Tinggi Magnesium dan Serat, Ini Kandungan Buah Naga yang Membuatnya Bernutrisi

(0)
25 Jun 2020|Azelia Trifiana
Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkankandungan buah naga kaya akan nutrisi yang menyehatkan
Baik yang daging buahnya berwarna merah maupun putih, buah naga adalah salah satu sumber nutrisi lengkap yang layak dikonsumsi. Bentuk buah naga sangat unik, dengan rasa sedikit manis perpaduan antara kiwi dan pear. Kandungan buah naga yang membuatnya sangat bernutrisi datang dari magnesium dan serat di dalamnya.Buah naga awalnya berasal dari Meksiko dan negara-negara Amerika Tengah. Namun sekarang, buah naga mudah ditemukan di mana saja dengan harga cukup terjangkau. Buah ini juga aman dikonsumsi siapapun mulai dari anak-anak berusia 6 bulan yang baru berkenalan dengan makanan pendamping ASI sekalipun.

Kandungan buah naga

Dalam 100 gram buah naga, kandungan nutrisi di dalamnya adalah:
  • Kalori: 60
  • Protein: 1,2 gram
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 3% AKG
  • Zat besi: 4% AKG
  • Magnesium: 10% AKG
Kandungan buah naga yang paling menonjol adalah serat dan magnesium, membuatnya menjadi salah satu buah yang sangat bernutrisi. Selama tidak ada reaksi alergi, aman-aman saja mengonsumsi buah naga setiap harinya.

Buah naga kaya antioksidan

Tidak tanggung-tanggung, buah naga mengandung tiga jenis antioksidan sekaligus. Antioksidan ini penting karena bisa menangkal paparan zat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis. Apa saja kandungan antioksidan di dalamnya?
  • Betalains

Kandungan antioksidan betalains berkontribusi terhadap warna merah pada daging buah naga. Warna pigmen merah ini mencegah kolesterol jahat (LDL) agar tidak mengalami oksidasi, terutama jika bereaksi dengan zat radikal bebas.
  • Hydroxycinnamates

Kandungan antioksidan hydroxycinnamates bertindak sebagai anti-kanker, teruji dalam uji laboratorium terhadap binatang dan uji tabung reaksi
  • Flavonoids

Antioksidan ketiga dalam buah naga adalah flavonoids yang memicu kesehatan otak dan mengurangi risiko seseorang mengalami penyakit jantungSelain itu, uji laboratorium terhadap binatang lainnya juga menunjukkan buah naga bisa menurunkan resistansi insulin dan hati berlemak pada tikus. Dalam penelitian itu, tikus yang diberi ekstrak buah naga mengalami pertambahan berat badan lebih sedikit. Kondisi hati berlemak, resistansi insulin, dan juga inflamasi padanya juga membaik.Dalam kaitannya dengan sistem pencernaan, kandungan buah naga berupa serat prebiotik sangat baik untuk pertumbuhan bakteri baik di pencernaan. Secara umum, dapat meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh.

Adakah reaksi alergi?

Secara umum, buah naga termasuk jenis yang aman dikonsumsi siapapun, bahkan bayi berusia 6 bulan sekalipun. Laporan tentang reaksi alergi pernah ada, namun sangat jarang terjadi.
Ada dua kasus perempuan yang mengalami reaksi anaphylactic atau reaksi alergi berat mendadak ketika mengonsumsi beberapa jenis buah, termasuk buah naga. Dalam pemeriksaan lebih lanjut, ternyata antibodi perempuan ini bereaksi melawan kandungan buah naga dalam darahnya.Meskipun reaksi alergi terhadap buah naga jarang terjadi, tetap perlu waspadai terutama bagi yang baru mencoba pertama kali. Konsumsi dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui adakah reaksi alergi yang muncul dalam periode 12-24 jam kemudian.Buah naga sangat mudah dikonsumsi, bisa dimakan langsung setelah dikupas, dicampur dalam salad buah, atau dijadikan campuran saat membuat smoothies. Buah naga merah memiliki rasa lebih dominan ketimbang yang putih, pilih saja yang paling sesuai dengan selera Anda.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit
Diakses pada 12 Juni 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15447903/
Diakses pada 12 Juni 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/dragon-fruit-calories-carbs-nutrition-facts-4172559
Diakses pada 12 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait