9 Tips Hidup Sehat di Kantor supaya Tetap Bugar dan Bebas dari Stres


Beberapa tips hidup sehat di kantor di antaranya rutin minum air putih, hindari camilan tak sehat, lakukan peregangan tubuh, hingga jalan kaki.

0,0
29 Oct 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
tips hidup sehat di kantorAda banyak tips hidup sehat di kantor, salah satunya rutin minum air putih.
Sebagian besar pekerja kantor dituntut untuk duduk berjam-jam di depan layar komputer. Belum lagi kalau ada pekerjaan yang mengharuskan mereka lembur. Jika tidak diiringi dengan gaya hidup sehat, kebiasaan ini dapat membahayakan kesehatan.
Supaya tubuh tetap bugar dan tidak mudah terserang penyakit, simaklah berbagai tips hidup sehat di kantor berikut ini.

9 tips hidup sehat di kantor yang penting untuk pekerja kantoran

Mulai dari rutin minum air putih hingga membiasakan diri jalan kaki, berikut adalah pola hidup sehat untuk karyawan yang dapat Anda ikuti.

1. Menghindari camilan tak sehat

Berbagai camilan yang ditaruh di pantry atau jajanan kaki lima yang gurih memang menggiurkan. Tak jarang kita mengonsumsinya sambil bekerja untuk menghilangkan rasa lapar.Namun, Anda perlu hati-hati karena jika camilan tersebut tidak sehat, jumlah kalori di dalam tubuh dapat meningkat sehingga menyebabkan kenaikan berat badan yang tak diinginkan. Lebih baik, bawalah camilan sehat dari rumah seperti buah atau sayur.

2. Rutin minum air

Dikutip dari Web MD, tips sehat di kantor yang penting untuk dipraktikkan adalah rutin minum air putih. Minumlah setidaknya 10 gelas per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat yang mengandung air, seperti jeruk, semangka, anggur, hingga apel. Selain menghidrasi tubuh, berbagai buah tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penting lainnya.

3. Membiasakan diri jalan kaki

Tips hidup sehat di kantor selanjutnya adalah membiasakan diri jalan kaki, entah itu saat membeli makan siang, naik tangga, atau memarkirkan kendaraan agak jauh dari kantor.Selain membakar kalori, kebiasaan jalan kaki ini dapat membuat pikiran menjadi segar dan mengatasi perasaan stres yang mungkin muncul akibat pekerjaan.

4. Kurangi kafein

Saat lembur di kantor, banyak orang biasanya membutuhkan minuman berkafein agar tidak lelah dan mengantuk. Akan tetapi, perhatikan jumlah kafein yang Anda konsumsi.Sebab, mengonsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan pusing, insomnia (susah tidur), hingga kelelahan. Tentu Anda tidak mau berbagai hal ini terjadi saat bekerja, bukan?Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 400 miligram (mg) kafein atau setara dengan 4 cangkir kopi setiap harinya supaya berbagai efek samping di atas tidak terjadi.

5. Meregangkan tubuh

Terlalu lama duduk dapat membuat badan terasa pegal. Maka dari itu, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk meregangkan tubuh di sela-sela kesibukkan Anda di depan komputer.Salah satu peregangan tubuh yang bisa dilakukan dengan mudah dari kursi Anda adalah hip opener. Gerakan ini mampu mengatasi rasa pegal akibat terlalu lama duduk.Berikut cara melakukan hip opener dengan mudah:
  • Duduk di ujung kursi, lalu tekukkan kedua kaki ke arah depan
  • Kemudian, angkat satu kaki ke atas paha
  • Terakhir, condongkan tubuh ke depan.

6. Jauhkan mata dari layar komputer

Kebiasaan sehat yang perlu diterapkan di tempat kerja adalah memberikan jarak antara mata dengan layar komputer.Sebab, menatap layar komputer terlalu dekat dapat menyebabkan sakit kepala hingga ketegangan mata. Jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa membuat Anda cepat lelah.

7. Membersihkan perlengkapan kerja

Berbagai perlengkapan kerja, seperti keyboard, mouse, hingga handphone, dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman yang bisa mengundang penyakit.Terlebih lagi, berbagai macam virus dapat menempel pada perlengkapan kerja selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari lamanya.Gunakanlah disinfektan untuk membersihkan berbagai gawai tersebut sehingga bakteri dan virus dapat dibersihkan.

8. Hindari bekerja terlalu lama

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang membuat Anda tidak mengenal waktu dalam bekerja. Padahal, tubuh perlu istirahat agar tetap bugar dan terhindar dari penyakit.Maka dari itu, cobalah atur waktu Anda sebaik mungkin agar semua pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Jika memang pekerjaan Anda terlalu banyak, usahakan untuk tidak mengerjakannya sekaligus dalam satu waktu.Selain bisa membuat hasil pekerjaan tidak maksimal, hal ini berpotensi membuat Anda merasa kelelahan.

9. Belajar untuk meredakan stres

Perasaan stres dapat muncul akibat pekerjaan di kantor. Kalau tidak diatasi, gangguan kesehatan mental ini berpotensi membahayakan kesehatan Anda.Maka dari itu, cobalah untuk belajar meredakan stres. Salah satu cara yang paling mudah untuk dicoba adalah melakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti bermain bersama keluarga, menonton film, membaca buku, atau berolahraga.Berbagai aktivitas tersebut dapat membuat pikiran menjadi rileks sehingga work life balance atau keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan dapat diraih.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
hidup sehatpola hidup sehat
Web MD. https://www.webmd.com/women/features/10-tips-to-improve-your-health-at-work
Diakses pada 14 Oktober 2021
BBC Good Food. https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/10-tips-stay-healthy-workplace
Diakses pada 14 Oktober 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/caffeine/art-20045678#:~:text=Up%20to%20400%20milligrams%20(mg,widely%2C%20especially%20among%20energy%20drinks.
Diakses pada 14 Oktober 2021
Therapy Works Kansas. https://therapyworkskansas.com/10-tips-for-staying-healthy-at-work/
Diakses pada 14 Oktober 2021
Enterpreneur. https://www.entrepreneur.com/article/282351
Diakses pada 14 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait