Tips Aman Memilih Warna Rambut untuk Kulit Gelap

(0)
09 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada beberapa warna rambut untuk kulit gelap yang cocok untuk dicobaCokelat kemerahan termasuk warna rambut yang cocok untuk kulit gelap
Menentukan warna rambut untuk kulit gelap memang susah-susah gampang. Warna rambut yang cocok akan menonjolkan eksotisme warna kulit Anda, namun warna yang tidak cocok justru akan membuat kulit terlihat kusam.Bagi Anda yang gemar mewarnai rambut, mengetahui trik dasar dalam memilih warna yang cocok adalah keharusan. Ketahui juga risiko kesehatan di balik indahnya warna rambut yang baru selesai diwarnai, serta tips agar rambut dan kulit kepala Anda tetap sehat setelah diwarnai.

Tips memilih warna rambut untuk kulit gelap

Pastikan Anda memilih produk warna rambut untuk kulit gelap yang aman. Saat ini, terdapat berbagai tipe pewarna rambut, mulai dari yang permanen, semi-permanen, demi-permanen, pewarna sementara, hingga pewarna natural.Pewarna-pewarna itu diklasifikasikan berdasarkan kandungan bahan kimia di dalamnya yang akan membuat warna rambut Anda bertahan lebih lama atau tidak. Para ahli kesehatan menyarankan Anda menghindari pewarna rambut permanen untuk meminimalisir risiko kanker.Sementara itu, warna rambut untuk kulit gelap yang direkomendasikan oleh para ahli kecantikan adalah sebagai berikut:
  • Hitam

Warna ini adalah warna rambut natural orang Indonesia sehingga dinilai paling cocok sebagai warna rambut untuk kulit gelap. Selain itu, hitam juga dapat membuat Anda tampil elegan dan tidak kuno.
  • Cokelat kemerahan

Warna ini juga dinilai cocok dengan tone gelap sehingga akan makin memancarkan keindahan kulit Anda.
  • Cokelat mocha

Cokelat mocha merupakan warna yang senada dengan kulit gelap Anda sehingga akan membaur dengan baik serta menciptakan efek monokrom yang memukau.
  • Kuning madu

Jika Anda ingin sedikit bereksperimen, pilih warna yang lebih terang seperti kuning madu. Warna rambut ini juga bisa ‘menyala’ pada orang berkulit gelap dan tidak membuat kulit Anda terlihat kusam.
  • Warna-warna terang

Ingin menjadi pusat perhatian karena penampilan Anda yang menyala? Pilih warna rambut yang kontras dengan warna kulit Anda yang sekaligus dapat menghadirkan kesan enerjik, awet muda, dan bahagia. Warna-warna tersebut misalnya merah, ungu, pink, atau bahkan kuning dan pirang (blonde).Jangan takut untuk memilih warna rambut untuk kulit gelap yang Anda inginkan. Selama Anda merasa percaya diri karenanya, lakukan saja!

Perhatikan hal ini dalam memilih warna rambut untuk kulit gelap

Sudah banyak studi yang mengatakan mewarnai rambut meningkatkan risiko Anda terkena kanker. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan amonia sebagai salah satu komponen pada pewarna rambut. Amonia dikenal sebagai bahan kimia yang dapat memicu kanker.Meski demikian, saat ini sudah banyak produsen pewarna rambut yang tidak lagi menggunakan bahan yang diklaim dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh.Sebagai jalan tengah, para ahli kesehatan tetap meminta Anda mengurangi kegiatan mewarnai rambut, atau bahkan tidak mewarnai rambut sampai muncul uban di kepala Anda. Berikut tips aman yang harus Anda perhatikan sebelum memilih warna rambut untuk kulit gelap:
  • Segera bilas rambut setelah waktu yang ditentukan untuk mendiamkan krim pewarna habis
  • Pastikan Anda membilas hingga kulit kepala sampai bersih
  • Gunakan sarung tangan ketika Anda mengaplikasikan krim warna rambut untuk kulit gelap
  • Ikuti instruksi pemakaian sesuai yang tertera pada label
  • Jangan mencampur berbagai merek atau produk warna rambut untuk kulit gelap menjadi satu
  • Bila perlu, lakukan tes alergi pada kulit Anda dengan mengoleskan krim pewarna pada belakang telinga dan biarkan selama 2 hari. Jika tidak ada reaksi alrergi yang muncul (misalnya gatal, kemerahan, atau iritasi), berarti produk aman untuk kulit Anda sehingga Anda bisa mewarnai rambut dengan produk tersebut.
Jangan mewarnai alis atau bulu mata dengan pewarna rambut karena bisa menimbulkan kebutaan, terutama bila muncul reaksi alergi pada kulit Anda. Tidak sengaja menumpahkan sebagian krim pewarna rambut pada mata juga dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada mata.Jika Anda ingin mewarnai rambut sendiri di rumah, pastikan untuk membeli produk pewarna rambut yang aman dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
kankerkesehatan rambutrambut putih
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/hair-dye-faqs
Diakses pada 8 Desember 2019
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/coloring-hair-safe/
Diakses pada 8 Desember 2019
Hair. https://www.hair.com/hair-color-for-dark-skin.html
Diakses pada 8 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait