logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Fisik hingga Mental

open-summary

Manfaat bermain sepak bola untuk kesehatan adalah menyehatkan jantung, membakar kalori, melatih otot dan tulang, hingga melatih rasa percaya diri dan meredakan stres. Bermain sepak bola juga bisa melatih jiwa kepemimpinan, sehingga baik dilakukan oleh anak dan remaja.


close-summary

3.33

(3)

12 Jul 2022

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Dua orang anak bermain sepak bola yang bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental

Manfaat bermain sepak bola bisa menyehatkan fisik dan mental

Sebagai salah satu olahraga paling populer di dunia, sepak bola seringkali menjadi pilihan olahraga banyak orang. Selain cara bermainnya yang menyenangkan, ternyata manfaat sepak bola untuk kesehatan juga tak kalah mentereng. Tak hanya untuk kesehatan fisik, bermain dengan si kulit bundar juga baik untuk kesehatan mental Anda.

Advertisement

Manfaat sepak bola untuk kesehatan

Gambar orang menendang bola
Manfaat sepak bola untuk kesehatan ada beragam

Bermain sepak bola bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Baik untuk jantung

Manfaat sepak bola yang belum banyak disadari adalah menyehatkan jantung. Saat bermain sepak bola, Anda membutuhkan kebugaran dan kecepatan tubuh yang baik. Apalagi, setiap pertandingan yang memiliki durasi 90 menit ini, terkadang bisa mencapai 2 jam lamanya, jika ada tambahan waktu.

Tidak seperti olahraga lainnya, seperti baseball misalnya, yang bisa santai dan berdiam diri sambil menunggu giliran, para pesepakbola harus berlari-lari kecil. Sehingga, mereka bisa mendapatkan posisi terbaik untuk menerima, dan dapat mencetak gol ke gawang lawan. Dengan begitu, detak jantung terus dilatih dan kapasitas aerobik meningkat.

2. Melatih otot dan tulang

Meski sekilas para pemain sepak bola hanya banyak menggunakan kakinya, namun sebenarnya olahraga ini membuat semua bagian tubuh bergerak. Karena itu tidak heran jika orang yang rutin bermain sepak bola bisa meningkatkan massa otot dan kekuatan tulangnya.

3. Menjaga kesehatan mental

Berolahraga adalah cara efektif untuk menghilangkan rasa frustrasi dan tegang dalam diri. Sejumlah penelitian juga membuktikan kalau aktivitas fisik seperti olahraga, bisa melepaskan neurotransmiter yang bertanggung jawab mengatur suasana hati dan kebahagiaan.

Olahraga yang dilakukan bersama teman-teman satu tim seperti sepak bola juga dapat membantu menurunkan kecemasan dan bisa menimbulkan perasaan bahagia pada para pemainnya.

4. Menurunkan risiko penyakit berbahaya

Kombinasi gerakan berlari, jalan kaki, dan menendang pada sepak bola akan membantu Anda mendapatkan manfaat sepak bola yang satu ini. Bermain sepak bola akan membakar kalori berlebih di tubuh, sehingga menjaga berat badan di angka yang ideal. Memiliki berat badan yang sehat akan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, hingga stroke.  

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Bermain sepak bola bisa meningkatkan rasa percaya diri
Manfaat sepak bola bisa melatih percaya diri

Manfaat sepak bola selanjutnya adalah sebagai salah satu kegiatan yang meningkatkan rasa percaya diri, terutama bagi anak-anak dan remaja. Lewat kerja keras, mengenal kemampuannya dalam pertandingan, rasa percaya diri akan muncul dalam diri anak.

Studi menunjukkan, anak-anak muda yang suka berolahraga, seperti sepak bola, cenderung berprestasi secara akademis. Tidak hanya itu, tingkat kebahagiaannya yang mereka rasakan juga meningkat.

Anak-anak muda yang berolahraga dianggap mampu mengaplikasikan pengalaman di “lapangan”, ke dalam kehidupan sehari-hari.

6. Melatih kerjasama

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu bantuan manusia lainnya untuk bisa bertahan hidup. Itulah yang diajarkan dalam sepak bola. Dalam sebuah tim, para pesepakbola akan mempelajari cara berkontribusi untuk tim hingga menjadi pemimpin.

Terlebih lagi kalau anak-anak muda bisa berada dalam satu tim dengan banyak pesepakbola dari berbagai kalangan, entah itu rekan atau pemain lawan. Hal ini dianggap bisa meningkatkan ikatan pertemanan, dan mengajarkan mereka tentang hal-hal positif baru, yang belum pernah diketahui.

7. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan

Menumbuhkan jiwa kepemimpinan adalah salah satu manfaat sepak bola yang sangat baik untuk anak muda. Dibandingkan dengan olahraga lain, sepak bola dianggap sangat bisa mengajarkan dan memupuk jiwa pemimpin dalam diri.

Di lapangan, selama 90 menit, setiap pesepakbola dibebaskan untuk mengambil keputusan sendiri untuk meraih hasil terbaik demi rekan-rekan timnya. Mereka juga dituntut untuk bisa berpikir cepat, dan berani mengambil risiko saat kubu lawan mengubah strategi. Hal ini bisa mengajarkan anak-anak muda untuk mengambil keputusan, walau dalam tekanan sekalipun.

Sepak bola dianggap bisa mencetak anak-anak muda yang berprestasi, berpikir cepat dan mengeksekusi rencana dalam bentuk aksi.

Nantinya, kelima manfaat sepak bola ini tidak hanya dirasakan di lapangan sepak bola, tapi juga di sekolah hingga lingkungan kerja.

Perlu diingat, manfaat yang dirasakan anak muda saat berolahraga, sama seperti yang diperoleh orang dewasa. Yang membedakannya adalah ketika sudah diperkenalkan dengan olahraga sejak kecil, anak muda cenderung tumbuh lebih aktif ketika mereka dewasa.

Baca Juga

  • 10 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Sehatkan Jantung Hingga Mental
  • 12 Gerakan Yoga dan Cara Tepat Melakukannya
  • Pelajari Tips Belajar Renang Bagi Pemula agar Anda Tak Ragu Lagi

Catatan dari SehatQ

Setiap olahraga, jika dilakukan sejak dini, akan menimbulkan dampak baik saat sang anak sudah dewasa. Maka dari itu, arahkan Si Kecil untuk memilih olah raga kegemarannya. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter, terutama jika anak Anda memiliki kondisi medis tertentu, yang akan menjadi tantangan ketika berolahraga.

Anda bisa melakukan konsultasi secara online lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

manfaat sepak bolasepak bolaolahragatips olahragaolahraga anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved