Ketahui Tips Aman Bermain Sepatu Roda agar Jauh dari Cedera

Gunakan sepatu roda yang Anda beli toko resmi atau terpercaya
Pilih dan gunakan sepatu roda dari toko yang bisa dipercaya

Bermain sepatu roda bisa menjadi kegiatan sehat sekaligus menyenangkan, terutama bagi anak-anak dan remaja. Namun kegiatan ini tetap memiliki sejumlah risiko, sehingga Anda perlu mengetahui tips aman melakukannya.

Aktivitas sepatu roda dikenal dapat membantu membakar banyak kalori. Tak hanya itu, kegiatan fisik ini juga mampu meningkatkan keseimbangan serta koordinasi tubuh.

Tapi sama seperti jenis olahraga pada umumnya, bermain sepatu roda bisa menyebabkan pemain mengalami cedera bila tidak dilakukan dengan hati-hati dan persiapan yang matang.

Beragam risiko bermain sepatu roda

Kegiatan sepatu roda merupakan salah satu kegiatan yang berpotensi besar untuk menyebabkan pemainnya terjatuh. Pasalnya, bermain sepatu roda menuntut seseorang untuk memiliki keseimbangan dan refleks tubuh yang baik.

Sebagai contoh, pemain sepatu roda harus siap menghindar hingga menghentikan lajunya bila terjadi hal tak terduga. Misalnya, ada kerikil di jalan atau benturan dengan pemain lain. Jika tidak siap dan sigap, pemain akan jatuh atau terbentur dan cedera.

Lokasi cedera bisa cukup beragam. Namun cedera umumnya terjadi di sendi-sendi atau lekukan tubuh seperti pada lutut, siku, dan pergelangan tangan. Ini terjadi karena area tersebut biasa digunakan untuk menopang tubuh saat terjatuh.

Oleh sebab itu, luka gores, keseleo, retak hingga patah tulang pada bagian-bagian tersebut merupakan risiko cedera yang dapat terjadi saat bermain sepatu roda.

Risiko dan dampak cedera bisa lebih rentan terjadi pada anak berusia delapan tahun ke bawah. Pasalnya, mereka masih dalam masa pertumbuhan sehingga refleksnya belum sempurna dan cenderung lambat.

Tips aman bermain sepatu roda

Potensi cedera saat bermain sepatu roda dapat dikurangi dan dicegah bila Anda melakukannya dengan aman. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

  • Memilih dan menggunakan peralatan yang tepat

Pemain sepatu roda wajib menggunakan bantalan pelindung. Terutama pada bagian tubuh yang berpotensi mengalami cedera, seperti siku, lutut, dan pergelangan tangan.

Pemain juga harus menggunakan helm ketika bermain sepatu roda. Langkah ini bertujuan mengurangi risiko cedera pada area kepala.

  • Membeli separu roda dan perlengkapannya dari toko resmi yang terpercaya

Jangan tergiur dengan tawaran diskon atau harga murah. Anda sebaiknya memilih sepatu roda dan alat-alat pelindung yang dibutuhkan dari toko resmi dan terpercaya. Dengan ini, kualitasnya lebih terjamin dan sudah teruji.

  • Memilih area bermain dengan saksama

Sebelum bermain sepatu roda, Anda perlu memastikan bahwa area permainan aman dari hal-hal yang dapat menimbulkan kecelakaan.

Area sepatu roda sebaiknya bukan jalan yang rusak dan bukan jalan umum yang ramai. Hal ini semakin penting apabila Anda merupakan pemain pemula.

Bila terpaksa melakukannya di jalanan umum, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah memahami teknik dasar bermain sepatu roda. Contohnya, bisa menjaga keseimbangan dan mengerem.

Anda juga dianjurkan untuk selalu berhati-hati dan awas pada lingkungan sekitar selama bermain sepatu roda.

Untuk pemain pemula atau anak-anak, disarankan untuk bermain sepatu roda di tempat khusus yang lapang dan di bawah pengawasan pelatih. Dengan ini, mereka tidak membahayakan dirinya maupun orang-orang di sekitarnya.

  • Memeriksa kondisi sepatu roda secara berkala

Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi sepatu roda secara berkala. Mulai dari mengecek ada tidaknya roda yang longgar atau aus, serta kotoran yang mungkin terselip. Hal-hal ini bisa saja membahayakan Anda ketika sedang asyik bersepatu roda.

  • Melakukan pemanasan

Sama halnya dengan olahraga lain, bermain sepatu roda sebaiknya didahului dengan pemanasan. Anda perlu melakukan pemanasan setidaknya selama lima menit agar otot-otot tubuh lebih lentur.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan

Selain beberapa tips di atas, sejumlah hal berikut juga dapat membantu agar bermain sepatu roda menjadi lebih aman:

  • Bermain di siang hari, bukan pada malam hari.
  • Jangan bermain sepatu roda sendirian, ajaklah teman atau keluarga untuk menemani Anda.
  • Selalu membawa alat komunikasi dan tanda pengenal ketika bersepatu roda.
  • Pastikan Anda tidak terlalu dekat dengan kendaraan saat bermain di area umum.
  • Bila cuaca panas, kenakan tabir surya dan bawalah air minum.
  • Jangan bermain saat cuaca tidak baik, seperti saat hujan, karena jalanan akan licin.

Bermain sepatu roda memang memiliki beberapa risiko, seperti terjatuh dan cedera. Meski demikian, hal ini dapat dicegah asal Anda selalu meggunakan pelindung dan berhati-hati saat bermain.

Dengan begitu, kegiatan bermain sepatu roda dapat menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Selamat mencoba!

Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/safety-inline.html
Diakses pada 4 Juli 2020

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/sports-safety.html
Diakses pada 4 Juli 2020

Nationwide Children’s Hospital. https://www.nationwidechildrens.org/conditions/health-library/bicycle-in-line-skating-skateboarding-safetyprevention
Diakses pada 4 Juli 2020

WebMD. https://www.webmd.com/diabetes/diabetes-safe-exercise
Diakses pada 4 Juli 2020

WebMD. https://www.webmd.com/osteoporosis/features/exercise-weight-bearing#1
Diakses pada 4 Juli 2020

Family Practice Notebook. https://fpnotebook.com/legacy/Sports/Skate/InLnSktng.htm
Diakses pada 4 Juli 2020

Artikel Terkait