9 Tips Jitu untuk Membuat Anak Mandiri

(0)
07 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Anak mandiri dapat tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab.Saat anak mandiri, ia akan belajar untuk bertanggung jawab.
Memiliki anak mandiri menjadi impian dari setiap orangtua. Bayangkan jika Si Kecil sudah bisa menyiapkan seragam sekolahnya sendiri atau membersihkan mainan yang berserakan. Tentu Anda sebagai orangtua akan merasa bahagia, bukan?Kabar baiknya, terdapat berbagai macam cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng yang dapat dicoba, mulai dari mengajarkan tanggung jawab hingga membiarkan ia membuat keputusan sendiri.

Berbagai cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng

Anak mandiri tidak hanya mampu mengerjakan tugasnya di rumah seorang diri, tapi juga bisa membuat keputusan dengan baik dan mengetahui apa yang membuatnya merasa bahagia. Tidak hanya itu, mereka dapat tumbuh sebagai individu yang bertanggung jawab.Inilah alasan mengapa Anda disarankan untuk mencoba berbagai cara mendidik anak agar cerdas dan mandiri berikut ini.

1. Ajari anak tanggung jawab yang dapat ia emban

Untuk membuat anak mandiri, Anda boleh mengajarkan tanggung jawab kepadanya. Tidak perlu tanggung jawab yang berat seperti urusan finansial. Berikan ia tanggung jawab yang ringan dan dapat diemban, misalnya menyiapkan kebutuhan apa saja yang diperlukan sebelum pergi piknik.Dengan begitu, anak akan mulai belajar bahwa ia harus menyiapkan kebutuhannya sendiri tanpa bergantung pada kedua orangtuanya.

2. Ajari anak untuk membuat keputusan sendiri

Cara mendidik anak agar mandiri berikutnya adalah mengajarkan Si Kecil untuk membuat keputusan sendiri.Jangan memberikan anak keputusan yang sulit. Ajarkan ia untuk mengambil keputusan yang ringan terlebih dahulu, misalnya memilih makanan pada menu di restoran. Biarkan anak memilih makanan yang ingin ia makan.Dengan begitu, anak akan mampu bersikap mandiri saat mengambil keputusan di berbagai situasi hidupnya.

3. Buatlah rutinitas yang sama setiap hari

Salah satu cara mendidik anak agar mandiri dan berani yang dapat Anda coba adalah membuat rutinitas yang sama setiap harinya.Misalnya, di pagi hari, buatlah rutinitas seperti mandi, menyisir rambut, membasuh muka, sarapan, hingga menyiapkan perlengkapan sekolahnya.Kemudian setelah pulang sekolah, anak juga harus membiasakan diri untuk makan siang, mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dari guru, mandi sore, membaca buku, hingga tidur.Dengan adanya kebiasaan yang dilakukan setiap hari ini, Si Kecil akan belajar untuk mengerjakannya secara mandiri. Tidak hanya itu, rutinitas ini juga dapat membantu anak mengetahui apa yang harus ia lakukan selanjutnya.

4. Jangan lupa memberi anak pujian

Memberikan pujian saat anak berperilaku baik juga termasuk cara mendidik anak agar cerdas dan mandiri yang efektif. Sebab, dengan memberikan pujian, ia akan bersemangat untuk berperilaku baik dan mengulangi kebiasaan baiknya.Misalnya, saat Anda melihat anak membersihkan mainannya sendiri atau sudah bisa mandi sendiri. Cobalah berikan pujian atas usahanya tersebut. Hal ini diharapkan bisa membuatnya semakin semangat untuk menjadi anak mandiri.

5. Berikan ia hadiah saat berperilaku mandiri

Hadiah tidak melulu berupa materi. Pujian juga termasuk hadiah yang berharga bagi anak. Namun, saat anak sudah beranjak dewasa, Anda dapat memberikan hadiah dalam bentuk lain.Contohnya, saat anak mau membersihkan kamarnya dan menyelesaikan PR sebelum jam makan malam. Anda dapat mengizinkannya untuk bermain bersama teman-temannya di akhir pekan.Hadiah-hadiah ini akan menjadi motivasi anak untuk bersikap mandiri. Lambat laun, diharapkan anak-anak akan berperilaku mandiri tanpa mengharapkan hadiah.

6. Ajari ia untuk menyelesaikan masalahnya sendiri

Anak-anak cenderung akan mengadu pada orangtuanya saat ia memiliki masalah. Maka dari itu, Anda perlu membekalinya dengan kemampuan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri supaya ia bisa mandiri.Masalah-masalah yang biasanya ditemukan pada anak dapat berupa sibling rivalry (konflik antarsaudara) atau hilangnya mainan kesayangannya.Sebelum mengintervensi, biarkan anak menyelesaikan masalah-masalah tersebut sendiri. Cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng ini cukup efektif dan patut dicoba.

7. Tetap menjadi orangtua yang berempati

Saat Anda sedang melakukan berbagai cara mendidik anak agar mandiri, jangan lupa untuk tetap berempati pada Si Kecil.Saat anak sedang berusaha keras untuk bersikap mandiri, pastikan pada mereka bahwa Anda dan pasangan selalu ada di sampingnya untuk memandunya. Jangan sampai anak menyakiti diri dan perasaannya sendiri saat sedang berjuang untuk menjadi mandiri.

8. Beri tahu anak bahwa kegagalan adalah hal yang normal

Akan ada waktunya saat anak gagal ketika sedang berusaha menjadi mandiri. Hal ini dapat membuat anak merasa sedih dan kecewa.Anda memiliki tugas untuk menenangkannya dan menegaskan bahwa kegagalan adalah hal yang lazim terjadi. Bantu anak untuk belajar dari kesalahannya, berikan ia semangat untuk mencoba lagi dan lagi.

9. Biarkan anak menghadapi konsekuensinya

Terkadang, ada kalanya konsekuensi dan hukuman bisa muncul secara alami. Misalnya, saat anak lupa membawa sepatu olahraganya ke sekolah, maka ia akan dihukum guru dan tidak boleh ikut bermain sepak bola.Konsekuensi ini akan membuat anak belajar bahwa ia harus menjadi mandiri tanpa bergantung pada orangtuanya untuk mengingatkannya.Hukuman dan konsekuensi seperti ini dapat menjadi pelajaran bagi anak sehingga ia akan bersikap mandiri di kemudian hari.

Catatan dari SehatQ

Memiliki anak mandiri dapat mempermudah tugas orangtua, baik di dalam atau luar rumah. Namun, anak tidak bisa menjadi mandiri dengan sendirinya. Ia juga perlu panduan dan bantuan orangtuanya untuk bersikap mandiri.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingkesehatan anakparenting stress
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-teach-your-kids-to-be-more-independent-4779863
Diakses pada 24 Maret 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/10-effective-tips-to-make-your-child-independent/
Diakses pada 24 Maret 2021
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/tips-to-make-your-child-independent_0091704/
Diakses pada 24 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait