Tingkatkan Kekebalan Tubuh Saat Pandemi Covid-19 dengan Minum Yogurt

Manfaat minum yogurt adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengatasi gangguan pencernaan
Minum yogurt setiap hari dapat melindungi sistem pencernaan sekaligus menjaga imunitas tubuh di masa pandemi corona

Hingga kini, kita tidak tahu kapan pandemi corona akan berakhir karena belum ditemukannya vaksin maupun obat untuk mengatasi Covid-19. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan tetap menjaga kesehatan dan kebersihan.

Meski sudah dua bulan berada #dirumahaja, Anda tetap harus memerhatikan kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, cukup tidur, dan tetap aktif bergerak. Salah satu makanan sehat yang sedang naik daun dan menjadi pilihan banyak orang di tengah pandemi Covid-19 ini adalah yogurt. Selain rasanya yang memang menjadi favorit segala usia, sajian yang satu ini tersedia dalam berbagai kemasan yang memudahkan konsumsinya. 

Nah, kalau Anda sedang bingung mencari variasi menu sehat untuk menjaga kekebalan tubuh, yogurt boleh dipertimbangkan. Lantas, apa saja manfaat minum yogurt untuk kesehatan?

Nutrisi yang bisa didapat dari minum yogurt

Yogurt telah dikenal sejak dulu sebagai produk fermentasi susu yang menyehatkan. Ada berbagai nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari minum yogurt, di antaranya:

  • Protein

Kandungan protein pada yogurt cenderung lebih tinggi dibandingkan pada susu bubuk. Protein dalam yogurt adalah whey maupun kasein, yang keduanya bernutrisi, mengandung asam amino, serta mudah dicerna.

  • Karbohidrat

Karbohidrat dalam yogurt terdiri atas laktosa dan galaktosa. Namun, kandungan laktosa dalam yogurt lebih rendah bila dibandingkan dengan laktosa pada susu. Hal ini disebabkan karena bakteri baik dalam proses fermentasi yogurt memecah laktosa.

  • Lemak

Jumlah lemak pada yogurt bergantung pada jenis susu yang digunakan. Yogurt dapat dibuat dari susu murni, susu rendah lemak, atau susu bebas lemak atau non-fat

  • Vitamin dan Mineral

Yogurt mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun kandungan vitamin dan mineral ini bisa berbeda, tergantung jenis bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi. Secara umum, yogurt mengandung vitamin B12, kalsium, fosfor, dan juga riboflavin.

Yogurt juga merupakan sumber asupan tinggi probiotik atau bakteri baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Tak hanya itu, yogurt pun memiliki rasa yang lezat karena umumnya terdiri dari berbagai varian rasa buah.

Kapan waktu terbaik minum yogurt?

Menambahkan buah-buahan membuat yogurt lebih segar dan lezat

Menurut dr. Reni Utari, Medical Editor SehatQ, pada dasarnya yogurt boleh dikonsumsi setiap hari. Anda disarankan untuk mengonsumsinya maksimal tiga cangkir per hari untuk mendapatkan manfaat minum yogurt yang optimal.

Yogurt cocok dikonsumsi baik pagi maupun malam hari. Mengonsumsi yogurt di pagi hari, terutama ketika perut masih dalam keadaan kosong, dapat meningkatkan kadar hormon yang mengatur rasa kenyang sehingga membuat Anda tidak makan berlebihan nantinya.

“Boleh saja minum yogurt di malam hari untuk membantu tidur nyenyak. Kandungan kalsium dalam yogurt membantu tubuh memproduksi hormon melatonin supaya kualitas tidur kita tetap terjaga dengan baik,” ujar dr. Reni.

Mengenai rasanya yang asam, dokter Reni mengatakan bahwa sebenarnya yogurt aman untuk lambung. Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt justru dapat mengatasi gangguan di lambung dan saluran pencernaan.  

Beberapa ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi probiotik dalam keadaan perut kosong, namun ada pula yang menyarankan dikonsumsi setelah makan. Dokter Reni pun menambahkan bahwa pada dasarnya mikroorganisme yang digunakan dalam probiotik dapat bertahan hidup dalam berbagai kondisi pada lambung dan usus, namun lebih baik bila mengonsumsinya dengan makanan. 

“Sebuah penelitian menyatakan bahwa tingkat kelangsungan hidup mikroorganisme dalam probiotik meningkat ketika dikonsumsi bersamaan dengan oatmeal dan susu rendah lemak dibanding ketika mengonsumsi probiotik dengan air,” tutur dokter Reni.

Selain itu, disarankan pula untuk memilih yogurt yang tidak memiliki kandungan gula tinggi dan bebas lemak. Tambahkan buah-buahan sebagai topping, seperti anggur, strawberry, pisang maupun blueberry agar lebih sehat dan lezat. Namun, Anda juga dapat membeli produk yogurt yang memang telah mengandung buah-buahan tersebut.

Bagi orang yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu, seperti intoleransi laktosa dan alergi susu, disarankan untuk tidak mengonsumsi yogurt.

Manfaat minum yogurt setiap hari

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, sayang bila Anda melewatkan waktu untuk minum yogurt apalagi di masa pandemi yang mengharuskan imunitas tubuh tetap kuat. Minum yogurt juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, maka Anda akan rentan terkena berbagai infeksi dan penyakit. Namun, minum yogurt yang kaya akan probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Selain itu, magnesium, selenium, dan zinc yang terdapat di dalamnya juga memainkan peran dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Yogurt tinggi akan protein dan kalsium yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dalam yogurt, seperti lactobacillus, dapat melindungi saluran usus dari gangguan pencernaan, seperti IBS, diare, sembelit, infeksi Helicobacter pylori, dan lainnya.

3. Menjaga kesehatan tulang

Salah satu manfaat minum yogurt yang tak kalah penting, yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa yogurt membantu mencegah osteoporosis yang kerap terjadi pada orang tua. 

4. Menurunkan tekanan darah

Studi menunjukkan bahwa minum yogurt secara teratur dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Memiliki tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama terkena penyakit jantung.

5. Membantu menurunkan berat badan

Protein dan kalsium yang terkandung dalam yogurt dapat meningkatkan hormon penurun nafsu makan sehingga akan membantu Anda menurunkan berat badan. Beberapa penelitian pun menemukan bahwa mengonsumsi yogurt secara teratur telah dikaitkan dengan berat badan dan lingkar pinggang yang lebih rendah.

6. Meredakan infeksi vagina

Infeksi jamur vagina menjadi masalah umum yang terjadi pada wanita penderita diabetes. Sebuah penelitian kecil pun melaporkan bahwa wanita penderita diabetes yang terkena infeksi jamur vagina menunjukkan perbaikan setelah minum yogurt setiap hari. 

7. Menurunkan kolesterol

Selain menyehatkan pencernaan, probiotik dalam yogurt juga ternyata dapat membantu menurunkan kolesterol. Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan Anda terkena berbagai penyakit kardiovaskular yang mengancam jiwa.

8. Berpotensi mencegah kanker

Menurut sebuah studi dalam European Journal of Cancer Prevention, minum yogurt dapat membantu mengurangi risiko kanker tenggorokan dan kerongkongan. Dari 959 sukarelawan yang disurvei dalam penelitian ini, peserta yang mengonsumsi yogurt secara teratur memiliki risiko sepertiga lebih rendah untuk terkena kanker saluran pencernaan bagian atas.

9. Memperbaiki suasana hati

Yogurt dipercaya dapat memperbaiki suasana hati. Dalam sebuah studi dari UCLA’s Gail and Gerald Oppenheimer Family Center for Neurobiology of Stress, para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua porsi yogurt setiap hari selama 4 minggu menunjukkan kontrol emosi yang lebih baik dan lebih sedikit kecemasan ketika menghadapi situasi emosional. 

10. Mendorong fungsi otak

Probiotik yang terkandung dalam yogurt dapat memengaruhi fungsi otak. Para peneliti mencatat bahwa probiotik memiliki potensi untuk membantu mendorong fungsi kognitif pada penderita Parkinson, Alzheimer, dan autisme. 

11. Meningkatkan kualitas tidur

Di tengah pandemi ini, banyak orang yang cenderung mengalami insomnia. Guna mengatasi hal tersebut, tubuh memerlukan kalsium untuk menghasilkan hormon melatonin agar kualitas tidur dapat terjaga dengan baik. Yogurt pun memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan camilan pada malam hari supaya kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Selalu jaga kesehatan tubuh dalam kondisi apa pun, jangan sampai imun yang turun malah membuat Anda rentan terinfeksi. Cobalah untuk rutin minum yogurt agar tubuh lebih kuat dalam menghadapi pandemi ini.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/yogurt#probiotics
Diakses pada 13 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-yogurt#section5
Diakses pada 13 Mei 2020

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/best-foods-boost-immune-system-4020423
Diakses pada 13 Mei 2020

Web MD. https://www.healthline.com/nutrition/foods/yogurt#benefits
Diakses pada 13 Mei 2020

Artikel Terkait