Tips Belanja Mingguan yang Super Praktis dan Sehat


Punya daftar belanja mingguan ibu rumah tangga akan Anda membuat lebih fokus. Baik ketika berbelanja, membayar, hingga mengeksekusinya menjadi beragam sajian sehat di rumah.

(0)
16 Jul 2021|Azelia Trifiana
Bagi beberapa orang merencanakan belanja mingguan adalah hal yang sulitBagi beberapa orang merencanakan belanja mingguan adalah hal yang sulit
Siap memulai hari Senin? Nanti dulu. Ada satu tugas domestik lagi yang tak kalah penting yaitu belanja mingguan. Ini penting sebab dengan merancangnya dengan rapi, urusan seminggu ke depan akan jauh lebih mudah. Jika tidak, hati-hati terjebak membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.Selain lebih hemat dan terukur, punya daftar belanja mingguan ibu rumah tangga juga membuat lebih fokus. Baik ketika berbelanja, membayar, hingga mengeksekusinya menjadi beragam sajian lezat di rumah.

Cara efektif belanja mingguan

Ada orang yang pergi berbelanja mingguan atau memesan online dengan terencana. Di sisi lain, ada pula yang mencari inspirasi dari rangkaian produk yang ada di supermarket atau pasar. Tipe yang manakah Anda?Apapun itu, tak ada salahnya mencoba cara efektif belanja mingguan berikut ini demi efisiensi waktu, tenaga, dan juga uang. Apa saja?

1. Buat daftar belanja

Jika belum terbiasa menyusun daftar belanja mingguan ibu rumah tangga, sebaiknya lakukan dari sekarang. Ini adalah senjata utama sebelum terjun ke medan perang sesungguhnya. Dengan adanya daftar belanja, barang yang dibeli adalah yang benar-benar esensial.Bahkan ketika memiliki daftar belanja yang detail, Anda bisa memilih produk yang sehat. Jadi, tidak akan mudah terpukau pada sekadar kemasan menarik ribuan produk yang ada di etalase.

2. Tentukan kategori

Masih berkaitan dengan membuat daftar belanja mingguan ibu rumah tangga, tentukan kategorinya. Idealnya, bahan-bahan yang sehat mengandung nutrisi utuh. Mulai dari sayuran, buah, dan sumber protein. Jadikan ini prioritas dalam daftar belanja Anda.Dari situ, buat lagi kategori kecilnya. Mulai dari mana yang frozen food, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, produk olahan susu atau bukan, minuman, dan lainnya.

3. Membuat meal plan

Memiliki rancangan masakan selama sepekan ke depan juga akan jauh lebih memudahkan saat berbelanja. Jadi, bahan-bahan yang dibeli pun bisa jauh lebih spesifik. Bukan hanya jenisnya, namun juga takarannya.Namun, sesuaikan juga dengan ritme sehari-hari. Apabila pekerjaan atau kesibukan tak memungkinkan untuk memasak setiap harinya, tak perlu memaksakan hal ini.Begitu pula halnya ketika makan di rumah dan memasak hanya memungkinkan saat akhir pekan saja atau ketika makan malam saja, artinya meal plan hanya tujuh menu. Tak perlu langsung menuliskan meal plan sebanyak tiga kali sehari selama seminggu penuh.

4. Periksa barang di rumah

Jangan lupa periksa apa saja bahan-bahan dan barang yang ada di rumah. Buang yang sudah kedaluwarsa dan tidak layak. Kemudian, ganti dengan produk yang tahan lama atau frozen food sehat. Ini adalah trik bagi yang tidak bisa belanja rutin setiap minggunya.Selain membantu menjaga agar tidak ada tumpukan barang tak berguna di kulkas dan dapur, cara ini juga memudahkan saat berbelanja. Fokusnya bisa pada barang yang cepat habis seperti sayuran, buah, dan produk olahan susu.

5. Sempatkan baca label kemasan

Jangan lupa ketika belanja mingguan, alokasikan waktu untuk melihat label di kemasan. Terlebih, jika Anda baru akan mencoba atau sedang bingung memilih di antara beberapa opsi. Tetap fokus pada label nutrisi, jangan pada tampilan luarnya saja.Menarik, belum tentu sehat. Jadi, jangan mudah terdistraksi dengan rangkaian produk menarik dengan klaim sehat. Tetap fokus pada apa yang akan dibeli dan bandingkan nutrisi yang terpampang di kemasannya.

6. Jangan belanja saat lapar

Jika ada anggapan bahwa orang yang lapar berbelanja lebih impulsif, itu benar adanya. Ketika perut sedang kosong, seseorang cenderung berbelanja lebih dari yang diperlukannya. Pikiran lebih mudah terdistraksi ketika melihat kemasan produk sehingga belanja jadi jauh lebih banyak.Tidak mengada-ada, terbukti sebuah studi tahun 2014 menemukan korelasinya. Rasa lapar adalah insting manusia untuk menemukan dan mengonsumsi makanan sehingga kebutuhan kalorinya terpenuhi.Dalam eksperimen terhadap 379 orang, partisipan di cafe ditanya seberapa lapar mereka. Kemudian, peneliti meminta komentar dan rating pada beberapa makanan seperti sandwich dan cookies. Tak mengherankan, orang yang lapar memberi rating tinggi pada produk yang ditanyakan. Ketika ditanyakan keinginannya pun, mereka yang lapar ingin kuantitas lebih banyak. Ini juga berlaku terhadap barang non-makanan, seperti iPad dan voucher spa yang dilibatkan dalam eksperimen.

7. Lakukan perimeter shopping

Sudah pernah dengar atau mencoba perimeter shopping? Ini adalah belanja mingguan yang fokus pada bagian pinggir supermarket. Di sinilah tempat makanan sehat seperti buah, sayur, dan protein berada. Sementara di tengah, ada produk yang lebih tahan lama seperti kacang-kacangan dan makanan beku.Jadi, mulailah mengisi troli dengan produk dari perimeter terluar sesuai dengan yang ada di daftar belanja. Baru, masuk ke bagian dalam untuk menambah stok kacang-kacangan atau produk sehat lainnya.

Catatan dari SehatQ

Ketika mencoba menulis daftar belanja mingguan ibu rumah tangga yang sehat, masih adakah ruang untuk membeli snack favorit namun kurang sehat? Jangan khawatir, Anda tetap boleh-boleh saja membelinya. Namun, tentu jangan sampai lebih banyak ketimbang makanan dan bahan bernutrisi.Untuk memudahkan belanja mingguan, coba mulai dengan memilih dua makanan yang akan dimasak pekan depan. Bawa resepnya sehingga memudahkan memilih apa saja yang perlu masuk troli dan tidak.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar bahan masakan bernutrisi untuk seluruh keluarga, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmenjaga kesehatanpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-grocery-shopping-guide
Diakses pada 2 Juli 2021
Delish. https://www.delish.com/kitchen-tools/kitchen-secrets/a34841254/how-to-maximize-your-weekly-grocery-haul/
Diakses pada 2 Juli 2021
Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America. https://www.pnas.org/content/early/2015/02/11/1417712112
Diakses pada 2 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait