Serum untuk kulit berminyak dapat atasi masalah minyak di wajah
Wajah berminyak dapat diatasi dengan serum untuk kulit berminyak

Mengetahui cara memilih serum untuk kulit berminyak sangat penting bagi Anda. Bukan saja karena kulit berminyak amat rentan berjerawat, namun di sisi lain harga serum wajah itu sendiri tidak murah, apalagi dibanding produk perawatan kulit lainnya.

Kulit berminyak ditandai dengan kondisi wajah yang mengkilap dan memiliki pori-pori besar. Tidak jarang, muncul juga jerawat, komedo, atau noda lain di wajah.

Sementara serum pada dasarnya adalah gel atau cairan dengan molekul yang kecil sehingga mudah menyerap ke dalam kulit. Serum juga mudah diaplikasikan, dan dapat Anda usapkan di wajah atau leher untuk mengurangi berbagai masalah kulit, seperti keriput, jerawat, kulit meradang, hingga kulit kering.

Saat ini, sudah banyak serum untuk kulit berminyak yang dijual bebas dan dapat Anda beli, tanpa harus meminta rekomendasi dokter terlebih dahulu.

Tips memilih serum untuk kulit berminyak

Serum memang disebut-sebut sebagai produk kecantikan yang paling cocok digunakan oleh orang dengan kulit berminyak dibanding krim wajah atau losion.

Pasalnya, serum berbahan dasar air dan tidak mengandung bahan tambahan yang akan menambah minyak di wajah, seperti mineral oil, petrolatum, dan bahan pengental lainnya.

Ketika Anda mengaplikasikan serum pada wajah, Anda akan merasakan kulit yang lebih ringan karena nutrisi pada serum lebih mudah diserap oleh wajah. Untuk memaksimalkan hasil pemakaian serum ini, berikut tips memilih serum untuk kulit berminyak sesuai rekomendasi dari berbagai dermatologis:

  • Pastikan serum yang Anda pilih tidak menyumbat pori-pori atau mengakibatkan munculnya komedo, biasanya ditulis di kemasan dengan label ‘nonkomedo’ atau ‘noncomedogenic’.
  • Anda juga bisa memilih serum yang ditujukan untuk kulit berjerawat.
  • Pilih serum untuk kulit berminyak yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi.
  • Anda juga bisa memilih serum yang mengandung retinol untuk mengurangi peradangan akibat jerawat sekaligus mencegah pori-pori agar tidak tersumbat.

Pertimbangkan juga hal-hal yang sebaiknya Anda hindari saat memilih serum untuk kulit berminyak. Akademi Dermatologi Amerika (AAD) menyarankan Anda untuk melihat kandungan pada label serum dan menghindari beberapa bahan, seperti:

  • Pewangi dan pengawet

Kedua bahan ini perlu dihindari karena dapat mengiritasi kulit. Pengawet seperti paraben (methylparaben dan butylparaben) disebut-sebut memiliki efek negatif pada kesehatan reproduksi wanita, meski klaim ini perlu penelitian lebih lanjut.

  • Bahan antibakteri

Bahan-bahan antibakteri malah bisa memicu lahirnya reaksi alergi pada sebagian orang dengan kulit berminyak dan sensitif.

  • Pelarut (solvent)

Pelarut adalah bahan kimia yang dapat menembus lapisan kulit, seperti propylene glycol dan ethanol. Sebagai alternatif, Anda dapat memakai pelarut dari jenis polyethylene glycol yang tidak ikut masuk ke dalam lapisan kulit.

Pertimbangkan juga membeli serum untuk kulit berminyak dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk melihat reaksi dari kulit Anda. Tidak jarang, Anda harus mencoba beberapa serum terlebih dahulu sebelum menemukan merek yang cocok dengan kulit Anda.

Tidak ingin pakai serum? Bisa!

Bila kulit Anda berminyak, tapi tidak ingin menggunakan serum untuk kulit berminyak, jangan khawatir. Serum pun bukan produk utama yang direkomendasikan para dokter kulit untuk Anda jadikan solusi menghilangkan kadar minyak di wajah Anda.

Sebaliknya, para dermatologis hanya meminta Anda melakukan beberapa langkah sederhana, seperti:

  • Cuci wajah setiap pagi, sore, dan setelah beraktivitas.
  • Gunakan pembersih wajah yang lembut di kulit.
  • Pastikan kosmetik yang Anda gunakan tidak menutup pori-pori, tidak mengandung minyak serta alkohol.
  • Gunakan pelembap setiap hari, bila perlu pelembab yang juga mengandung tabir surya SPF30 atau lebih.
  • Pastikan Anda tidur dalam kondisi wajah yang bebas dari make-up.
  • Gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih di sela-sela kegiatan Anda.

Bila Anda memiliki masalah kulit yang mewajibkan pemakaian serum untuk kulit berminyak, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kulit Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/serums
Diakses pada 4 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type
Diakses pada 4 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13
Diakses pada 4 Desember 2019

Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/finding-the-right-serum-for-your-skin
Diakses pada 4 Desember 2019

AAD. https://www.aad.org/skin-care-basics/oily-skin
Diakses pada 4 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed