Tips Antistres untuk Ibu Menyusui 2 Bayi

(0)
25 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ibu menyusui 2 bayi punya masalah dan tantangan yang lebih besar ketimbang menyusui 1 bayiMenyusui dua bayi sekaligus memiliki tantangan tersendiri
Menyusui bayi secara eksklusif bukanlah perkara gampang, apalagi bagi ibu menyusui 2 bayi. Jika Anda adalah salah satunya, ada beberapa tips berikut yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk tetap memberi nutrisi yang terbaik bagi kedua malaikat kecil Anda.Ibu yang menyusui 2 bayi sekaligus bisa berlangsung dalam 2 skenario. Pertama, ibu menyusui 2 bayi kembar (twin breastfeeding) atau skenario kedua adalah ibu menyusui satu bayi baru lahir dan kakaknya yang belum disapih (tandem breastfeeding).Merupakan hal yang normal bagi ibu menyusui 2 bayi sekaligus untuk merasakan perasaan yang campur-aduk. Di satu sisi, Anda merasa bahagia Si Kecil masih senang menempel pada ibunya. Namun di sisi lain, mengurus 2 bayi sekaligus memang melelahkan dan tidak jarang juga menguras emosi.Oleh karena itu, penjelasan sekaligus tips berikut ini mungkin dapat menjadi jalan keluar bagi Anda untuk tetap dapat menyusui 2 bayi sekaligus. Namun, Anda selalu dapat berkonsultasi dengan dokter anak, konselor laktasi, atau grup sesama ibu menyusui 2 bayi bila Anda memerlukannya.

Ibu menyusui 2 bayi dengan twin breastfeeding

Menyusui satu bayi baru lahir saja sudah sulit, lalu bagaimana jika ibu menyusui 2 bayi kembar sekaligus? Apakah produksi ASI cukup untuk menghidupi kedua bayi ini?Pertanyaan tersebut mungkin jadi yang pertama terlintas dalam benak Anda saat akan menyusui bayi kembar. Namun, tidak perlu panik berlebihan karena tubuh Anda mampu memproduksi ASI yang cukup untuk 2 bayi sekaligus dengan manajemen ASI yang tepat.Manajemen ASI yang tepat bagi ibu menyusui 2 bayi kembar adalah:

1. Selalu mengecek perlekatan bayi ketika menyusui langsung

Bila Anda tidak mengetahui bentuk perlekatan yang dimaksud, konsultasikan dengan dokter anak atau konselor laktasi.

2. Sering menyusui langsung

Isapan bayi pada puting akan menstimulasi payudara untuk memproduksi lebih banyak ASI. Dengan diisap langsung, hormon prolaktin dan oksitosin akan dilepas sehingga menghasilkan let-down reflex.

3. Diperah secara rutin

Jika payudara Anda masih terasa penuh setelah disusui langsung, lakukan pengosongan dengan pompa ASI atau tangan, lalu simpan ASI perah di kulkas atau freezer.Jangan khawatir jika bayi Anda mengalami penurunan berat badan di awal masa kehidupannya dan terus susui bayi ketika ia memberi sinyal lapar. Salah satu indikator kecukupan ASI pada bayi adalah frekuensi buang air kecilnya yang bisa sampai 6 kali dalam sehari.Selain itu, salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam fase ini adalah haruskah ibu menyusui 2 bayi sekaligus?Di masa awal menyusui, ibu baru lebih dianjurkan untuk menyusui bayi satu per satu agar ibu tidak terlalu repot memegang bayi dan bisa melakukan bonding lebih baik. Kekurangan dari metode ini adalah ibu bisa merasa harus menyusui sepanjang hari dan kurang istirahat.Bila memungkinkan, ibu bisa belajar posisi menyusui bayi yang benar agar dapat langsung menyusui 2 bayi sekaligus. Selain lebih praktis, metode ini memungkinkan munculnya let-down reflex lebih cepat karena isapan bayi yang satu mungkin lebih kuat dari bayi yang satunya lagi.

Ibu menyusui 2 bayi dengan tandem breastfeeding

Tandem breastfeeding adalah menyusui dua anak (atau lebih) dengan usia yang berbeda di saat yang bersamaan. Proses menyusui ini dapat dilakukan secara bersamaan pada masing-masing payudara atau bergantian.Kondisi ini dapat terjadi jika ibu telah memiliki bayi lagi saat kakaknya belum disapih atau belum berusia dua tahun. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan keputusan ini, namun ibu menyusui 2 bayi dengan tandem breastfeeding memiliki tantangan lebih, seperti komposisi ASI yang akan berubah.Di awal masa kelahiran, ASI Anda akan berubah menjadi kolostrum yang kuantitasnya lebih sedikit dan rasanya tidak seenak ASI matang yang biasa diminum Si Kakak. Tidak jarang dalam fase ini, Si Kakak jadi enggan menyusu dan bukan tidak mungkin menjadi lebih rewel.Namun begitu ASI kembali matang, Si Kakak akan kembali antusias untuk menyusu pada Anda. Bahkan ia mungkin lebih bersemangat dari biasanya karena kuantitas ASI juga lebih banyak dan ia merasa ingin selalu dekat dengan ibu.Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa tandem breastfeeding bisa sangat melelahkan bagi ibu menyusui 2 bayi sekaligus. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:
  • Prioritaskan bayi yang lebih kecil untuk mendapatkan ASI terlebih dahulu karena kebutuhan nutrisinya tidak bisa terpenuhi dari sumber lain, tidak seperti kakaknya yang sudah bisa makan makanan padat.
  • Minta bantuan pasangan atau orang terdekat dalam mengasuh anak, setidaknya untuk mendukung keputusan Anda melakukan tandem breastfeeding.
  • Sempatkan untuk beristirahat di sela-sela menyusui, makan makanan bergizi, dan minum banyak cairan untuk menggantikan energi Anda yang terkuras setelah menyusui.
Merupakan hal yang manusiawi bagi ibu menyusui 2 bayi untuk merasa lelah dan ingin menyerah, tapi ingatlah bahwa Anda melakukannya demi kebaikan anak-anak di masa mendatang.
ibu menyusui
La Leche. https://www.laleche.org.uk/twins/
Diakses pada 10 Juli 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/the-let-down-reflex-431588
Diakses pada 10 Juli 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-a-toddler-and-a-newborn-431735
Diakses pada 10 Juli 2020
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a553891/breastfeeding-twins
Diakses pada 10 Juli 2020
Natural Child Project. https://www.naturalchild.org/articles/guest/tamra_orr.html
Diakses pada 10 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait