Tipe-Tipe Hubungan Interpersonal dan Manfaatnya bagi Anda


Hubungan interpersonal memiliki beberapa tipe, misalnya keluarga, persahabatan, hingga romantis. Hubungan ini juga memiliki manfaat bagi Anda, yakni membantu memenuhi kebutuhan fisik dan emosional hingga membuat seseorang merasa seimbang dan sehat secara mental

(0)
30 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu tipe hubungan interpersonal adalah hubungan persahabatanPersahabatan merupakan salah satu tipe hubungan interpersonal
Hubungan interpersonal didefinisikan sebagai asosiasi sosial, koneksi, atau afiliasi antara dua orang atau lebih. Hubungan tersebut dapat memiliki tingkat keintiman dan tingkat berbagi yang berbeda.Hubungan interpersonal menyiratkan proses penemuan atau pembentukan kesamaan pengertian antara orang-orang yang berinteraksi. Hubungan ini juga dapat berpusat pada kesamaan terhadap sesuatu, misalnya suku hingga hobi.

Tipe-tipe hubungan interpersonal

Kuat dan dalamnya sebuah hubungan interpersonal dapat berbeda bagi setiap individu. Semuanya tergantung dengan siapa hubungan tersebut terjalin, ekspektasi dari orang-orang yang terlibat, serta konteks dari terjalinnya hubungan tersebut.Berikut adalah sejumah tipe hubungan interpersonal yang bisa kita temukan dalam keseharian.

1. Hubungan keluarga

Hubungan keluarga merupakan hubungan interpersonal yang dibangun oleh orang-orang yang memiliki hubungan darah atau dihubungkan melalui pernikahan. Hubungan ini biasanya merupakan jenis hubungan interpersonal pertama yang dimiliki individu.Pihak-pihak yang termasuk dalam hubungan keluarga, yakni suami, istri, orangtua, kakak, adik, kakek, nenek, mertua, paman, dan sebagainya.

2. Hubungan persahabatan

Persahabatan adalah hubungan interpersonal tanpa syarat di mana para individu terlibat atas kemauan mereka sendiri. Tidak ada formalitas dalam hubungan ini dan individu-individu yang terlibat menikmati kehadiran satu sama lain.Seseorang hanya dapat menjalin persahabatan dengan orang-orang yang memiliki tingkat kecocokan tinggi. Bagi sebagian orang, hubungan persahabatan bisa jadi lebih penting dari hubungan keluarga atau hubungan romantis.

3. Hubungan romantis

Hubungan romantis merupakan hubungan interpersonal yang ditandai dengan adanya perasaan tertarik, gairah, keintiman, kepercayaan, dan rasa hormat. Individu yang terlibat dalam hubungan romantis umumnya terikat satu sama lain dan memiliki ikatan khusus.Untuk mempertahankan hubungan romantis, pasangan yang menjalaninya harus membalas perasaan satu sama lain. Mereka juga harus sama-sama saling berkompromi dan menyesuaikan diri sehingga hubungan dapat bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama.

4. Hubungan kerja (profesional)

Hubungan kerja atau profesional adalah hubungan interpersonal yang terjalin karena berada dalam organisasi yang sama. Individu yang terlibat di dalamnya bisa juga disebut dengan rekan kerja atau kolega.Hubungan ini terbentuk karena adanya tujuan yang sama. Sesama kolega atau rekan kerja bisa jadi saling menyukai atau sebaliknya.

5. Hubungan platonik

Hubungan platonik adalah hubungan antara dua individu tanpa perasaan intim pada satu sama lain. Hubungan ini dapat ditemukan pada orang-orang yang berhubungan sebatas kenalan atau teman tanpa ada ketertarikan lebih dalam.Hubungan platonik bisa saja berkembang menjadi hubungan yang lebih intim, seperti persahabatan atau hubungan romantis.

Manfaat hubungan interpersonal

Manusia merupakan makhluk sosial. Menjalin hubungan dan saling bergantung pada satu sama lain merupakan fitrah manusia.Selain untuk memenuhi kebutuhan alami akan hubungan sosial, hubungan interpersonal juga membawa banyak manfaat bagi individu-individu yang terlibat di dalamnya.Berikut adalah sejumlah manfaat hubungan interpersonal:
  • Dapat membantu memenuhi kebutuhan fisik dan emosional
  • Membuat seseorang merasa seimbang dan sehat secara mental
  • Membantu melewati masa-masa sulit karena Anda mengetahui bahwa orang-orang dalam hubungan tersebut akan memberikan dukungan
  • Berfungsi sebagai jaringan pendukung karena adanya rasa saling percaya
  • Saling memengaruhi satu sama lain untuk mendorong mencapai suatu tujuan
  • Dapat menjadi arah, panutan, atau refleksi diri sehingga membantu melihat lebih jelas saat melakukan sesuatu dan saat berusaha membuat pilihan terbaik
  • Pemberi semangat dalam menjalani berbagai hal dalam kehidupan
  • Dapat membantu menemukan dan meraih tujuan hidup
  • Membantu bertahan dalam menjalani kehidupan.
Terdapat kaitan yang erat antara menjalin hubungan interpersonal dengan kesehatan emosional. Oleh karena itu, penting untuk selalu dikelilingi oleh orang-orang yang dapat memberi dukungan dan membawa kebahagiaan serta kenyamanan pada diri Anda.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
persahabatanmenjalin hubungan
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/terms/interpersonal_relationship.htm
Diakses 16 November 2020
Management Study Guide. https://www.managementstudyguide.com/types-of-interpersonal-relationships.htm
Diakses 16 November 2020
Greatist. https://greatist.com/connect/interpersonal-relationships
Diakses 16 November 2020
Marriage. https://www.marriage.com/advice/relationship/interpersonal-relationships/
Diakses 16 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/interpersonal-relationships
Diakses 16 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait