu menarik.

8. Buku menarik

Ada banyak pilihan buku menarik yang bisa mengajak anak belajar mengenal warna. Bahkan sejak anak masih bayi pun, buku dengan warna kontras bisa membantu penglihatannya agar lebih fokus. Ketika anak menginjak usia toddler, cari buku yang sesuai dengan minat mereka dan masih mengajarkan tentang warna.

Meskipun terkesan sepele, belajar mengenal warna bisa jadi salah satu pembelajaran yang dibekali orangtua dari rumah. Ajak anak mengenal apa saja jenis warna yang ada di dunia ini.Bukan sekadar tahu saja, otak menakjubkan Si Kecil akan membawa bekal pengetahuan tentang warna itu sebagai sumber eksplorasi mereka. Jadi, jangan kaget saat anak diajak keluar rumah dan sibuk menunjuk ke penjuru arah sembari menyebutkan warna!
test parentingtips parentinggaya parenting
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/toddler/photo-gallery/games-that-teach-toddlers-colors.aspx
Diakses 18 Mei 2020
Mommy’s Bundle. https://mommysbundle.com/7-fun-easy-ways-to-teach-toddlers-colors/
Diakses 18 Mei 2020
The Art of Education. https://theartofeducation.edu/2018/10/15/3-fun-ways-to-teach-kindergarteners-about-primary-colors/
Diakses 18 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait