Tinggi dan Berat Badan Ideal Anak 3 Tahun yang Perlu Diketahui Orangtua

(0)
22 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tinggi dan berat badan ideal anak 3 tahun harus diperhatikan orangtuaMengukur tinggi badan anak penting untuk mengetahui pertumbuhannya
Memasuki usia 3 tahun, pertumbuhan anak umumnya semakin pesat, termasuk dalam aspek berat badannya. Sayangnya, sebagian orangtua tidak tahu berat badan ideal anak 3 tahun. Padahal hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah Si Kecil kelebihan atau kekurangan berat badan.Selain berat badan, tinggi anak 3 tahun juga menjadi aspek yang wajib diperhatikan orangtuanya. Jangan sampai Si Kecil tertinggal dalam pertumbuhan tinggi badannya. Oleh karena itu, orangtua harus mendukung pertumbuhan anak dengan maksimal.

Tinggi dan berat badan ideal anak 3 tahun

Berdasarkan jenis kelaminnya, tinggi dan berat badan ideal anak 3 tahun berbeda. Pada anak perempuan, berat badan anak yang idealnya di usia ini adalah sekitar 13,9 kg. Sementara itu, berat badan ideal anak umur 3 tahun laki-laki sedikit lebih tinggi, yaitu 14,4 kg atau secara umum sekitar 14 kg.Begitu pula dengan tinggi badan anak 3 tahun. Tinggi anak 3 tahun yang ideal untuk anak adalah 83-95 cmMeski demikian, tidak sedikit anak-anak yang memiliki berat dan tinggi anak 3 tahun yang kurang atau bahkan lebih dari angka idealnya. Mereka mungkin terlalu kurus, kelebihan berat badan, atau bertubuh pendek (stunting).Dalam masa pertumbuhan, anak-anak umumnya mengalami kenaikan berat badan rata-rata 1,8-2,7 kg per tahun. Sementara, tinggi badan rata-rata bertambah sekitar 5-7 cm setiap tahunnya. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi pertumbuhan berat badan dan tinggi anak-anak.

Faktor yang memengaruhi tinggi dan berat badan ideal anak 3 tahun

Sebetulnya, keturunan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan seberapa tinggi dan seberapa berat anak nantinya. Namun, beberapa faktor lain yang juga memengaruhi tinggi dan berat anak 3 tahun, yaitu:
  • Nutrisi

makanan bergizi
Nutrisi memengaruhi tumbuh kembang anak
Nutrisi yang dikonsumsi anak berpengaruh besar terhadap tinggi dan berat badanya. Ketika anak mengonsumsi makanan yang tak bergizi, ia tak akan mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga pertumbuhannya bermasalah.
  • Jarang bergerak atau berolahraga

Anak yang jarang bergerak atau berolahraga cenderung mengalami kelebihan berat badan. Hal ini terjadi adanya ketidakseimbangan antara banyaknya makanan yang masuk dengan rendahnya kalori yang dibakar oleh tubuh Si Kecil.
  • Ketidakseimbangan hormon

Berat badan dan tinggi anak umur 3 tahun juga dapat dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormon. Hormon pertumbuhan atau kadar tiroid yang rendah bisa menghambat pertumbuhan anak.
  • Kondisi kesehatan

anak menangis
Kondisi kesehatan dapat berpengaruh terhadap berat badan anak
Kondisi kesehatan ternyata memiliki pengaruh terhadap berat badan ideal anak 3 tahun. Anak-anak yang menderita penyakit kronis atau kelainan yang memengaruhi kemampuannya untuk makan atau menyerap nutrisi, dapat mengganggu tumbuh kembang mereka.
  • Kelainan genetik

Kelainan genetik dapat pula memengaruhi berat dan tinggi anak usia 3 tahun. Jika anak memiliki kelainan genetik, seperti sindrom Down, sindrom Noonan, atau sindrom Turner, kondisi tersebut bisa memengaruhi pertumbuhannya.Jika Anda ingin mengetahui potensi tinggi badan anak Anda. Anda dapat mengeceknya dengan rumus Tinggi Potensi Genetik (TPG) definisinya adalah perkiraan tinggi akhir (tinggi dewasa) anak yang dihitung berdasarkan tinggi badan orang tua.
  • TPG anak laki-laki = ((TB ibu (cm) + 13 cm) + TB ayah (cm))/2 ± 8,5 cm
  • TPG anak perempuan = ((TB ayah (cm) - 13 cm) + TB ibu (cm))/2 ± 8,5 cm.
Sementara, apabila Anda memerhatikan anak mengalami masalah pertumbuhan hingga jauh dari tinggi dan berat badan ideal anak 3 tahun, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Hal ini akan membantu Anda mendeteksi masalah yang ada sedini mungkin.

Tips memiliki tinggi dan berat badan ideal anak 3 tahun

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya Si Kecil memiliki tinggi dan berat badan yang ideal.
  • Beri asupan bergizi seimbang

Berikan anak asupan bergizi seimbang dalam masa tumbuh kembangnya, Perbanyak konsumsi sayur-mayur, buah-buahan, dan biji-bijian. Anda juga bisa menambahkan susu atau produk susu rendah lemak, termasuk keju dan yogurt. Selain itu, pilih daging tanpa lemak, unggas dan kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Batasi asupan yang mengandung banyak gula maupun lemak jenuh karena tidak baik untuk pertumbuhan anak.
  • Ajak anak bergerak aktif

Untuk mendapat berat dan tinggi anak 3 tahun yang ideal, ajak anak bergerak aktif. Selain menyenangkan, aktivitas fisik juga bermanfaat bagi kesehatan Si Kecil, mulai dari memperkuat tulang hingga mengendalikan berat badannya. Anda bisa mengajak anak untuk berlari, melompat, bermain bola, sepeda, kejar-kejaran, hingga berenang.
  • Batasi penggunaan gawai pada anak

Orangtua harus tegas dalam membatasi pemakaian gadget atau gawai pada anak. Penggunaan gawai yang berlebihan bisa menyebabkan anak jarang bergerak. Kondisi ini dapat membuat Si Kecil kesulitan untuk mendapatkan berat badan ideal anak 3 tahun.
  • Tidur dengan cukup

Mendapatkan cukup tidur setiap malamnya sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Jika dikombinasikan dengan beberapa aspek di atas, bukan tidak mungkin anak Anda bisa memiliki berat dan tinggi badan yang ideal. Jadi, pastikan Si Kecil tidur dengan nyaman dan nyenyak.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar perkembangan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
nutrisi anaktumbuh kembang anakperkembangan anak
CDC. https://www.cdc.gov/healthyweight/children/index.html
Diakses pada 08 Maret 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/average-weight-and-growth-chart-for-babies-toddlers-and-beyo_10357633
Diakses pada 08 Maret 2021
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-growing-child-3yearolds
Diakses pada 08 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait