Tinggi dan Berat Badan Ideal Remaja 15 Tahun yang Perlu Diketahui

(0)
07 May 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tinggi dan berat badan ideal remaja 15 tahun harus diperhatikan orangtuaPertumbuhan dan perkembangan remaja perlu diperhatikan
Memasuki usia 15 tahun, berat dan tinggi badan remaja umumnya semakin bertambah. Karena pertumbuhan masing-masing remaja berbeda, tidak ada acuan atau patokan khusus mengenai tinggi dan berat badan ideal remaja 15 tahun.Namun, jika Anda ingin untuk memantau sejauh mana perkembangan anak, Anda dapat membandingkannya dengan tinggi dan berat badan remaja 15 tahun berdasarkan nilai rata-rata yang dimiliki anak Indonesia..Dengan mengetahuinya, Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mengoptimalkan masa pertumbuhan anak di masa remaja sebelum benar-benar berhenti. Selain mengetahui berat dan tinggi ideal anak 15 tahun, Anda juga perlu memerhatikan perkembangan fisik dan emosionalnya.

Tinggi dan berat badan ideal remaja 15 tahun

Sekitar 15-20 persen tinggi badan dewasa dan 25-50 persen berat badan dewasa dicapai pada masa remajaBerikut adalah tinggi dan berat badan ideal remaja 15 tahun berdasarkan nilai rata-rata menurut jenis kelamin yang bersumber dari Riskesdas (riset kesehatan dasar) 2013 
  • Tinggi ideal remaja 15 tahun

Sekitar 80 persen dari tinggi badan berasal dari faktor-faktor yang diturunkan dari orangtua alias genetik. Selain faktor keturunan, tinggi badan juga dapat dipengaruhi oleh kecukupan gizi, kondisi kesehatan, hingga kelainan genetik.Pada remaja perempuan, tinggi ideal anak 15 tahun berdasarkan nilai rata-rata Riskesdas 2013 adalah sekitar 150,7-154 cm. Sementara itu, tinggi ideal anak 15 tahun laki-laki adalah sekitar 154,5-164 cm. Di usia ini, remaja laki-laki mengalami percepatan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan remaja perempuan.
  • Berat badan ideal remaja 15 tahun

Berat badan ideal anak 15 tahun juga berbeda antara remaja perempuan dan laki-laki. Pada remaja laki-laki, berat badan rata-rata berdasarkan Riskesdas 2013 berkisar antara 43,5-52,9 kg. Sementara itu, berat badan ideal umur 15 tahun untuk anak perempuan berkisar antara 43-47,3 kg.Tidak sedikit remaja yang memiliki masalah dengan berat badannya, entah kelebihan ataupun kekurangan berat badan. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi. Kurangnya aktivitas fisik juga dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan pada remaja. Obesitas yang terjadi di usia remaja cenderung menetap hingga dewasa. Setelah mengetahui tinggi dan berat badan ideal remaja 15 tahun berdasarkan nilai-rata-ratanya, selanjutnya Anda perlu mendukung pertumbuhan anak secara optimal dengan memberinya makanan sehat dan bergizi seimbang, mendorongnya berolahraga secara rutin, dan memastikannya tidur dengan cukup.

Perkembangan anak usia 15 tahun

Selain mengetahui tinggi dan berat badan ideal remaja 15 tahun, Anda juga harus memerhatikan perkembangan lain yang terjadi pada anak di usia ini. Berikut perkembangan anak 15 tahun yang dapat dialami oleh anak Anda:
  • Perkembangan fisik

fisik remaja perempuan mengalami perubahan
Remaja perempuan mengalami sejumlah perkembangan fisik
Remaja perempuan 15 tahun umumnya telah mengalami menstruasi. Ia juga mengalami pertumbuhan payudara dan rambut kemaluan. Selain itu, terdapat perubahan bentuk tubuh, terutama di area bokong dan pinggul yang semakin melebar.Sementara itu, remaja laki-laki umumnya menjadi lebih tinggi dan berotot. Alat vitalnya juga lebih besar dan mulai menghasilkan sperma. Bulu atau rambut juga mulai bermunculan di kemaluan, ketiak, dan wajah. Selain itu, suara yang mereka miliki menjadi lebih dalam dan jakun lebih menonjol.
  • Perkembangan intelektual

Dalam perkembangan intelektualnya, remaja 15 tahun mulai berpikir lebih kompleks. Mereka mulai menetapkan tujuan untuk masa depannya, membuat lebih banyak keputusan sendiri, dan memahami apa yang benar dan salah. Namun, mereka kadang dapat bertindak tanpa memikirkan konsekuensinya dulu.
  • Perkembangan emosional dan sosial

remaja bermain gadget
Remaja cenderung lebih sensitif
Pada usia ini, remaja 15 tahun mencari jati dirinya. Mereka ingin lebih memegang kendali atas hidupnya sendiri. Mereka lebih senang berkumpul bersama teman, tertarik menjalin hubungan romantis, cenderung suka mendebat, lebih sensitif, sadar akan orientasi seksualnya, atau mencoba hal-hal baru, misalnya rokok atau alkohol.Oleh karena itu, selain memerhatikan tinggi dan berat badan ideal anak 15 tahun, Anda juga perlu memastikan berbagai perkembangan yang dilewatinya berjalan dengan baik. Jadi, pastikan untuk mendukung masa pertumbuhan dan perkembangan remaja secara positif.Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar tinggi dan berat badan ideal anak 15 tahun, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
berat badan idealpubertastinggi badan
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-remaja
Diakses pada 23 April 2021
Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/223580-none.pdf
Diakses pada 23 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318155#factors-that-influence-height
Diakses pada 23 April 2021
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/guide/daughter-15-milestones#1
Diakses pada 23 April 2021
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/guide/son-15-milestones#1
Diakses pada 23 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait