Bedak untuk kulit berminyak ada banyak macamnya
Bedak dapat diaplikasikan untuk menutupi minyak di wajah

Bagi pemilik kulit berminyak, bedak adalah alat makeup dasar untuk menghilangkan kesan mengkilap pada wajah. Di tengah gempuran berbagai merek bedak yang beredar di pasaran, bedak untuk kulit berminyak seperti apa yang seharusnya Anda pilih?

Kulit berminyak dapat terjadi karena faktor genetik. Namun, tidak jarang pula wajah memproduksi minyak berlebih saat Anda sedang stres, kegerahan, dan mengalami fluktuasi hormon.

Apa pun penyebab kulit berminyak Anda, para dokter kulit setuju bahwa pemilihan makeup untuk kulit berminyak, termasuk bedak, tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kulit berminyak rentan mengalami jerawat jika menggunakan bedak dengan sifat-sifat tertentu.

Tips memilih bedak untuk kulit berminyak

Musuh utama wanita dengan kulit wajah berminyak adalah produksi minyak berlebih sehingga membuat wajah mereka berkilau. Selain itu, wanita dengan kulit berminyak harus menghindari makeup yang sekiranya dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Oleh karena itu, terdapat tips dalam memilih bedak untuk kulit berminyak yang harus Anda perhatikan sebagai berikut:

  • Pilih bedak yang bebas minyak

Bedak yang bebas minyak biasanya bertuliskan ‘oil-free’ atau ‘non-comedogenic’ pada label kemasannya. Selain membuat wajah Anda tidak mengkilap, bedak seperti ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga tidak akan mengakibatkan munculnya jerawat.

  • Pilih bedak yang bersifat matte

Pulasan bedak matte pada wajah akan menampilkan kesan bersih dan bebas dari minyak. Bedak untuk kulit berminyak ini pun mampu mengontrol produksi minyak berlebih untuk sementara waktu.

Sebaliknya, jangan pilih bedak yang menjanjikan hasil akhir ‘berkilau’ atau ‘bercahaya’. Pasalnya, bedak dengan tulisan seperti itu pada labelnya bertujuan membuat kulit penggunanya menjadi terlihat lebih berminyak.

  • Bedak tabur atau padat sama saja

Anda mungkin beranggapan bahwa bedak padat dapat menyumbat pori-pori, padahal bedak tabur juga bisa menyebabkan hal yang sama. Bahkan pada dasarnya, bedak padat dan bedak tabur sama saja, kecuali bedak pada tersebut memiliki fungsi ganda sebagai bedak sekaligus foundation.

Meski demikian, bedak padat memang bisa menyebabkan hasil riasan yang terlalu tebal pada kulit berminyak. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memulas bedak padat denga menggunakan bulu halus, bukan spons.

Apa pun bedak untuk kulit berminyak yang Anda pilih, pastikan Anda tidak mengaplikasikannya secara berlebihan. Selain tidak indah secara estetika, memulas bedak tebak-tebal akan memaksa pori-pori untuk mengeluarkan lebih banyak minyak ke permukaan wajah yang justru akan membuat wajah Anda semakin berkilau.

Untuk menghasilkan efek makeup yang tahan lama, Anda dapat menggunakan primer sebelum menggunakan bedak atau foundation. Sekalipun bedak untuk kulit berminyak yang Anda pilih sangat bagus dan mahal, produksi minyak di wajah akan jalan terus dan menyebabkan kulit wajah berkilau.

Agar Anda tidak harus sering-sering memulaskan bedak ke wajah, gunakan kertas minyak pada siang hari atau ketika wajah berkilau. Yang tak kalah penting, bersihkan makeup sebelum tidur.

Hentikan penggunaan bedak bila menyebabkan jerawat

Memilih bedak untuk kulit berminyak tidak jarang butuh proses panjang karena bedak yang satu belum tentu cocok untuk semua wanita dengan masalah yang sama. Kadang kala, penggunaan bedak dapat menimbulkan jerawat pada kulit berminyak atau memperparah kondisi tersebut jika Anda telah berjerawat sebelumnya.

Jerawat ini dapat muncul langsung setelah pemakaian, tapi juga bisa baru terjadi 6 bulan setelahnya. Meski bedak belum tentu menjadi penyebab munculnya jerawat, apalagi jika Anda menggunakan produk kosmetik lain, hentikan penggunaan bedak tersebut.

Di saat yang sama, gunakan produk makeup yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi jerawat yang direkomendasikan oleh para dermatologi. Bahan tersebut adalah benzoil peroksida (melawan bakteri penyebab jerawat), asam salisilat dan adapalene (membuka sumbatan pada pori-pori).

Bila timbul jerawat membandel, konsultasikan dengan dokter kulit yang terpercaya.

AAD. https://www.aad.org/skin-care-basics/oily-skin
Diakses pada 18 Januari 2020

AAD. https://www.aad.org/makeup
Diakses pada 18 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/oily-skin-how-to-make-makeup-last
Diakses pada 18 Januari 2020

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/compact-which-one-to-use/#gref
Diakses pada 18 Januari 2020

Style Caster. https://stylecaster.com/beauty/loose-or-pressed-powder/
Diakses pada 18 Januari 2020

Artikel Terkait