7 Tips agar Kuat Berdiri Lama saat Bekerja


Tips agar kuat berdiri lama saat bekerja meliputi menjaga postur tubuh yang baik, mengenakan alas kaki yang nyaman, menggunakan penyangga pinggang khusus, hingga menguatkan otot perut.

0,0
25 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu tips agar kuat berdiri lama adalah menjaga postur tubuh yang baikPekerjaan seperti kasir membutuhkan waktu berdiri yang lama
Banyak pekerjaan yang menuntut untuk berdiri dalam waktu lama, seperti pekerja pabrik atau pramuniaga. Tips agar kuat berdiri lama saat bekerja diperlukan agar kondisi ini tidak mempengaruhi kesehatan kaki dalam jangka panjang.
Dilansir dari WebMD, berdiri lebih dari lima jam sehari terbukti secara ilmiah dapat menyebabkan kelelahan berkepanjangan pada otot tungkai bawah. Untuk mengetahui tips agar kuat berdiri lama saat bekerja, mari kita simak ulasan berikut ini.

Tips agar kuat berdiri lama saat bekerja

Cara agar kuat berdiri lama umumnya berkaitan dengan menjaga kondisi kondisi, postur tubuh, hingga kaki tetap nyaman selama berdiri. Berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan.

1. Pertahankan postur yang baik

Menjaga postur tubuh yang baik merupakan hal penting supaya bisa berdiri lama saat bekerja. Rasa lelah bisa memicu kita untuk membungkuk atau menekuk punggung. bawah. Kondisi ini malah menempatkan lebih banyak tekanan pada otot dan persendian.Maka dari itu, cara menjaga postur yang baik bisa Anda lakukan dengan:
  • Buka kaki selebar pinggul dan berat badan harus merata pada kaki.
  • Hindari menempatkan berat badan pada tumit
  • Pertahankan otot perut dan berdiri dengan tegak
  • Dorong dagu sedikit ke belakang untuk menghindari postur kepala terlalu ke depan.

2. Pilih alas kaki yang tepat

Tips agar kuat berdiri lama saat bekerja berikutnya adalah memilih alas kaki yang tepat. Alas kaki memiliki peran penting dalam menjaga kaki tetap nyaman saat berdiri dalam waktu lama. Kenakan sepatu nyaman dengan ukuran yang tepat dan memiliki hak rendah.Sepatu yang terlalu sempit dan tidak nyaman dapat menyebabkan masalah sirkulasi darah pada kaki. Kondisi ini bisa menimbulkan kram, kesemutan, hingga mati rasa.

3. Kenakan kaus kaki atau stoking kompresi

Kompresi yang tepat dapat menjadi cara mengatasi kaki pegal karena terlalu lama berdiri. Pemakaian kaus kaki khusus atau stoking kompresi dinilai bermanfaat untuk membantu sirkulasi darah dan mengurangi kelelahan pada otot kaki.

4. Tetap bergerak

Cara menghilangkan capek di kaki sehingga Anda bisa berdiri lama dapat dilakukan dengan tetap bergerak.Jika tidak memungkinkan untuk bergerak bebas, Anda setidaknya dapat mencoba untuk memindahkan tumpuan berat badan dari satu kaki ke kaki lainnya. Cobalah melakukannya setiap 20 menit sekali.

5. Perkuat otot perut

Tips agar kuat berdiri lama saat bekerja selanjutnya adalah memperkuat otot perut dan memakai penyangga pinggang (semacam korset).Otot perut yang kuat dianggap membantu postur dan memberikan dukungan bagi seluruh tubuh. Sementara itu, penyangga pinggang dinilai bermanfaat dalam menyangga postur tubuh saat otot mulai lelah.

6. Penuhi kebutuhan cairan

Menjaga asupan cairan saat berdiri merupakan tips agar kuat berdiri lama saat bekerja yang sangat penting. Tubuh yang dehidrasi tentunya dapat mengalami kelelahan. Maka dari itu, siapkan botol air minum di dekat Anda dan minumlah secara teratur di sela-sela kerja.

7. Gunakan peralatan ergonomis

Tips berikutnya adalah menggunakan alat bantu ergonomis. Contohnya adalah bangku atau alas khusus untuk menopang kaki, yang dianggap sangat membantu menjaga kenyamanan kaki.

Bahaya berdiri terlalu lama

Meski bisa diantisipasi dengan langkah-langkah di atas, berdiri terlalu lama tetap berpotensi memiliki efek merugikan bagi kesehatan. Baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut adalah beberapa risiko berdiri terlalu lama yang bisa terjadi.
  • Gangguan jangka pendek, seperti kram kaki, nyeri leher, dan sakit punggung.
  • Mengalami kelelahan yang signifikan setelah bekerja.
  • Kelelahan otot yang masih terasa hingga setengah jam setelah selesai berdiri.
  • Ketegangan otot
  • Gangguan jangka panjang, seperti varises kronis.

Cara menghilangkan capek di kaki

Jika kaki terasa sakit karena berdiri terlalu lama, sebaiknya istirahatkan kaki terlebih dahulu. Cara menghilangkan capek di kaki dapat dilakukan dengan istirahat secara teratur atau mengubah posisi setiap 30 menit.Anda dapat bergerak sebentar atau melakukan latihan peregangan. Aktivitas fisik ini dinilai bermanfaat untuk meringankan kelelahan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini juga dapat menjadi cara melatih kaki agar kuat berdiri lama.Itulah tips agar kuat berdiri lama saat bekerja dan cara mengatasinya. Jika Anda mengalami nyeri atau pegal di kaki secara berkepanjangan, periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyakit kakikelelahan
Web MD. https://www.webmd.com/back-pain/news/20150728/standing-all-day-at-work-it-may-take-toll-on-health
Diakses 11 Oktober 2021
Scrubbing. https://scrubbing.in/7-tips-for-prolonged-standing/
Diakses 11 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait