Untuk memantau tumbuh kembang bayi, Anda harus mengetahui panjang bayi ideal sepanjang tahun pertamanya
Anda perlu mengetahui tinggi bayi ideal di tahun pertama, untuk memantau tumbuh kembangnya.

Tinggi bayi atau panjang bayi, diukur dari bagian atas kepala hingga tumit kaki. Tinggi badan bayi juga berarti panjang tubuh bayi. Hanya saja, tinggi badan diukur ketika bayi berdiri. Sementara itu, panjang bayi diukur dalam posisi terlentang.

Tinggi badan bayi rata-rata pada saat dilahirkan genap berusia 40 minggu, adalah sekitar 50 cm, dengan kisaran antara 45,7-60 cm. Untuk mengetahui tinggi ideal bayi berdasarkan usianya, simak penjelasan di bawah ini.

Bulan 1-12: Tinggi Bayi Rata-Rata pada Tahun Pertama

Tabel di bawah ini menggambarkan tinggi badan bayi secara rata-rata, untuk bayi perempuan dan bayi laki-laki, dalam tahun pertamanya sesuai data WHO.

Jika bayi Anda berada dalam kisaran 50 persentil (rata-rata), maka ini artinya 50 persen dari bayi yang baru lahir, lebih pendek dibandingkan dengan bayi Anda, dan 50 persen bayi baru lahir lainnya, lebih panjang. Berikut ini tabel tinggi bayi berdasarkan usia dan jenis kelaminnya.

Tabel Tinggi Bayi Berdasarkan Usianya

Usia

Tinggi rata-rata untuk bayi laki-laki

Tinggi rata-rata untuk bayi perempuan

Lahir

49.9 cm

49.1 cm

1 bulan

54.7 cm

53.7 cm

2 bulan

58.4 cm

57.1 cm

3 bulan

61.4 cm

59.8 cm

4 bulan

63.9 cm

62.1 cm

5 bulan

65.9 cm

64 cm

6 bulan

67.6 cm

65.7 cm

7 bulan

69.2 cm

67.3 cm

8 bulan

70.6 cm

68.7 cm

9 bulan

72 cm

70.1 cm

10 bulan

73.3 cm

71.5 cm

11 bulan

74.5 cm

72.8 cm

12 bulan

75.7 cm

74 cm

 

Pertumbuhan Tinggi Bayi pada Tahun Pertama

Rata-ratanya, tinggi badan bayi akan bertambah 1,5-2,5 cm setiap bulan sejak dilahirkan, hingga berusia 6 bulan. Selanjutnya, bayi berumur 6-12 bulan, akan tumbuh sekitar 1 cm per bulan.

Pemantauan oleh Dokter

Dokter akan mengukur tinggi bayi dan berat badan bayi pada jadwal pemeriksaan rutin bulanan, untuk memastikan standar pertumbuhan yang ideal. Bayi juga bisa mengalami pertumbuhan pesat (growth spurt), terutama pada saat berusia:

  • 10-14 hari
  • 5-6 minggu
  • 3 bulan
  • 4 bulan

Saat mengalami masa pertumbuhan pesat, bayi mungkin menjadi lebih rewel dan ingin menyusui. Masa pertumbuhan ini bisa berlangsung selama seminggu.

Target Pertumbuhan Bayi

Pengukuran tinggi badan bayi, penting untuk mengetahui pertumbuhan anak, walaupun dokter mungkin akan lebih memperhatikan pertumbuhan berat badan anak. Bayi sudah harus berhasil menaikkan berat badan lahirnya hingga 2 kali, pada usia 5 bulan, dan 3 kali pada usia 1 tahun.

Jika Anda mencurigai adanya masalah pertumbuhan tinggi bayi, segera konsultasikan pada dokter, demi memastikan kesehatan bayi. Jika dibutuhkan, maka dokter spesialis akan mengecek keseluruhan kesehatan bayi baik tes darah, X-ray, scan tubuh atau otak, untuk memastikan tidak ada kendala pada pertumbuhan bayi.

Prediksi Tinggi Badan Anak Saat Dewasa

Cukup sulit untuk memprediksi tinggi anak, saat dia beranjak dewasa nantinya. Jika nanti bayi tumbuh besar, Anda bisa memprediksi tingginya, dengan cara menggandakan tinggi bayi laki-laki pada usia 2 tahun, dan tinggi bayi perempuan pada usia 18 bulan. Anda pun bisa menggunakan kalkulator tinggi potensi genetik dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), untuk memprediksi tinggi anak ketika dewasa.

Selain memastikan tinggi bayi yang ideal, orangtua juga harus memastikan berat badan bayi yang sehat. Konsultasikan kesehatan bayi secara berkala pada dokter untuk memastikan kesehatan bayi secara total.

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/average-baby-length
Diakses pada 22 Februari 2019

Ikatan Dokter Anak Indonesia. http://www.idai.or.id/professional-resources/growth-chart/kalkulator-tinggi-potensi-genetik
Diakses pada 22 Februari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed