Tips agar Cepat Tidur bagi Penderita Insomnia, Salah Satunya Minum Snoozzz


Bagi penderita insomnia, tips agar cepat tidur merupakan salah satu yang paling sering ditanyakan. Jika ingin tidur nyenyak, Anda bisa melakukan beragam cara, mulai dari relaksasi hingga mengonsumsi Snoozzz, suplemen yang dapat memicu rasa kantuk.

(0)
Tips agar cepat tidur salah satunya dengan mengonsumsi SnoozzzBuat suasana kamar nyaman dan minum Snoozzz dapat membantu Anda cepat tidur
Sulit tidur memang meresahkan, apalagi jika esoknya Anda masih harus bangun pagi dan bekerja. Akibatnya, Anda akan mengantuk dan sulit konsentrasi. Anda membutuhkan tips agar cepat tidur.Seperti yang dialami oleh Sinta (33), sejak pandemi dan bekerja dari rumah, ia justru mengalami insomnia. Jam tidur yang berantakan membuat produktivitas kerjanya menurun dan suasana hatinya menjadi buruk. Bila insomnia ini terjadi berkepanjangan atau lebih dari sebulan, Sinta rentan mengalami masalah kesehatan yang serius.Menurut National Institute of Health, insomnia kronis dapat meningkatkan risiko kesehatan mental maupun fisik, seperti: depresi, kecemasan, frustrasi, stroke, obesitas, diabetes melitus, tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Selain itu, insomnia juga dapat melemahkan imun tubuh dan meningkatkan risiko kematian.Bila Anda juga mengalami insomnia, penting untuk mengetahui tips agar cepat tidur berikut ini.

Tips agar cepat tidur

Para penderita insomnia biasanya akan berbaring di tempat tidur sembari bertanya-tanya kapan ia akan terlelap. Bila Anda termasuk salah satu di antaranya, tips agar cepat tidur berikut ini layak dicoba:

1. Buat suasana kamar senyaman mungkin

Pastikan kamar tidak terlalu panas tetapi juga tidak terlalu dingin. Suhu yang kurang tepat dapat mengganggu kenyamanan tidur. Setiap orang mungkin memiliki preferensi berbeda mengenai suhu yang pas untuk tidur. Namun, National Sleep Foundation merekomendasikan 16-20 derajat Celcius sebagai suhu yang tepat untuk tidur. Jangan lupa matikan lampu kamar tidur Anda. Kamar yang gelap akan memberi sinyal bagi tubuh dan otak untuk beristirahat karena sudah malam. Bila Anda takut gelap, Anda bisa menyalakan lampu tidur yang berukuran kecil dengan cahaya yang redup. 

2. Ciptakan pola tidur yang konsisten

Bila Anda tidur di jam-jam yang berbeda setiap harinya, maka ritme sirkadian tubuh pun akan terganggu. Ritme sirkadian tubuh dipengaruhi oleh jam biologis yang melepaskan hormon untuk tidur atau terjaga. Bila Anda menciptakan jam tidur yang konsisten, maka tubuh pun bisa memprediksi kapan harus merasa ngantuk.

3. Lakukan relaksasi sebelum tidur

Salah satu tips agar cepat tidur adalah melakukan meditasi
Meditasi sebelum tidur dapat meningkatkan kadar melatonin
Anda bisa mandi air hangat sebelum tidur agar tubuh rileks dan siap tidur. Air hangat membantu tubuh menurunkan suhunya yang kemudian menjadi sinyal bagi otak untuk tidur. Sebuah studi menemukan bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, Anda juga bisa melakukan yoga dan meditasi sebagai bentuk relaksasi sebelum tidur. Gerakan yoga akan mendorong Anda untuk bernapas lebih dalam sehingga tubuh pun dapat melepaskan stres dan ketegangan yang menumpuk. Sementara meditasi dapat meningkatkan kadar melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam proses tidur. 

4. Hindari konsumsi kopi

Kafein, termasuk yang terkandung dalam kopi, dapat menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Hal ini tentu saja dapat mengganggu pola tidur Anda. Sebaiknya, hindari mengonsumsi kopi setidaknya 4 jam sebelum waktu tidur. Bagi sebagian orang, minum kopi di pagi atau siang hari pun dapat menyebabkan gangguan tidur saat malam. Oleh sebab itu, tips agar cepat tidur adalah dengan tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

5. Jangan tidur siang

Tidur siang lebih dari 2 jam akan mengganggu ritme sirkadian tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sekelompok mahasiswa menemukan bahwa mereka yang tidur siang tiga kali seminggu dan lebih dari dua jam setiap kalinya memiliki kualitas tidur malam yang buruk ketimbang teman-temannya yang tidak tidur siang.Memang rasanya menggoda untuk tidur sebentar saja di siang hari, terutama bila Anda terjaga semalaman akibat insomnia. Namun, hal tersebut justru akan mengganggu siklus tidur malam Anda. 

6. Olahraga

Saat pagi hari, usahakan untuk bergerak agar dapat membantu tidur lebih cepat saat malam. Olahraga menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Anda dapat memilih olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang seperti jalan kaki, jogging, lari, berenang, bersepeda, atau bermain tenis.

7. Minum suplemen

Beberapa suplemen dapat membantu Anda agar cepat tidur. Salah satunya adalah Snoozzz dari Jamu Jago yang telah mengembangkan suplemen baru untuk cepat tidur yang aman. Suplemen ini mendorong untuk tidur dengan cara meningkatkan hormon pemicu rasa kantuk atau dengan menenangkan aktivitas otak. Snoozzz mengandung bahan-bahan alami untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan. Jamu Jago 

Apa saja suplemen herbal untuk insomnia?

Pola tidur yang baik membutuhkan komitmen dan kesabaran. Sayangnya, bagi sebagian orang, tips agar cepat tidur saja tidak cukup. Beberapa orang membutuhkan suplemen herbal untuk insomnia yang dapat membantu mereka tidur lebih cepat. Berikut ini herbal untuk insomnia yang bisa Anda pertimbangkan:
  • Akar Valerian

Valerian adalah tanaman bunga herbal yang banyak terdapat di Eropa dan Asia. Akarnya biasanya digunakan dalam pengobatan alami untuk mengatasi gejala kecemasan, depresi, dan menopause. Akar Valerian juga merupakan salah satu suplemen herbal untuk insomnia yang umum digunakan di Amerika Serikat dan Eropa.Menurut sebuah uji coba acak terkontrol, gejala gangguan tidur pada wanita menopause dan pascamenopause berkurang setelah mengonsumsi akar valerian. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa mengonsumsi 300-900 mg akar Valerian tepat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasikan temuan ini. Terlepas dari itu, mengonsumsi akar Valerian dalam jangka pendek bagi orang dewasa dapat dipertimbangkan mengingat potensi manfaatnya.
  • Pala

Rempah yang satu ini banyak direkomendasikan sebagai herbal untuk insomnia. Menambahkan sejumput bubuk pala ke dalam susu hangat disebut-sebut dapat membantu agar cepat tidur. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak pala dapat membantu meningkatkan durasi tidur nyenyak. Meski memiliki potensi manfaat yang baik bagi penderita insomnia, masih dibutuhkan studi lebih lanjut yang dilakukan pada manusia.
  • Peppermint

Teh peppermint merupakan minuman yang cocok dikonsumsi sebelum tidur karena tidak mengandung kafein dan memiliki aroma yang menenangkan. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa peppermint dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Snoozzz, solusi cepat tidur dari Jamu Jago

Suplemen Snoozzz dari Jamu Jago untuk membantu cepat tidur
Jika Anda mencari suplemen herbal untuk insomnia yang aman dikonsumsi, Anda bisa mencoba Snoozzz dari Jamu Jago, yang telah berkecimpung dalam industri jamu selama lebih dari 100 tahun. Jamu Jago menjawab permasalahan Anda yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia dengan mengembangkan produk sleep support berbahan alami.Kandungan utama Snoozzz adalah akar Valerian yang berkhasiat untuk menenangkan, mengurangi ketegangan akibat stres, dan membantu tubuh tidur lebih cepat. Selain akar Valerian, Snoozzz juga diformulasikan dengan bahan-bahan alami seperti pala, kencur, serta daun mint sehingga kualitas tidur terjaga dan bangun pagi dalam keadaan lebih segar.Sebagai suplemen alami, Snoozzz aman dikonsumsi secara berkala karena tidak membuat ketergantungan. Snoozzz juga tidak mengandung zat aditif atau tambahan seperti pewarna, perasa, maupun zat kimia lainnya. Snoozzz tidak melakukan uji coba produk pada hewan dan produknya sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Bila Anda mengalami insomnia berkepanjangan, Anda bisa mencoba Snoozzz dan menerapkan tips agar cepat tidur di atas. 
waktu tidursuplemengangguan tidurinsomniaherbaladv snoozzz
Healthline. https://www.healthline.com/health/insomnia-concerns
Diakses pada 13 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-fall-asleep#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 13 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/peppermint-tea#TOC_TITLE_HDR_9
Diakses pada 13 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sleep-aids#valerian-root
Diakses pada 13 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322928
Diakses pada 13 November 2020
National Sleep Foundation. https://www.thensf.org/sleep-tips/
Diakses pada 13 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25397662/
Diakses pada 13 November 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/nutmeg.html
Diakses pada 13 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait