Suhu ruangan dapat memengaruhi kualitas tidur Anda
Suhu ruangan dapat diatur dengan menggunakan AC

Suhu ruangan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan guna mendapatkan kualitas tidur yang baik. Pasalnya, kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kesehatan dan hormon Anda.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, berikut beberapa hal yang perlu disimak mengenai pentingnya suhu ruangan dan berapa suhu yang direkomendasikan untuk tidur.

Mengapa penting untuk memerhatikan suhu ruangan saat tidur?

Suhu ruangan merupakan hal yang sangat penting untuk membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Pasalnya, selama tidur, suhu tubuh Anda akan mengalami perubahan suhu internal atau disebut juga dengan ritme sirkadian.

Ritme sirkadian adalah proses biologis yang berulang setiap hari, seperti penurunan suhu inti pada waktu tidur dan kenaikan suhu yang terjadi saat Anda bangun.

Suhu tubuh Anda akan menjadi hangat tepat pada saat Anda mulai tertidur, dan akan terus menurun hingga mencapai titik suhu terendah menjelang jam 5 pagi.

Suhu tubuh Anda mendingin dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Ketika suhu tubuh Anda mulai turun, Anda dapat merasakan tangan dan kaki Anda menjadi lebih hangat. Ini merupakan cara tubuh untuk membiarkan panas keluar melalui tangan dan kaki untuk mengurangi suhu inti tubuh Anda.

Suhu ruangan juga memengaruhi kualitas tidur REM atau rapid eye movement, yakni fase di mana Anda bermimpi saat tidur. Apabila suhu ruangan tidak sesuai, kualitas tidur REM dipastikan akan terganggu.

Berapa suhu ruangan yang disarankan saat tidur?

Suhu ruangan yang disarankan adalah sekitar 18 derajat Celcius. Pasalnya, suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin saat tidur, dapat memengaruhi penurunan drastis pada suhu tubuh dan menyebabkan tidur Anda terganggu.

Suhu ruangan yang disarankan untuk ruang tidur orang dewasa adalah sekitar 18 derajat Celcius, sedangkan suhu yang disarankan untuk ruang tidur bayi adalah sekitar 18-22 derajat Celcius.

Suhu ini bertujuan agar bayi terhindar dari kondisi ruangan yang terlalu panas. Pasalnya, ruangan panas dapat meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom kematian mendadak (SIDS). Anda dapat memeriksa apakah Si Kecil kepanasan dengan melihat bagian perutnya berkeringat atau tidak.

Meski demikian, hindari juga ruangan bayi yang lebih dingin dari yang dianjurkan karena mereka masih belum mampu mengatur suhu tubuh dengan baik seperti orang dewasa.

Tips tidur nyenyak

Selain suhu ruangan, ada pula yang perlu Anda perhatikan selama tidur demi mendapatkan kualitas tidur yang baik.

1. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman

Kasur dan bantal merupakan benda yang dapat sangat memengaruhi kualitas tidur sekaligus kesehatan tulang punggung Anda.

Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa matras baru dapat meningkatkan kualitas tidur sebanyak 60 persen, mengurangi sakit punggung hingga lebih dari 50 persen, dan mengurangi kondisi punggung kaku saat bangun tidur hingga 59 persen.

Penggantian kasur dan matras yang disarankan adalah setiap 5-8 tahun. Khusus untuk bayi, hindari kasur dan bantal berbulu atau kapuk guna mencegah masuknya partikel ke saluran napas

2. Ciptakan lingkungan kamar yang nyaman

Selain suhu ruangan, menciptakan lingkungan kamar yang nyaman juga penting untuk mendapatkankan kualitas tidur yang lebih baik. Lingkungan kamar yang nyaman dapat meliputi pencahayaan yang baik di luar maupun di dalam ruangan, penataan ruangan, dan suara.

Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan menenangkan dengan mengurangi berbagai cahaya, termasuk cahaya pada peralatan gawai Anda. Selain itu, hindari juga suara bising baik di dalam maupun luar ruangan.

Tidur yang berkualitas berperan penting bagi kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, perhatikan suhu ruangan Anda pada saat tidur dan beberapa hal penunjang lainnya, demi mendapatkan tidur yang nyenyak dan tubuh yang sehat.

Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/17-tips-to-sleep-better
https://www.healthline.com/health/sleep/best-temperature-to-sleep
Diakses 3 Mei

Health.com
https://www.health.com/condition/sleep/best-temperature-for-sleeping
Diakses 3 Mei

Webmd
https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/cant-sleep-adjust-the-temperature#1
Diakses 3 Mei

Artikel Terkait