Tips Cantik Saat Lebaran agar Wajah Lebih Sehat dan Cerah


Tips cantik saat lebaran sebenarnya tidak bisa didapat secara instan. Anda perlu melakukan perawatan kulit sebelum lebaran sejak jauh-jauh hari, seperti rutin cuci muka, pakai pelembap dan tabir surya, serta melakukan pola hidup sehat yang tepat.

0,0
04 May 2021|Azelia Trifiana
Tampil cantik saat lebaran bisa diwujudkan dengan mudahGunakan masker wajah beberapa hari sebelum lebaran agar wajah jadi cerah
Lebaran menjadi momen spesial berkumpul dengan anggota keluarga dan sanak saudara untuk saling bermaafan. Tentu semua perempuan ingin tampil segar dan cantik di hari raya. Namun, sudahkah Anda membekali diri dengan tips cantik saat lebaran?Pada dasarnya, tampil cantik saat lebaran tidak bisa didapat secara instan. Anda perlu melakukan perawatan kulit sebelum lebaran sejak jauh-jauh hari untuk memperoleh tampilan kulit yang sehat.Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara merawat kulit sehari-hari dengan benar. Bahkan, sebagian orang bisa dengan sengaja mengabaikannya.Lantas, bagaimana cara tampil cantik saat lebaran? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Tips cantik saat lebaran yang mudah dilakukan

Paparan polusi dan sinar matahari, kebiasaan cuci muka terlalu sering, kondisi kulit kering dan kusam saat puasa, hingga pola hidup yang kurang tepat berisiko merusak kesehatan kulit.Jika kondisi tersebut dibiarkan terus-menerus, tidak hanya dapat mengganggu penampilan, melainkan juga timbul masalah kulit lain.Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara tampil cantik saat lebaran dengan melakukan perawatan dan kebiasaan di bawah ini.

1. Rutin mencuci muka

Tips cantik saat lebaran dengan rutin mencuci muka
Cuci muka secara rutin tiap dua kali sehari
Salah satu cara tampil cantik saat lebaran adalah dengan membiasakan mencuci muka secara rutin.Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah.Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, bersihkan make up dengan sabun pembersih make up terlebih dahulu. Sebab, make up tidak dapat diangkat sepenuhnya hanya dengan mencuci muka.Lalu, mulailah cuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku).Kemudian, tuang sabun pembersih wajah dengan kandungan ringan secukupnya ke telapak tangan.Usapkan sabun cuci muka ke permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna.Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut.Pastikan Anda membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari, serta setelah berkeringat.

2. Oleskan pelembap

Setelah cuci muka, selalu oleskan pelembap pada kulit. Pilihlah jenis pelembap sesuai dengan jenis kulit Anda.Jika Anda punya kulit kering, hindari pelembap berbahan dasar alkohol. Sedangkan, bagi pemilik kulit berminyak, pilihlah pelembap yang tidak rentan menyumbat pori-pori (noncomedogenic) dan berbahan dasar air.Tak ada salahnya untuk menggunakan pelembap yang mengandung SPF untuk sekaligus memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.Pada pagi hari, sebaiknya gunakan pelembap yang teksturnya lebih ringan. Oleskan pelembap yang mengandung antioksidan, seperti teh hijau, kedelai, koenzim Q10, atau kandungan vitamin A, C, dan E yang mampu menangkal bahaya radikal bebas, penyebab penuaan kulit serta potensi kanker kulit.

3. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Pakai pelembap sebagai tips cantik saat lebaran
Oleskan SPF minimal 30 setiap pagi hari
Cara tampil cantik saat lebaran juga perlu didukung dengan penggunaan sunscreen atau tabir surya. Pastikan Anda menggunakan tabir surya mengandung SPF minimal 30.Pilihlah sunscreen yang mengandung titanium dioksida atau zinc oxide karena kandungan tersebut kemungkinan tidak menyebabkan iritasi pada kulit Anda.Oleskan tabir surya ke permukaan kulit tiap pagi dan siang hari, serta ulangi setiap 2 jam atau lebih sering, jika Anda berkeringat atau berenang.Selain itu, Anda bisa mengenakan pakaian berlengan panjang, topi, atau payung, sebagai pelindung tambahan saat beraktivitas di luar ruangan.Tak hanya tubuh dan wajah, berikan juga pelindungan pada bibir Anda. Pastikan lip balm yang Anda gunakan memiliki kandungan SPF 30.

4. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit juga menjadi tips cantik saat lebaran. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering.Anda dapat melakukannya dengan produk yang mengandung bahan-bahan kimia maupun memakai alat-alat khusus.Contoh eksfoliasi dengan alat, meliputi cleansing brush, washcloth, dan facial scrub.Sementara, produk eksfoliasi kimia biasanya mengandung senyawa alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA).Eksfoliasi di pagi hari bisa mempercepat pergantian sel kulit baru. Namun, seberapa sering eksfoliasi harus dilakukan dan seberapa keras Anda bisa mengeksfoliasi kulit, tergantung pada jenis kulit Anda.Jika kulit Anda tergolong kulit sangat kering, lakukan eksfoliasi secara ringan tiap sebulan sekali agar kulit tidak menjadi semakin kering. 

5. Pakai masker wajah

Gunakan masker wajah sebagai tips cantik saat lebaran
Gunakan masker wajah beberapa hari sebelum lebaran
Penggunaan masker wajah bisa jadi tips cantik saat lebaran lainnya. Anda bisa menggunakan masker wajah 2-3 hari sebelum hari raya, tepatnya pada malam hari.Penggunaan masker wajah sesuai jenis kulit bisa membuat masalah kulit Anda sirna sehingga wajah tampak lembut dan bersih. Anda pun semakin siap merayakan lebaran dengan wajah bersinar!

6. Tidur yang cukup

Tips cantik saat lebaran juga menyentuh pola hidup sehari-hari. Salah satunya dengan tidur yang cukup.Tidur yang cukup dapat mengatasi lingkaran hitam di area mata, serta meningkatkan warna kulit agar tampak lebih cerah.Penelitian menyebutkan bila kurang tidur akan berdampak secara signifikan pada fungsi kulit sehingga muncul tanda penuaan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya.Selama tidur nyenyak, tubuh akan meregenerasi kulit, otot, dan sel darah. Selain itu, tubuh juga akan memproduksi kolagen baru yang dapat mencegah pengenduran kulit.

7. Makan makanan yang sehat

Konsumsi makanan yang sehat untuk kulit, termasuk saat puasa Ramadan, seperti buah-buahan-sayur-sayuran, biji-bijian, protein, dan lemak sehat, baik untuk kesehatan kulit.Sejumlah penelitian juga membuktikan kalau diet yang kaya akan minyak ikan, rendah lemak tak sehat, dan karbohidrat olahan bisa meningkatkan kesehatan kulit agar tampak awet muda.

8. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tips cantik saat lebaran dengan minum air putih
Minum air putih agar kulit tidak dehidrasi
Kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan kondisi dehidrasi.Jika mengalami dehidrasi, kulit Anda akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik saat digaruk.Mengonsumsi air putih dengan cukup bisa menjadi langkah yang tepat sebagai cara tampil cantik saat lebaran nanti.Sebab, asupan cairan tubuh yang tercukupi bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik.Umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.Saat bulan Ramadan, Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari.

9. Kendalikan stres

Stres yang tidak terkendali bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif, memicu timbulnya jerawat, maupun masalah kulit lainnya.Maka, tips menjaga kesehatan kulit jelang lebaran adalah coba untuk mengendalikan stres yang Anda alami dengan pikiran yang tenang.Anda bisa menonton film komedi, meluangkan waktu untuk bersenang-senang, melakukan apa yang Anda sukai, atau bercerita pada orang terdekat sebagai cara mengurangi stres.

10. Lakukan perawatan kulit di klinik kecantikan

Cara tampil cantik saat lebaran dengan maksimal bisa dengan melakukan beberapa prosedur tambahan di klinik kecantikan.Adapun beberapa perawatan kulit sebelum lebaran yang bisa dilakukan adalah mikrodermabrasi, chemical peeling, terapi laser, dan lainnya.Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan perawatan kulit sebelum lebaran.

Catatan dari SehatQ

Berbagai tips cantik saat lebaran di atas bisa Anda terapkan jauh-jauh hari sebelum hari raya tiba.Jika dilakukan secara konsisten wajah Anda akan tampak sehat dan cantik di hari lebaran.Selain melakukan berbagai tips cantik saat lebaran di atas, pastikan Anda juga rutin berolahraga saat puasa. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kulit Anda.Ketika olahraga, hormon stres yang ada dalam tubuh berkurang sehingga mengurangi kerusakan yang mungkin timbul di bagian kulit Anda. Anda bisa berenang, berlari, berjalan, atau bersepeda selama 30-45 menit setiap harinya.Jika Anda masih punya pertanyaan seputar perawatan kulit sebelum lebaran yang harus dilakukan agar cantik di hari lebaran, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulittips puasadehidrasikekurangan cairanramadan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care#treatment
Diakses pada 5 Mei 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320071#5.-Get-your-beauty-sleep
Diakses pada 5 Mei 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Diakses pada 5 Mei 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/164494#Tip-#4-for-healthy-skin:-Get-enough-quality-sleep
Diakses pada 5 Mei 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101#
Diakses pada 5 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait