10 Tips Kesehatan Pria yang Wajib Dilakukan untuk Menghindari Penyakit

Salah satu tips kesehatan pria untuk hidup yang paling penting adalah memeriksa kesehatan mental
Melakukan variasi olahraga, misalnya jogging dengan pilates, dapat membuat tubuh lebih sehat

Para pria memiliki potensi besar mengidap sejumlah penyakit kronis karena gaya hidup yang buruk atau kelainan gen. Untuk terhindar dari risiko berbagai penyakit, simak 10 tips kesehatan pria berikut ini!

1. Temukan Dokter yang Nyaman

Dengan berkonsultasi pada dokter yang membuat Anda nyaman, Anda bisa secara leluasa mendiskusikan seluruh aspek kesehatan. Mulai dari kondisi kepribadian, mental, fungsi seksual, hingga segala hal yang dirasakan.

2. Jangan Remehkan Hal-hal Sepele

Hanya karena merasa sehat, bukan berarti tubuh dalam kondisi yang baik-baik saja. Penting untuk tidak mengabaikan hal-hal sepele, seperti pandangan mata yang menjadi rabun, nyeri di dada, atau kondisi tinja yang berwarna hitam dan tidak sehat. Sebab, banyak sekali pria yang memiliki kecenderungan seperti itu dan akhirnya harus menelan pil pahit karena kondisi badan tidak sesehat yang dipikirkan.

3. Tak Boleh Mengabaikan Gejala atau Keluhan

Jika Anda memiliki gejala penyakit tertentu atau sekadar keluhan masalah kesehatan, lakukan cek kesehatan secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti diabetes, darah tinggi, dan sebagainya.

4. Lakukan Berbagai Variasi Olahraga

Saat tubuh sudah merasa nyaman dengan satu jenis latihan tertentu, tak ada salahnya membuat variasi sejumlah gerakan yang ada dalam olahraga. Misalnya, mencampur gerakan aerobik sesuai dengan usia, pelatihan otot, dan peregangan. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, pikiran pun akan terasa lebih segar.

5. Makan dengan Kandungan Nutrisi yang Cukup

Hal ini juga menjadi salah satu tips kesehatan pria yang wajib untuk dilakukan. Dengan makan makanan yang bergizi, kesehatan dan ketahanan tubuh bisa terjaga dengan baik. Di samping itu, konsumsi makanan yang sehat bisa menghindarkan diri dari risiko terkena penyakit berbahaya.

6. Cukup Istirahat

Beristirahat setidaknya 7 jam dalam sehari. Hal ini bukan sesuatu yang bisa dikompromikan. Terlebih, Anda tak bisa mengatasi masalah kurang tidur dengan berolahraga atau apa pun.

7. Memeriksakan Kesehatan Mental

Kesehatan mental menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Coba pikirkan tentang beberapa kemungkinan: Apakah ada tanda-tanda depresi atau gangguan bipolar? Apakah Anda mengonsumi alkohol terlalu banyak? Apakah Anda termasuk seseorang yang punya riwayat keluarga penyakit mental, pernah berpikir untuk bunuh diri, atau bahkan pernah memakai zat terlarang? Kemungkinan besar Anda membutuhkan seseorang yang bisa membantu meninjau tanda maupun gejala yang dirasakan.

8. Cintai dan Sayangi Diri Sendiri

Mencintai dan menyayangi diri sendiri juga bisa menjadi tips ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Lakukan berbagai hal positif untuk diri sendiri setiap hari. Entah itu lari, berlatih yoga, hingga meditasi.

9. Perawatan untuk Prostat

Tak bisa dipungkiri, penyakit prostat bisa tumbuh seiring dengan bertambahnya usia. Adapun gejalanya meliputi seperti kesulitan buang air kecil. Untuk itu, lakukan gaya hidup sehat dan kurangi makanan yang memicu penyakit prostat, seperti kanker prostat.

10. Selalu Berpikir Positif

Stres merupakan salah satu faktor utama yang membuat tubuh menjadi tidak sehat. Untuk itu, tumbuhkan kebiasaan berpikir positif sehingga Anda pun tak akan terlalu tertekan saat menghadapi sebuah masalah.

WebMD. https://www.webmd.com/men/features/top-health-tips-men
Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed