logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kehamilan

Kumpulan Tips agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit

open-summary

Beberapa tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit adalah dengan melakukan induksi alami, berolahraga ringan, berendam air hangat, dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Jika induksi alami tidak berhasil dilakukan, dokter akan melakukan induksi buatan untuk mempercepat proses persalinan.


close-summary

26 Agt 2022

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit adalah dengan induksi alami, olahraga ringan, hingga berendam air hangat

Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit salah satunya adalah dengan melakukan induksi alami

Table of Content

  • Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit
  • Kapan induksi buatan untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan perlu dilakukan?
  • Hal yang perlu dihindari agar melahirkan normal berjalan lancar dan cepat

Proses persalinan mungkin bagi sebagian orang terlihat menakutkan karena rasa sakit yang dirasakan dan proses yang panjang. Karena itu, ibu hamil perlu mengetahui tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit. 

Advertisement

Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit

Agar melahirkan normal lancar, cepat, dan dengan rasa sakit yang minimal, ibu hamil perlu memperhatikan banyak hal, salah satunya yaitu cara mempercepat induksi dan menjauhi hal-hal yang dilarang selama persalinan. Nah, beberapa cara di bawah ini dinilai dapat memancing kontraksi agar cepat melahirkan.

Namun perlu diingat, sebelum menjalani tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit, Anda harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari dokter kandungan.

1. Melakukan induksi alami

tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit adalah dengan induksi alami
Salah satu tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit adalah dengan induksi alami

Salah satu tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit yang bisa Anda coba adalah melakukan induksi alami untuk memicu kontraksi jelang persalinan. Sejumlah cara yang bisa Anda lakukan sebagai upaya induksi alami adalah:

  • Melakukan hubungan intim

Tips melahirkan normal lancar dan cepat yang pertama adalah dengan melakukan hubungan intim. Berhubungan intim dinilai berpotensi sebagai salah satu cara agar cepat melahirkan. Sebab, sperma mengandung prostaglandin yang berperan dalam menyiapkan leher rahim untuk proses persalinan. Selain itu, orgasme juga dipercaya dapat memicu rasa sakit perut atau kontraksi.

  • Stimulasi puting payudara

Tips melahirkan normal lancar dan cepat selanjutnya adalah dengan menstimulasi puting payudara. Menstimulasi puting payudara dapat memicu keluarnya hormon oksitosin. Hormon ini beperan dalam memicu kontraksi di ibu hamil, serta keluarnya ASI. Stimulasi bisa dilakukan Anda sendiri dan pasangan.

  • Mengonsumsi makanan pedas

Menyantap makanan pedas dianggap efektif sebagai salah satu cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Sebab, mengonsumsi makanan pedas bisa menstimulasi otot di pencernaan, memicu keluarnya prostaglandin, dan mempersiapkan uterus untuk persalinan.

Hingga sekarang, metode belum terbukti kebenarannya secara ilmiah, meski tidak sedikit yang sudah mencobanya.

Jika Anda ingin tetap mencobanya, memang tidak ada salahnya. Namun, yang harus diperhatikan adalah jangan sampai menyebabkan perut Anda terasa mulas, bahkan diare.

  • Akupuntur dan akupresur

Agar cepat melahirkan, Anda juga dapat mencoba tips melahirkan normal lancar dan cepat dengan metode akupuntur dan akupresur. Sebab, akupuntur dinilai dapat melepaskan hormon oksitosin di dalam tubuh.

Akupuntur adalah terapi menusukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh yang bertujuan untuk merangsang energi dalam tubuh agar bertindak atas fungsi sistem atau organ tertentu. Akupuntur bisa merangsang aktivitas rahim dan memicu bayi untuk melakukan pergerakan. 

Kemudian, akupresur juga disebut dapat membuat Anda mengalami kontraksi sebelum persalinan. Meski belum pasti bisa merasakan kontraksi, kedua metode ini juga dapat digunakan untuk membantu meredakan nyeri, dan membuat Anda lebih nyaman menuju proses persalinan.

2. Berolahraga ringan

Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa olahraga ringan benar-benar efektif untuk mempercepat persalinan. Namun, tidak ada ruginya jika Anda berolahraga ringan, seperti berjalan kaki secara rutin selama masa kehamilan, untuk meredakan stres dan mempersiapkan tubuh agar lebih kuat dan siap menghadapi proses kelahiran.

Anda bisa mengikuti berbagai olah raga ringan dengan mengikuti kelas kehamilan.

Selain jalan santai secara rutin, senam hamil memiliki berbagai manfaat, seperti merangsang agar posisi bayi lebih dekat ke jalan lahir, melemaskan otot jalan lahir, dan Anda akan mengalami kontraksi.

3. Banyak minum dan makan camilan

Sebuah studi di Universitas California menyatakan bahwa, menambah cairan di pembuluh darah dapat mempercepat persalinan. Untuk itu, selama hamil dan menjelang persalinan, pastikan Anda cukup minum air putih dan makan makanan kecil yang rendah lemak untuk menambah energi. 

4. Dipijat

Pijat ibu hamil bisa membantu persalinan normal agar lancar dan tidak sakit
Pijat bisa membantu persalinan normal agar lancar dan tidak sakit

Salah satu tips melahirkan normal lancar dan cepat adalah menerima pijatan. Penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Medis Universitas Miami menyebutkan, memijat wanita selama proses kehamilan bisa menurunkan rasa sakit dan tingkat kegelisahan. 

5. Mandi air hangat

Salah satu tips agar melahirkan normal lebih lancar dan tidak sakit adalah dengan mandi air hangat. Cara ini dapat membantu meredakan ketegangan otot yang dirasakan saat kontraksi.

Untuk mendapatkan manfaat seperti pijatan di saat persalinan, Anda dapat mengarahkan kepala shower ke bagian kecil di punggung bawah atau pada area di mana kontraksi terasa paling intens. Ini dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat otot yang menegang.

6. Berendam dalam bak mandi air hangat

Tips agar melahirkan normal bisa lancar dan tidak sakit selanjutnya adalah dengan berendam air hangat. Cara ini dapat meningkatkan kenyamanan selama persalinan dengan signifikan.

Ibu dapat menggunakan cara ini untuk relaksasi di awal persalinan. Bahkan, berendam ketika tahap pertama persalinan dianggap dapat mempersingkat durasi persalinan.

Beberapa Ibu hamil juga merasa bahwa cara ini bisa membuat tubuh terasa lebih ringan sehingga menimbulkan rasa lega.

7. Konsumsi makanan bergizi

Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi
Tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi

Agar melahirkan normal dapat berjalan lancar dan tidak sakit, Anda juga perlu mempersiapkan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Makanan adalah bahan bakar yang dibutuhkan tubuh agar tetap prima ketika menjalani persalinan. Karena itu, pastikan ibu hamil mengonsumsi makanan yang menyehatkan seperti roti gandum, daging tanpa lemak, yogurt, salmon, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Dengan Dengan makanan yang tepat, Anda bisa mengejan dengan lebih kuat sehingga proses persalinan bisa berlangsung lebih cepat dan lancar.

8. Menjaga postur tubuh tetap tegak

Menjaga postur tubuh tetap tegak selama proses menunggu pembukaan dapat membuat Anda mendapatkan manfaat dari gravitasi. Kepala bayi akan menekan kepada leher rahim dan membantunya melebar untuk membuka jalan lahir.

Anda juga dapat mencoba berbagai posisi seperti berdiri, berlutut atau berjongkok dengan tetap menjaga postur tubuh tetap tegak.

Selain dapat mengurangi ketidaknyamanan, cara ini juga bermanfaat menggerakkan persalinan. Rajin bergerak dapat membantu memperlebar panggul sehingga memudahkan bayi melewatinya.

9. Istirahat yang cukup

Menjalani gaya hidup sehat selama masa kehamilan merupakan faktor penting agar Anda tetap bugar dan siap menjalani persalinan normal. Selain tetap aktif berolahraga dan asupan makanan bergizi, istirahat yang cukup juga tidak boleh diabaikan.

Cukup tidur saat memasuki semester ketiga dapat membuat Anda merasa segar dan berenergi sehingga lebih siap dalam menghadapi proses persalinan normal. Cobalah untuk tidur lebih cepat dan jika diperlukan, cobalah tidur siang saat beristirahat dari aktivitas harian.

Baca juga: Cara Mengurangi Rasa Sakit saat Melahirkan Normal

Kapan induksi buatan untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan perlu dilakukan?

Induksi buatan dilakukan ketika tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit gagal dilakukan
Induksi buatan dilakukan ketika tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit gagal dilakukan

Jika cara-cara alami untuk memancing kontraksi tidak membuahkan hasil, maka dokter dapat melakukan induksi buatan agar proses persalinan bisa berjalan lebih cepat dan lancar. Dikutip dari Kids Health, tindakan medis ini tidak bisa sembarangan dilakukan untuk ibu hamil atau hanya dapat diambil ketika:

  • Air ketuban sudah pecah, namun kontraksi belum terjadi
  • Ada infeksi di uterus atau rahim atau yang disebut chorioamnionitis
  • Anda memiliki faktor risiko yang berbahaya untuk kandungan, seperti diabetes gestational dan tekanan darah tinggi
  • Volume air ketuban di perut sedikit
  • Ada kelainan plasenta
  • Ada kelainan pertumbuhan janin

Untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan, ada berbagai cara yang dapat dipilih oleh dokter. Metode yang diambil bergantung pada kondisi dan permasalahan yang dihadapi ibu hamil.

Sejumlah metode induksi buatan yang bisa dipilih adalah:

  • Membrane sweep. Metode yang dilakukan dengan menyapukan jari dokter atau bidan di sekeliling leher rahim untuk memisahkan lapisan kantung ketuban dengan leher rahim.
  • Memberikan obat oral berisi hormon untuk mematangkan leher rahim.
  • Memasukkan kateter balon berisi hormon ke dalam leher rahim.
  • Memecahkan air ketuban (amniotomi). Metode ini dilakukan jika bayi telah sampai panggul bawah dan leher rahim telah setengah terbuka.
  • Menggunakan obat-obatan yang diinfuskan ke pembuluh darah seperti oksitosin untuk memicu kontraksi.

Tindakan medis induksi harus dilakukan dengan penuh pertimbangan untuk menghindari induksi persalinan dini karena kemungkinan tanggal kelahiran keliru atau karena serviks wanita mungkin belum siap.

Baca juga: Bunda, Ini Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Hal yang perlu dihindari agar melahirkan normal berjalan lancar dan cepat

Stres pada ibu hamil bisa menghambat persalinan
Stres pada ibu hamil bisa menghambat persalinan

Selain melakukan tips melahirkan normal lancar dan cepat di atas, agar persalinan dapat berjalan baik, sejumlah hal berikut perlu dihindari:

1. Stres dan memaksakan diri

Proses persalinan dapat terjadi dengan panjang dan melelahkan, terutama saat proses mengejan. Namun, ibu hamil sebaiknya membiarkan proses tersebut berjalan secara alami dan tidak memaksakan diri.

Melawan dan terlalu memaksakan diri akan membuat Anda merasa lebih cepat lelah, dan proses persalinan normal pun dapat membuat Anda stres dan frustasi, sehingga akan kehabisan tenaga yang juga bisa berbahaya untuk janin.

Untuk mencegah stres, penting pula bagi Anda untuk memilih rumah sakit untuk melahirkan normal yang paling pas di hati. Hal ini membantu proses persalinan jadi lebih tenang.

2. Mengejan tidak teratur

Pastikan saat proses persalinan berlangsung, Anda mengikuti arahan dokter atau bidan ketika mengejan. Pasalnya, mengejan yang tidak teratur dapat membuat proses melahirkan bayi semakin sulit dan berbahaya.

3. Menahan napas

Selain mengejan, saat proses persalinan, Anda juga perlu bernapas dengan benar dan teratur. Hindari menahan napas atau bernapas pendek selama persalinan karena berisiko membuat Anda kekurangan oksigen yang bisa menyebabkan ibu hamil pingsan saat melahirkan.

Baca Juga

  • Suami-Istri Wajib Tahu, Perbedaan Operasi Caesar Cito dan Terencana
  • Inilah Tanda-tanda Persalinan Macet dan Faktor Penyebabnya
  • Manfaat dan Tips Aman Pijat Setelah Melahirkan

Jika Anda ingin berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan tips melahirkan normal lancar dan cepat selama menjalani persalinan, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQDownload aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

melahirkanpersalinanmelahirkan normal

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved