Membatasi paparan sinar matahari merupakan salah satu cara merawat kulit di usia senja
Saat memasuki usia senja, Anda pun harus menyesuaikan perawatan untuk kulit agar tetap cantik.

Merawat kulit yang menua memang susah-susah gampang. Pastikan Anda menjalani kebiasaan baik yang mendukung kesehatan kulit. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang memberi pengaruh pada keadaan kulit Anda, di antaranya adalah gen, kebiasaan sehari-hari, serta lingkungan. Namun memang, sebaik-baiknya perawatan, lebih baik lagi adalah mencegah berbagai permasalahan kulit. Bagaimana cara cantik di usia senja? Simak tips untuk merawat kulit berikut ini.

Cara Cantik untuk Kulit di Usia Senja

Menjaga kulit agar tetap sehat itu sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Jika harus melakukan aktivitas di luar ruangan, ikuti anjuran-anjuran berikut ini.

Batasi Paparan Sinar Matahari:

Jangan berjemur terlalu lama. Selain itu, sebisa mungkin kurangi paparan sinar matahari pada jam-jam yang kurang baik, terutama antara jam 10.00-14.00.

Pilih Pakaian yang Sesuai:

Kenakan pakaian yang dapat melindungi tubuh, misalnya topi yang lebar, kaos lengan panjang, celana panjang serta kacamata hitam dengan lensa UV 400 atau blocker.

Gunakan Tabir Surya:

Selalu pakai tabir surya sebelum pergi ke luar ruangan agar kulit tetap terlindungi dari bahaya sinar UV. Jangan lupa juga untuk kembali mengaplikasikannya setiap 80 menit hingga 2 jam, dan pakai lebih banyak ketika berkeringat atau saat berenang. Selalu gunakan produk yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi. Penting juga bagi Anda untuk memilih produk dengan spektrum luas yang memberikan perlindungan UVB dan UVA.

Periksakan Kulit ke Dokter:

Periksa kulit Anda secara rutin untuk mengetahui tanda-tanda kanker kulit. Jika ada perubahan yang mengkhawatirkan, segera hubungi dokter.

Pasang Humidifier:

Jika kulit terasa kering, pasanglah humidifier di rumah. Selain itu, gunakanlah pelembap agar kulit terjaga kelembapannya. Saat kulit terasa sangat kering dan mengkhawatirkan, segera temui dokter untuk mengetahui tindakan selanjutnya.

Beragam Perawatan untuk Penuaan Kulit

Jika mulai melihat adanya tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda, gunakanlah produk perawatan dengan kandungan  retinoid, vitamin C, dan asam alfa hidroksi. Namun, apabila kulit sudah mengalami kerusakan yang cukup berat akibat sinar matahari, beberapa pilihan perawatan untuk merawat kulit yang menua di antaranya adalah pengelupasan secara kimiawi, dermabrasi, alat pencitraan ultrasound, atau pelapisan ulang dengan menggunakan laser.

Untuk mengatasi garis-garis wajah yang lebih dalam, ada beberapa opsi, yaitu botulinum toxin (botox) atau suntikan lain, termasuk suntikan asam hialuronat, lemak dari tubuh Anda sendiri, dan juga implan Gore-tex.

Beberapa orang juga mungkin memilih untuk menjalani operasi, seperti bedah kecantikan, pengencangan alis, atau operasi kosmetik pada kelopak mata. Semuanya merupakan pilihan pribadi. Namun, jika Anda mempertimbangkannya sebagai salah satu cara merawat kulit di usia senja, sebaiknya konsultasikan dengan dokter bedah terpercaya untuk mengetahui pilihan, biaya, risiko, serta manfaat yang bisa dari operasi tersebut.

Anda bahkan bisa menggunakan jeruk nipis sebagai bagian dari perawatan alami untuk kulit wajah. Jeruk nipis mengandung senyawa alami alpha hydroxy acids (AHA) yang membantu mengangkat sel kulit mati. Dengan demikian, sel kulit baru akan menggantikan sel kulit mati, dan wajah terlibat lebih segar. Anda bisa menggunakan perasan air jeruk nipis dan mengoleskannya ke wajah dengan memakai kapas.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-treating-aging-skin
Diakses pada 29 Januari 2019

Kementerian Kesehatan RI. http://www.depkes.go.id/development/site/depkes/index.php?cid=1-15112600003&id=manfaat-buah-jeruk-nipis-bagi-kesehatan
Diakses pada 18 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed