Tak perlu cara rumit untuk mempertahankan kulit tetap awet muda.
Selain menggunakan obat dan perawatan di klinik, Anda bisa melakukan langkah alami untuk menjaga kulit awet muda.

Selama berabad-abad lamanya, orang-orang selalu mencari cara awet muda, meski sudah berusia senja. Banyak cara dicoba. Mulai dari pil, tonik, dan bermacam-macam perawatan kecantikan pun menjadi pilihan untuk mengatasi efek penuaan. Tak terkecuali cara alami, dengan mengonsumsi buah-buahan yang terkenal ampuh mengatasi kerutan tanda penuaan.

Selain itu, meditasi dan diet khusus juga dipercaya mampu mengeluarkan racun dari tubuh, yang bisa membantu Anda awet muda. Anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini jika ingin awet muda.

Cara Awet Muda dengan Bahan Alami

Blueberry

Banyak orang memilih operasi plastik sebagai cara tercepat untuk membuat wajah terlihat awet muda. Suntikan botox merupakan salah satu prosedur nonbedah yang paling populer. Memang, botox terbukti secara dramatis mampu mengurangi munculnya garis-garis kerutan sedang hingga parah.

Namun tahukah Anda, blueberry dan kawanan buah beri lainnya juga mampu melakukan hal yang sama. Sebab, jenis buah-buahan ini sarat dengan antioksidan yang mampu menyelamatkan kulit dari penuaan dini, sekaligus mencegah kanker.

Terlebih lagi, diet yang kaya akan ekstrak blueberry mampu memperbaiki memori jangka pendek dan memperbaiki kehilangan keseimbangan dan koordinasi. Blueberry menjadi salah satu pilihan sehat untuk menjaga agar kulit tetap terlihat awet muda.  

Virgin Coconut Oil (VCO)

Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan menyembuhkan. Meski demikian, belum tentu setiap jenis kulit, cocok menggunakan virgin coconut oil. Jika Anda memiliki alergi terhadap kelapa, sebaiknya hindari penggunaan VCO.

Namun apabila tidak, Anda dapat mencobanya antara lain untuk membersihkan wajah dari riasan, dan melembapkan kulit muka. Pijatkan sedikit minyak kelapa murni ke wajah. Biarkan meresap selama beberapa menit, kemudian bilas.

Makanan Kaya Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting untuk sistem energi, sistem saraf, jantung, dan juga kontrol gula darah . Terlebih, seiring bertambahnya usia Anda. Kebutuhan tubuh akan magnesium sekitar 300-400 mg, baik untuk pria maupun wanita. Namun, para ahli menyarankan agar orang berusia tua mengonsumsi lebih banyak lagi magnesium. Sebab, tubuh semakin sulit menyerap magnesium seiring bertambahnya usia.

Dengan asupan magnesium yang mencukupi, energi Anda akan meningkat, gerakan usus juga menjadi lebih baik. Begitu pula halnya dengan kulit. Makanan yang kaya magnesium antara lain beras merah, gandum, bibit gandum, almond, dan kacang tanah. Jika Anda memilih suplemen, ikuti petunjuk dosis pada label.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera mampu mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru. Selain itu, lidah buaya melembutkan kulit tanpa menyumbat pori-pori. Gunakanlah lidah buaya setelah mencuci wajah setiap hari. Anda pun akan melihat perubahannya pada kulit wajah.

Bahan Makanan Segar

Asupan nutrisi memang sangat memengaruhi keadaan kulit. Konsumsi makanan sehat tentu akan berdampak baik pada tubuh. Oleh sebab itu, pilihlah buah-buahan, sayuran, dan ikan segar karena dapat mengurangi peradangan pada tingkat sel.

Anda bisa mengatur kebiasaan akan dengan pola berikut ini. Saat makan siang dan makan malam, konsumsilah salad hijau, ikan salmon panggang atau ikan lainnya seperti tuna dan makerel, serta buah-buahan seperti stroberi, blueberry maupun rasberi sebagai pencuci mulut. Selain sehat, pola makan ini juga memiliki dampak yang baik pada kulit Anda. Selain itu, minumlah 8-10 gelas air setiap harinya agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Cara Awet Muda dengan Meditasi dan Olahraga Kardio

Meditasi

Bermeditasi secara teratur mampu membantu menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi risiko serangan jantung serta stroke. Terlebih bagi mereka yang sudah berusia cukup tua. Meditasi juga mampu membuat 5-10 tahun tampak lebih muda, karena adanya hormon yang berpengaruh terhadap hal tersebut. Jika ingin mencoba meditasi, cobalah duduk dengan mata tertutup dan fokus selama 20 menit setiap harinya.

Olahraga Kardio

European Heart Journal menyebutkan, olahraga kardio seperti bersepeda, berenang, dan lari, mampu memperlambat tanda penuaan. Para ahli merekomendasikan Anda berolahraga selama 150-300 menit per minggu. Selain itu, Anda pun disarankan menjalani dua sesi latihan untuk memperkuat otot.

Itulah beberapa tips awet muda alami yang dapat Anda ikuti. Semoga bermanfaat!

WebMD. https://www.webmd.com/healthy-aging/features/aging-gracefully-naturally-feature#1
Diakses pada 30 Januari 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/home-remedies-for-glowing-skin#sunscreen
Diakses pada 18 Februari 2019

MSN. https://www.msn.com/id-id/kesehatan/kebugaran/ini-dia-jenis-olahraga-yang-bikin-awet-muda-tilik-risetnya/ar-BBQhDew
Diakses pada 18 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed