Tips Mudik Sehat Untuk Anda yang Sering Mabuk di Perjalanan

Anda disarankan tidak mengonsumsi minuman beralkohol sebelum memulai perjalanan, untuk mencegah mual dan mabuk.
Untuk menghindari mual dan mabuk, konsumsilah makanan ringan sebelum memulai perjalanan.

Perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan kerap menimbulkan gangguan kesehatan, termasuk pusing dan mabuk. Untuk mencegah serta mengatasinya, ada beberapa tips mudik yang dapat Anda coba.

Namun sebelumnya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab mual hingga muntah, saat berada di dalam kendaraan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati perjalanan mudik mendatang.

Penyebab Mual dan Mabuk di Perjalanan

Otak dapat merasakan suatu gerakan, melalui berbagai jalur yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah telinga bagian dalam, mata, dan jaringan yang terdapat di permukaan tubuh. Saat tubuh bergerak secara sadar, setiap rangsangan yang ada di jalan masuk tersebut, dapat dikoordinasi dengan baik oleh otak.

Gejala dari rasa mabuk saat perjalanan, mulai muncul saat sistem saraf pusat merasakan adanya perbedaan pesan yang disampaikan oleh sistem sensor pada tubuh, yaitu di:

  • Telinga bagian dalam
  • Mata
  • Reseptor tekan pada kulit
  • Reseptor sensori otot dan sendi

Sebagai contoh, saat Anda berada di dalam mobil tanpa melihat keluar jendela, bagian dalam telinga merasakan pergerakan naik dan turun, kiri dan kanan. Namun, mata hanya melihat pemandangan yang statis, seolah tidak bergerak sama sekali. Perbedaan tersebut dipercaya merupakan penyebab terjadinya mual saat di perjalanan.

Tips Mudik Sehat untuk Redakan Mabuk Di Perjalanan

Merasa mual bahkan hingga muntah saat mudik, tentu dapat mengganggu perjalanan. Namun, Anda tidak perlu bingung karena tips mudik berikut ini bisa membantu Anda meredakan rasa mabuk di perjalanan:

  • Coba untuk rileks

    Cari sesuatu yang bisa menjadi fokus pikiran Anda. Anda dapat menghirup napas dalam-dalam, menghitung mundur dari 100, atau mencoba untuk menutup mata.
  • Fokuskan pandangan pada benda yang diam

    Jika Anda sedang berada di dalam mobil yang bergerak, coba untuk fokuskan pandangan pada kaca depan.

  • Hindari konsumsi alkohol

    Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan sebelum menempuh perjalanan jauh, dan jangan mengonsumsi minuman beralkohol.

  • Hirup udara segar

    Untuk mendapatkan udara segar, Anda disarankan untuk tidak merokok.
  • Hindari membaca saat di mobil

    Membaca di mobil bisa membuat Anda pusing, dan akhirnya mual.

Langkah-langkah di atas dapat Anda lakukan sembari menjalani beberapa cara menghilangkan mabuk saat di perjalanan, dengan mengonsumsi permen mint maupun obat tertentu.

  • Mengonsumsi Permen Mint

    Peppermint, tumbuhan yang menjadi bahan baku pembuatan permen mint dipercaya memiliki efek menenangkan untuk tubuh. Aroma yang dikeluarkan juga dapat membantu memberikan rasa nyaman.
  • Mengonsumsi Obat

    Anda bisa mengonsumsi obat seperti dimenhidranit, yang merupakan jenis obat antihistamin. Obat jenis ini umumnya digunakan untuk mengobati alergi. Namun, obat ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan.

Anda dapat mengonsumsi obat ini satu jam sebelum mudik. Selanjutnya, Anda dapat mengonsumsi dimenhydrinate setiap empat hingga enam jam sekali.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi scopolamine. Obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Anda akan diinstruksikan untuk menggunakan suatu lapisan khusus yang ditempelkan di belakang telinga, empat jam sebelum berangkat mudik setidaknya tiga kali sehari.

Jenis obat lain yang dapat digunakan di antaranya cyclizine, meclizine, dan promethazine. Semua obat tersebut akan menyebabkan kantuk, dan dapat menyebabkan mulut terasa kering.

Cegah Mabuk Perjalanan dengan Cara Ini

Untuk mencegah mabuk dan mual di perjalanan saat mudik, tips berikut ini dapat membantu Anda.

1. Beristirahat

Penuhi kebutuhan tubuh Anda untuk beristirahat, sebelum perjalanan jauh dimulai. Kondisi tubuh yang lelah, dapat meningkatkan risiko mabuk di perjalanan.

2. Hindari Makanan Berminyak dan Asam

Jangan mengonsumsi makanan berat yang berminyak dan asam, beberapa jam sebelum perjalanan mudik Anda dimulai. Jenis makanan maupun minuman seperti kopi, jus jeruk, dan gorengan, sulit dicerna tubuh. Selain itu, kopi dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Minum Banyak Air Putih

Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kelembapan rongga mulut.

4. Gunakan Sandaran Kepala

Istirahatkan kepala di sandaran selama perjalanan untuk mengurangi pergerakan kepala, dan mencegah mual.

5. Jaga Jarak dengan Orang yang Mual

Jika memungkinkan, hindari orang yang sedang mengalami mual. Sebab jika berdekatan, Anda berpotensi mengalami kondisi serupa.

Setelah mengetahui berbagai tips mudik untuk menghindari munculnya rasa mabuk di perjalanan, Anda dapat mempraktikkannya dengan segera. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan,dengan mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, saat sahur dan buka puasa.

WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/motion-sickness#1
Diakses pada 26 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/176198.php
Diakses pada 26 April 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/12782-motion-sickness
Diakses pada 26 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed