Tak harus pergi ke gym, Anda juga bisa melakukan olahraga di rumah.
Tak harus pergi ke gym, Anda juga bisa melakukan olahraga di rumah.

Tidak semua orang dapat mendaftar menjadi anggota di pusat kebugaran. Mulai dari biaya yang cukup mahal hingga tidak ada waktu untuk pergi ke gym menjadi alasan yang banyak dikemukakan orang-orang.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda boleh melewatkan kebutuhan tubuh untuk aktif bergerak. Pasalnya, Anda dapat mencoba latihan dengan nyaman di rumah tanpa harus membeli sepeda statis atau treadmill yang mahal.

Nah, simak tips berikut ini untuk dapat olahraga di rumah dengan efektif dan nyaman.

1. Pilih Lokasi Yang Tepat

Lokasi berolahraga tidak harus selalu di ruang terbuka yang luas. Anda dapat mencari spot olahraga yang paling tepat sesuai dengan kondisi dan situasi rumah Anda. Garasi, balkon, atau teras rumah juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk melakukan latihan-latihan ringan yang efektif.

Akan tetapi, jika Anda mencari spot yang lebih tenang, Anda dapat memilih ruang tengah dengan menggeser kursi dan meja jika memang diperlukan.

2. Lengkapi Kebutuhan Olahraga di Rumah

Untuk dapat melakukan olahraga di rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli perlengkapan olahraga yang canggih. Cukup dengan beberapa ratus ribu saja, Anda dapat membeli matras untuk senam, bola gym, dan beberapa dumbel.

Anda juga dapat mencari referensi mengenai perlengkapan olahraga yang sesuai dengan minat olahraga yang Anda ingin tekuni.

3. Bangun Suasana Nyaman

Upayakan untuk mengoptimalkan kondisi lingkungan rumah dengan menciptakan ruang yang nyaman untuk berolahraga. Misalnya, pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik sehingga pernafasan selama latihan tidak akan terganggu.

Anda juga dapat membuat suasana olahraga lebih bersemangat dengan menyiapkan daftar lagu yang akan diputar selama latihan. Dengan begitu, suasana olahraga di rumah akan menyenangkan sama seperti di pusat kebugaran.

4. Ikuti Video Tutorial di Internet

Jika Anda merasa membutuhkan sosok intruktur yang memberikan arahan dalam olahraga, cobalah untuk mencari referensi di internet untuk mencari kelas kebugaran online. Anda akan menemukan beragam fasilitas pemandu online untuk latihan yoga, dance, strength training, dan beragam latihan lain.

5. Main Game yang Melibatkan Gerakan Aktif

Sebagai variasi, Anda bisa membeli game masa kini yang melibatkan gerakan dalam memainkannya, seperti Microsoft Xbox One, the Nintendo Wii U, dan Sony PlayStation 4. Dengan begitu, olahraga akan terasa lebih menyenangkan dengan bermain game yang menggunakan sensor gerak dalam memainkannya.

Pastikan Anda mencari beberapa referensi game yang memang cocok untuk digunakan dalam berolahraga di rumah.

6. Konsisten dan Disiplin

Selanjutnya, pastikan untuk melakukan setiap latihan dengan konsisten dan disiplin. Ini merupakan kunci untuk dapat berhasil melakukan olahraga di rumah sehingga Anda dapat merasakan hasilnya dalam waktu yang cepat.

Pastikan untuk menjadwalkan waktu untuk berolahraga di rumah untuk menciptakan komitmen pada diri sendiri. Anda juga dapat mulai dengan melakukan olahraga yang ringan seperti 7 minute workout setiap bangun tidur untuk membangun komitmen berolahraga pada diri sendiri.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat olahraga di rumah menjadi lebih efektif dan efisien. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/no-gym-required-how-to-get-fit-at-home#3
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed