7 Tips Antigagal Membuat Resolusi Tahun Baru 2020

(0)
Cara membuat resolusi tahun baru 2020 agar target dan harapan dapat terpenuhiTahun baru identik dengan menyusun resolusi tahun baru
Bagi sebagian besar masyarakat, resolusi tahun baru seringkali dianggap sebagai garis awal guna memulai aktivitas atau kebiasaan yang baru. Langkah ini bertujuan untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Lantas, bagaimana cara membuat resolusi tahun baru 2020 yang tepat agar seluruh target dan harapan Anda bisa terwujud di tahun ini?

Cara membuat resolusi tahun baru 2020

Berbagai harapan pun digantungkan saat membuat resolusi tahun baru. Mulai dari keinginan untuk hidup sehat, menurunkan berat badan, berhenti merokok, mendapat pekerjaan lebih baik, mengatur keuangan lebih ketat, hingga memiliki pasangan hidup. Beberapa di antaranya ada yang sukses mempertahankannya sampai pengujung tahun, bahkan sukses menggapai harapan yang dituliskan. Namun, tak sedikit yang harus gigit jari karena resolusinya masih belum terwujud hingga ujung tahun kemarin. Nah, agar tidak meleset lagi, berikut adalah cara membuat resolusi tahun baru 2020 yang bisa Anda implementasikan. 

1. Spesifik 

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan saat membuat resolusi tahun baru 2020 adalah mulai dengan hal spesifik. Semakin spesifik resolusi Anda makan semakin efektif dan mudah untuk diwujudkan. Caranya, dengan membuat target yang mendukung resolusi Anda. Misalnya, resolusi ingin menurunkan berat badan, maka harus disertai dengan target seberapa banyak berat badan yang ingin Anda turunkan dan berapa lama jangka waktu untuk menurunkannya. Kemudian, jika Anda menuliskan resolusi agar hidup sehat di tahun ini, maka mulailah dengan mengganti menu penutup makanan dengan buah-buahan atau yogurt dan menghindari makanan yang manis. Atau berhenti makan makanan cepat saji dan pilih makanan bernutrisi.Jika Anda ingin olahraga lebih sering, maka disertai dengan target untuk melakukan olahraga sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Meski berjalan lambat, perubahan kecil dan spesifik ini dapat memudahkan Anda untuk tetap konsisten menjalankan kebiasaan tersebut sehingga akan berhasil pada jangka waktu yang lama.

2. Realistik

Selain spesifik, penting pula untuk membuat resolusi tahun baru yang realistik. Misalnya, Anda memiliki resolusi tahun baru untuk menikah, tetapi saat ini Anda masih menjomblo. Meski mungkin, hal tersebut tentu kurang realistik untuk diwujudkan. Jika Anda masih menjomblo, maka resolusi terdekat yang bisa Anda buat adalah mencari pacar atau teman dekat terlebih dahulu. Maka dari itu, penting untuk membuat resolusi yang realistik dan konkret. 

3. Dapat terukur

Menulis resolusi untuk hal-hal yang bisa diukur akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalankannya. Misalnya, resolusi yang berkaitan dengan kesehatan atau penurunan berat badan. 
Penurunan berat badan adalah salah satu resolusi tahun baru yang diinginkan banyak orang
Catat setiap penurunan berat badan yang Anda lalui
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka catat setiap penurunan berat badan yang Anda lalui dalam ponsel, kalender, atau buku catatan. Selanjutnya, Anda bisa merencanakan kegiatan atau target untuk minggu atau bulan selanjutnya. Jangan lupa untuk meluangkan waktu mengevaluasi langkah yang Anda lakukan dalam menurunkan berat badan secara berkala. 

4. Relevan

Pastikan resolusi tahun baru yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan dan memiliki tujuan yang baik bagi diri Anda sendiri. Pasalnya, jika Anda membuat resolusi 2020 yang tidak memberikan manfaat dan melampaui batas kemampuan maka akan menyulitkan diri Anda sendiri. Jika Anda menjalankan resolusi karena rasa benci pada diri sendiri atau penyesalan atau passion yang kuat pada saat itu, biasanya resolusi tidak akan berlangsung lama. Namun, jika Anda membangun sebuah proses di mana Anda berpikir lebih keras mengenai apa yang baik untuk diri Anda, Anda mengubah struktur hidup Anda, dan membawa orang ke dalam hidup untuk memperkuat resolusi itu, maka Anda melakukan kesempatan yang baik dalam mewujudkannya. 

5. Ceritakan kepada teman atau anggota keluarga terdekat

Ceritakan mengenai pengalaman menjalani resolusi tahun baru Anda dengan teman atau anggota keluarga terdekat. Misalnya kepada teman sekelompok di gym atau rekan-rekan kerja yang juga berhenti merokok.Bercerita kepada seseorang atau sekelompok orang guna berbagi perjuangan dan kesuksesan Anda dalam menjalani resolusi tahun baru, dapat membantu target yang Anda inginkan jadi jauh lebih mudah untuk diwujudkan. Selain itu, langkah ini juga membantu Anda agar terus konsisten menjalankan kebiasaan baik yang mendukung resolusi tahun baru Anda. 

6. Dibatasi oleh waktu

Membatasi perencanaan resolusi tahun baru dengan waktu berarti memberi diri Anda cukup waktu untuk melakukannya. Kalau perlu, buatlah resolusi tahun baru jangka menengah dan jangka panjang. Resolusi kecil untuk jangka menengah, misalnya 2-3 bulan, lalu resolusi lebih besar untuk jangka panjang, hingga tahun berakhir. Dengan target resolusi yang kecil dapat membantu Anda mengalami kemajuan secara bertahap. 

7. Tetap semangat dan jangan menyerah

Ingatlah bahwa kesalahan kecil dalam meraih tujuan merupakan hal yang normal terjadi. Jadi, jangan lantas menyerah jika Anda makan kue brownies saat tengah berusaha menurunkan berat badan. Atau melewati waktu olahraga di gym karena pekerjaan di kantor yang menumpuk. Setiap orang tentu memiliki fase naik dan turun, begitu pula dalam mewujudkan resolusi. Sebagai solusinya, segera bangkit kembali dengan cara menyemangatkan diri sendiri. 

Catatan dari SehatQ

Menggantungkan harapan dalam resolusi tahun baru boleh-boleh saja dilakukan. Akan tetapi, jika Anda merasa kewalahan atau tidak mampu memenuhi tujuan sendiri, jangan ragu untuk menemui ahlinya, seperti psikolog.Psikolog akan menawarkan strategi mengenai bagaimana cara menyesuaikan tujuan Anda sehingga dapat dicapai, serta membantu Anda dalam mengubah perilaku tidak sehat dan mengatasi masalah emosional yang mungkin terjadi selama menjalani resolusi tahun baru. 
resolusi kesehatan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/brain-wise/201612/the-science-why-new-years-resolutions-dont-workDiakses pada 6 Januari 2020Pysch Central. https://psychcentral.com/lib/10-sure-ways-to-keep-your-new-years-resolutions/Diakses pada 6 Januari 2020American Physiological Association. https://www.apa.org/helpcenter/resolutionDiakses pada 6 Januari 2020Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-keep-your-new-years-resolutions-2795719Diakses pada 6 Januari 2020New York Times. https://www.nytimes.com/guides/smarterliving/resolution-ideasDiakses pada 6 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait