logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Tips Anti Gagal Membuat Telur Mata Sapi dan Kandungan Nutrisinya

open-summary

Masak telur mata sapi itu susah-susah gampang. Cara memasaknya pun pastinya berbeda-beda tergantung selera. Tapi tidak ada salahnya melihat tips memasak dan kandungan nutrisinya berikut ini.


close-summary

21 Mei 2020

| Adhenda Madarina

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Telur mata sapi punya banyak kandungan nutrisi dan mudah dibuat

Telur mata sapi dalam telfon

Table of Content

  • Kandungan nutrisi telur mata sapi
  • Tips membuat telur mata sapi

Telur mata sapi kerap dijadikan pilihan menu untuk makanan sehari-hari. Selain enak, cara membuat telur mata sapi terbilang mudah. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, seperti apa sih membuat telur mata sapi yang sempurna? Jika ya, berarti Anda tidak sendiri.

Advertisement

Sebetulnya tidak ada sesuatu yang sempurna terkait dengan membuat telur mata sapi karena hal ini bersifat pribadi atau sesuai dengan selera masing-masing. Beberapa orang ada yang suka membuat telur mata sapi setengah matang, ada pula yang menyantap telur mata sapi dengan cara digoreng hingga pinggirannya menjadi renyah dan berwarna kecoklatan.

Sebelum mengintip tips sukses membuatnya, kenali dulu yuk berbagai kandungan nutrisi dalam telur mata sapi.

Kandungan nutrisi telur mata sapi

Meski telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, tetapi telur juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Berikut sejumlah nutrisi yang terkandung dalam telur.

1. Vitamin D

Telur mata sapi memiliki 40 IU vitamin D, atau sekitar 10 persen dari kebutuhan vitamin D harian yang direkomendasikan. Konsumsi vitamin D yang cukup dapat membantu mengurangi risiko patah tulang. Dalam hal ini, kuning telur, yang merupakan sumber alami vitamin D.

2. Berprotein tinggi

Telur mata sapi menyediakan 6 gram protein, atau setara dengan 12 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Protein adalah nutrisi penting untuk menjaga massa otot dan sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan juga dapat membantu Anda mengontrol berat badan.

Protein tanpa lemak lebih sehat untuk jantung Anda. Untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh sambil mempertahankan konsumsi protein Anda, buat telur mata sapi dengan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak goreng

3. Kaya karotenoid

Telur mata sapi sarat akan kandungan karotenoidnya, yang merupakan nutrisi terkait vitamin A, dan telur mata sapi mengandung total 250 mikrogram dari dua karotenoid serupa, yakni lutein dan zeaxanthin. Konsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan degenerasi makula.

Baca Juga

  • 12 Ide Sarapan Pagi untuk Diet yang Menyehatkan
  • 7 Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui Banyak Orang
  • Menimbang Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

Tips membuat telur mata sapi

Jadi, tidak ada cara yang benar atau pun salah untuk membuat telur mata sapi, dan tidak ada panduan atau resep khusus untuk membuatnya. Walaupun demikian, tidak salahnya menengok trik membuat telur mata sapi berikut ini.

1. Gunakan teflon antilengket

Telur yang menempel di teflon tampilannya akan kurang menarik, dan Anda mungkin akan kesulitan untuk membersihkan wajannya. Untuk menghindari telur yang hancur dan teflon yang berantakan, masak telur mata sapi di atas teflon yang tidak beracun dan antilengket.

2. Panaskan minyak

Anda tidak memiliki teflon antilengket? Tidak masalah, karena wajan besi juga bisa menjadi solusi. Gunakan lebih banyak minyak untuk melapisi bagian bawah wajan supaya mencegah lengket.

Selain minyak goreng, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun yang lebih menyehatkan. Pastikan minyaknya panas sebelum Anda memasukkan telur.

3. Masak telur mata sapi dengan api yang kecil

Pecahkan setiap telur ke dalam teflon dengan hati-hati. Masak dengan api yang kecil. Jika Anda memasak telur mata sapi pada suhu yang terlalu tinggi, bagian bawahnya akan terbakar sebelum putihnya matang.

Suhu rendah sangat penting agar putih telur matang secara merata dan mendapatkan warna kuning telur yang sempurna. Masak selama 4-5 menit atau sampai putih dan kuning telur sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan.

4. Menutup teflon atau wajan

Menutupi teflon adalah kunci untuk memasak telur mata sapi yang putihnya matang, tetapi kuning telurnya masih berair. Cara ini juga dapat mempercepat proses memasak. Jika memungkinkan, gunakan teflon dengan tutup kaca sehingga Anda bisa mengawasi telur tanpa harus membukanya.

5. Sajikan

Gunakan spatula untuk memindahkan telur mata sapi yang sudah matang ke piring, berhati-hatilah agar tidak memecahkan kuning telur. Bumbui telur dengan garam dan merica, dan nikmatilah.

Itulah berbagai kandungan telur mata sapi dan tips membuatnya supaya tidak gagal. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memasak hidangan mudah nan lezat ini.

Advertisement

telur

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved