Tips agar Badan Berkeringat yang Bisa Anda Lakukan di Rumah


Jika Anda termasuk orang yang sulit berkeringat, ada sejumlah tips agar badan berkeringat yang bisa Anda lakukan, di antaranya memenuhi kebutuhan cairan, tidur yang cukup, perhatikan suhu ruangan, mengenakan pakaian ekstra, hingga mengonsumsi makanan pedas.

0,0
11 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu tips agar badan berkeringat adalah memenuhi kebutuhan cairan sehari-hariMemenuhi kebutuhan cairan dapat membantu Anda berkeringat
Pada sebagian orang, berkeringat merupakan hal yang sulit dilakukan. Padahal fungsi utama berkeringat adalah menjaga keseimbangan kondisi tubuh (homeostasis). Keseimbangan ini mempunyai peran krusial dalam menjaga suhu tubuh tetap normal dan sel-sel tubuh berfungsi dengan baik. Jika Anda termasuk orang yang sulit berkeringat, ada sejumlah tips agar badan berkeringat yang bisa Anda lakukan.

Penyebab sulit berkeringat

Ada banyak faktor yang membuat seseorang berkeringat lebih banyak ataupun sedikit. Kebanyakan dari faktor-faktor ini pun merupakan merupakan hal yang normal.Meskipun demikian, ada pula sebagian faktor yang dapat menyebabkan penderitanya sulit berkeringat sehingga harus dicari cara untuk mengatasinya. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang sulit berkeringat, di antaranya:
  • Genetik.
  • Status hidrasi tubuh, misalnya sudah cukup minum air atau belum.
  • Kesiapan tubuh untuk berolahraga. Semakin terkondisi tubuh Anda untuk berolahraga, semakin cepat produksi keringat bisa ditingkatkan untuk membuat Anda tetap dingin saat berolahraga.
  • Mengalami hipohidrosis (anhidrosis), yakni gangguan kesehatan kronis yang ditandai dengan tidak cukup berkeringat atau sulit mengeluarkan keringat akibat kelenjar keringat tidak berfungsi secara normal.
Hipohidrosis adalah kondisi gangguan kelenjar keringat yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Sebagian kasusnya mungkin dapat diatasi dengan berbagai tips agar badan berkeringat, tetapi sebagian lainnya bisa saja disebabkan kondisi-kondisi medis yang memerlukan penanganan ahli.

Tips agar badan berkeringat

Jika Anda selama ini merasa tidak banyak berkeringat, Anda dapat melakukan beberapa tips agar badan berkeringat berikut ini.

1. Memenuhi kebutuhan cairan

Kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab tubuh kekurangan atau kesulitan berkeringat. Maka dari itu, cara mengatasi badan susah berkeringat yang utama adalah memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik.Minum air putih atau cairan lainnya secara rutin setiap harinya. Dilansir dari U.S. National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, rata-rata kebutuhan cairan harian bagi laki-laki adalah sebanyak 3,7 liter dan 2,7 liter untuk wanita.

2. Tidur yang cukup

Kurang tidur berpotensi memberikan efek negatif terhadap jumlah keringat karena mengganggu sistem saraf otonom, yang salah satu fungsinya mengontrol keringat.  Maka dari itu, tips agar badan berkeringat yang perlu Anda lakukan dalam terkait masalah ini adalah tidur yang cukup setiap malamnya. Cobalah untuk tidur setidaknya 7-9 jam.

3. Perhatikan suhu ruangan

Berolahraga memang bisa menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan keringat. Akan tetapi, jika Anda berolahraga di ruangan ber-AC, keringat biasanya keluar lebih lama.Jika Anda memiliki termostat (alat untuk mengatur suhu ruangan) di rumah, Anda bisa menaikkan suhu ruangan beberapa derajat lebih tinggi sebagai cara mengeluarkan keringat. Anda juga bisa berolahraga di luar rumah saat cuaca sedang panas untuk memicu keringat keluar.

4. Menambah intensitas dan durasi latihan

Tips agar badan berkeringat selanjutnya adalah memperpanjang durasi latihan Anda. Durasi latihan yang lama dapat membuat suhu tubuh meningkat dan berkeringat lebih banyak.Selain itu, melakukan latihan dengan intensitas lebih tinggi juga dapat mendorong tubuh untuk mengeluarkan keringat lebih banyak keringat.

5. Mengenakan pakaian berlapis

Cara mengatasi badan susah berkeringat selanjutnya adalah mengenakan pakaian yang berlapis-lapis.Lapisan pakaian ekstra dapat membuat suhu inti tubuh Anda meningkat sekaligus mempertahankannya. Kondisi ini dapat mengaktifkan kelenjar keringat Anda sehingga memicu keringat keluar.

6. Mengonsumsi makanan pedas

Makanan pedas juga termasuk tips agar badan berkeringat. Cabai, yang merupakan bahan utama makanan pedas, mengandung zat capsaicin yang dapat memicu saraf sehingga membuat suhu tubuh meningkat dan menghasilkan keringat.

Manfaat berkeringat bagi tubuh Anda

Wanita berkeringat
Ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berkeringat
Apabila suhu tubuh naik terlalu tinggi, kondisi ini dapat berbahaya bagi sel-sel di dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh berusaha mencegahnya dengan mengeluarkan keringat sebagai salah satu mekanisme utama untuk mendinginkan suhu tubuh.Berkeringat menguapkan kelembapan pada permukaan kulit dan mendinginkannya saat suhu tubuh inti Anda terlalu tinggi. Sehingga, jika Anda sulit berkeringat, tidak ada salahnya untuk melakukan berbagai tips agar badan berkeringat di atas supaya fungsi keringat ini bisa Anda dapatkan.Selain itu, ada sejumlah manfaat berkeringat yang perlu Anda ketahui, di antaranya:
  • Detoksifikasi logam berat. Logam berat banyak ditemukan pada urine dan keringat. Maka dari itu, berkeringat bisa menjadi cara potensial untuk detoksifikasi logam berat.
  • Eliminasi bahan kimia. Keringat juga dapat menjadi cara membuang bahan kimia beracun, seperti BPA dan PCB jenis tertentu, dari dalam tubuh Anda.
  • Bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Jika Anda berkeringat lewat aktivitas fisik atau berolahraga, tentunya Anda juga dapat merasakan berbagai manfaat dari aktivitas fisik tersebut.
  • Pembersihan bakteri. Berkeringat juga terbukti secara ilmiah dapat membantu mengikat bakteri dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
Sebelum melakukan tips agar badan berkeringat di atas, pastikan kondisi kesehatan Anda baik-baik saja. Jika cara mengatasi badan susah berkeringat tersebut tidak membuahkan hasil terutama setelah Anda beraktivitas, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips olahragakeringat
Healthline. https://www.healthline.com/health/sweating-benefits
Diakses 5 September 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/healthy-living/fitness/why-some-people-seem-to-never-sweat-when-they-work-out-and-when-its-a-problem/.
Diakses 5 September 2021
GQ. https://www.gq.com/story/new-rules-of-sweat-workouts-payoffs
Diakses 5 September 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256#
Diakses 5 September 2021
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/sweat-how-food-affects
Diakses 5 September 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/462150-how-to-sweat-more-in-quick-exercises/
Diakses 5 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait