Tindakan Pertolongan Pertama pada Tulang Pergelangan Tangan Patah

Tindakan pertolongan pertama pada patah tulang pergelangan tangan perlu dilakukan untuk mencegah komplikasi cedera
Pertolongan pertama perlu diberikan pada patah tulang pergelangan tangan

Patah tulang atau fraktur merupakan cedera olahraga yang cukup sering terjadi. Cedera tersebut umumnya menimpa tulang pergelangan tangan dan tulang lengan bawah. 

Jenis olahraga yang kerap menimbulkan cedera patah tulang tangan, yakni olahraga kontak fisik dan olahraga yang berisiko tinggi untuk jatuh, seperti berkuda, balap motor, in-line skating, dan gimnastik.

Mendeteksi patah tulang pergelangan tangan

Tulang pergelangan tangan terdiri dari delapan tulang-tulang kecil yang disebut tulang carpal, dan tersambung dengan dua tulang lengan bawah yang dinamakan radius dan ulna. Tanda-tanda yang bisa dicermati untuk mendeteksi kemungkinan cedera patah tulang tangan, antara lain:

  • Rasa sakit yang cukup parah pada bagian tangan yang cedera
  • Timbul memar dan pembengkakan
  • Kesulitan menggerakkan tangan atau pergelangan tangan
  • Tulang pergelangan tangan atau tulang lengan bawah tampak berubah bentuk
  • Kesemutan atau mati rasa di sebagian tangan atau lengan

Bagi orang awam, kadang sulit untuk membedakan antara tulang pergelangan tangan yang patah atau terkilir. Bila kasusnya demikian, anggap cederanya patah tulang dan berikan pertolongan pertama cedera fraktur sampai penderita ditangani oleh dokter.

Pertolongan pertama pada patah tulang pergelangan tangan

Berikut adalah beberapa tindakan pertolongan pertama pada patah tulang pergelangan tangan:

  • Jagalah supaya tangan yang cedera tidak bergerak atau hanya digerakkan seminimal mungkin. 
  • Buatlah penyangga (splint) yang menjaga tulang yang patah tetap stabil. Anda akan membutuhkan alat untuk mengikat kaki atau tangan yang patah, yaitu kain mitela alias kain pembalut segitiga, bahan kardus atau bahan yang kaku lainnya untuk membuat penyangga, gunting, kain, atau handuk untuk bantalan, dan tali atau ikat pinggang untuk mengikat.
  • Potong kardus lebih panjang dari tulang yang cedera, lalu lipat supaya dapat membungkus bagian bawah dan samping kiri-kanan tangan yang patah. Lapisi kardus dengan handuk atau kain-kain sebelum digunakan untuk menyangga tulang yang patah.
  • Berhati-hatilah saat menempatkan penyangga tersebut membungkus tangan yang patah. Jangan mengubah posisi tulang yang patah walau bentuknya tampak aneh. 
  • Posisi tangan harus pas di dalam penyangga kardus, jika masih longgar dan ada kemungkinan tangan bergeser, beri tambahan bantalan kain atau handuk. 
  • Ikat sekeliling penyangga dengan lakban, tali, atau ikat pinggang. 
  • Jika tak ada bahan pembuat penyangga, gunakan mitela tanpa membuat penyangga terlebih dahulu. Mintalah penderita menyangga tangan yang patah dengan tangannya yang lain, kemudian selipkan kain segitiga di bawah tangan yang patah. Lingkarkan salah satu ujung kain pada leher dan ikatkan dengan ujung lainnya di atas tulang bahu. 
  • Setelah tulang yang patah berada dalam posisi aman tidak bergerak, segeralah ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.
  • Jika cedera patah tulangnya sangat parah, bahkan menyebabkan luka terbuka, segeralah bawa ke rumah sakit terdekat atau lebih baik telpon 112 untuk meminta ambulans dan bantuan medis darurat. 

Pencegahan dan perawatan patah tulang pergelangan tangan

Anda tidak bisa sepenuhnya mencegah cedera patah tulang saat berolahraga. Tetapi, setidaknya Anda bisa mengurangi risikonya dengan menggunakan perlengkapan olahraga dan alat-alat pelindung yang tepat, seperti pelindung pergelangan tangan untuk mengurangi risiko patah tulang pergelangan tangan. 

Saat melakukan olahraga kontak fisik, patuhi aturan permainan dan hindari bermain kasar untuk mengurangi risiko cedera serta mencederai lawan main. 

Jagalah kekuatan tulang lewat jenis-jenis olahraga yang menahan beban, latih juga kemampuan keseimbangan tubuh sehingga tidak mudah terjatuh. 

Selain itu, hindari merokok karena racun-racun dari rokok dapat mempercepat pengeroposan tulang dan memperlambat proses penyembuhan patah tulang tangan. 

Penuhi asupan kalsium yang memperkuat tulang dengan konsumsi susu, yogurt, dan keju. Makanan yang kaya kandungan kalsium baik dikonsumsi sebagai makanan untuk patah tulang tangan karena mampu membantu mempercepat pemulihan. Lengkapi dengan asupan vitamin D dari daging ikan salmon, makanan yang difortifikasi vitamin D, serta dari sinar matahari pagi.

Artikel Terkait

Banner Telemed