Tips Berhenti Merokok untuk Kehamilan yang Sehat

Pengaruh rokok terhadap kehamilan sangat signifikan karena menyangkut pertumbuhan janin, jadi berhenti merokok untuk hamil adalah sebuah keharusan.
Berhenti merokok selama kehamilan adalah sebuah keharusan.

Semua orang tahu nikotin pada rokok adalah salah satu kecanduan yang paling sulit untuk dihentikan. Namun jika Anda dihadapkan pada pilihan hamil atau rokok, apakah Anda tetap memilih rokok? Kehamilan dan merokok adalah dua sisi yang berbeda.

Anda tentu saja tahu bahwa merokok dapat memengaruhi seseorang untuk mencoba hamil atau memengaruhi kesehatan janin bagi mereka yang tengah hamil. Oleh karena itu, berhenti merokok adalah keputusan terbaik bagi Anda yang ingin mencoba hamil.

[[artikel-terkait]]

Meski demikian, tidak mudah bagi mereka untuk melakukan perubahan tersebut ketika sudah kecanduan rokok. Bagaimana langkah yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok demi keinginan Anda untuk hamil?

1. Kenapa Berhenti Merokok Itu Penting?

Dalam rokok terkandung zat nikotin, tar, dan karbon monoksida yang terbukti hanya bisa merugikan manusia. Selain menjadi makanan sel kanker, nikotin juga bisa menyebabkan kondisi kerusakan parah pada saluran pernapasan hingga mengganggu kesuburan.

Selain merusak sistem reproduksi wanita, nikotin juga berbahaya karena menyebabkan turunnya kualitas sperma seorang pria. Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan berhenti merokok karena hamil, sebaiknya hal ini dilakukan secara konsisten dengan pasangan.

2. Jangan Menyerah Sebelum Mencoba

Sulit untuk berhenti merokok? Hal ini tentu dialami siapa saja yang memang sudah menjadikan rokok sebagai kebutuhan sehari-hari. Adanya dukungan dari keluarga dan pasangan untuk meninggalkan kebiasaan merokok akan sangat membantu Anda. Oleh karena itu, apabila Anda ingin menghentikan kecanduan rokok sebaiknya lebih intens untuk berada dekat dengan keluarga Anda.

Mendekatkan diri dengan keluarga dan sahabat juga dinilai penting untuk membantu Anda tetap konsisten. Jangan mudah menyerah bila langkah yang dilakukan baru terhitung mingguan. Tetap fokus demi memberikan yang terbaik bagi pasangan serta buah hati tercinta.

3. Pikirkan Keinginan untuk Hamil dan Sehat

Sebaiknya alasan Anda untuk berhenti merokok tidak hanya untuk mencoba hamil saja. Menjadi sehat setelah hamil, bersalin, dan seterusnya harus menjadi alasan lain bagi Anda. Dengan berhenti merokok, Anda bisa menjadi lebih sehat secara jangka panjang, sekaligus menghindarkan keluarga Anda dari bahaya paparan rokok itu sendiri.

4. Tetap Konsisten setelah Berhasil Hamil

Sudah berhasil hamil? Itu artinya perjuangan Anda untuk memutuskan berhenti merokok tidak sia-sia. Tetap konsisten untuk tidak menyentuh rokok adalah cara terbaik menjaga kehamilan.

Kandungan berbahaya dalam rokok berisiko buruk bagi perkembangan saraf motorik, sistem imunitas, hingga pertumbuhan dan kesehatan saluran pernapasan bayi. Itulah sebabnya, bila tujuan hamil telah tercapai sebaiknya jaga kandungan dengan senantiasa menjauhi asap rokok.

Itulah beberapa langkah penting yang bisa dilakukan jika Anda memutuskan berhenti merokok untuk hamil. Perubahan ini sangat penting tidak hanya saat masa kehamilan saja, tetapi untuk kesehatan jangka panjang Anda. Pastikan tetap konsisten dalam menjaga kesehatan dengan tidak lagi menyentuh rokok dan menerapkan pola hidup sehat demi kesehatan Anda dan buah hati tercinta.

Mother and Baby. https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy-and-birth/pregnancy/pregnancy-health-conditions-explained/how-to-quit-smoking-now-you-re-trying-to-conceive-or-pregnant
Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed