logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Berbagai Manfaat Teh Lavender untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

open-summary

Teh lavender merupakan salah satu jenis teh yang ditambahkan daun lavender di dalam campurannya. Manfaat teh ini bisa membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.


close-summary

5

(1)

9 Jun 2022

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Teh lavender

Jenis teh yang buat perasaan lebih senang

Table of Content

  • Manfaat teh lavender untuk kesehatan
  • Cara konsumsi teh bunga lavender dan efek sampingnya

Bukan hanya populer sebagai minyak esensial, olahan lavender juga bisa jadi pilihan menenangkan pikiran setelah seharian beraktivitas. Manfaat teh lavender atau Lavandula angustifolia ini dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak utamanya bagi yang mengalami gangguan tidur.

Advertisement

Jenis teh ini bisa ditemukan di Jerman dengan sangat mudah. Ekstrak lavender dijual dengan nama Lasea dengan klaim mengatasi kecemasan berlebih dan meningkatkan kualitas tidur. Namun, bukan berarti ekstrak lavender ini bisa menjadi alternatif obat untuk kondisi medis tertentu.

Manfaat teh lavender untuk kesehatan

Membayangkan aroma menenangkan dari teh bunga lavender ternyata bukan enak dicium saja, namun juga membawa serangkaian manfaat. Namun, khasiat yang sudah terbukti secara ilmiah kebanyakan adalah dari ekstrak atau minyak esensial lavender.

Berikut deretan manfaat teh lavender atau lavender tea untuk kesehatan:

1. Baik untuk gangguan mood

Zat di dalam lavender dapat memberikan stimulasi aktivitas bagian otak tertentu sekaligus penghubung impuls di antara sel-sel otak. Rangkaian cara kerja ini dapat berdampak baik pada mood sekaligus menenangkan. Meski demikian, itu adalah manfaat dari ekstrak lavender, bukan teh lavender secara spesifik.

Menariknya, sebuah studi terhadap 80 ibu baru di Taiwan yang mengonsumsi 250 ml teh lavender setiap hari selama 2 pekan menunjukkan hasil serupa. Mereka yang menghirup dalam-dalam aroma teh ini merasa lebih jarang lelah hingga depresi.

Namun, setelah penelitian dilanjutkan hingga 4 minggu kemudian, dampaknya tidak terasa sama signifikannya seperti saat periode awal.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Memang hingga kini belum ada studi spesifik yang menemukan efek teh lavender terhadap kualitas tidur seseorang. Namun, tetap saja manfaatnya cukup menjanjikan.

Sebuah studi melibatkan 158 ibu baru melahirkan. Mereka yang menghirup dalam-dalam aroma lavender (10 hitungan) selama 4 hari seminggu dan berlangsung 8 pekan merasakan perbedaan. Manfaat yang muncul adalah kualitas tidur lebih baik.

Tentunya, bukan hanya aroma lavender saja yang berperan. Rutinitas sebelum tidur atau sleep hygiene juga perlu dipertimbangkan. Jadi, tak ada salahnya menyesap secangkir teh bunga lavender sebelum naik ke tempat tidur. Jangan lupa, hirup dalam-dalam aroma menenangkan darinya.

Baca juga: Ini Manfaat Lavender untuk Kesehatan, Bukan Hanya Mengusir Nyamuk

3. Meredakan nyeri haid

Saat siklusnya tiba, ada tamu bulanan yang tak diundang tapi ikut datang yaitu nyeri haid. Ini sangat wajar dan umum dirasakan perempuan. Kabar baiknya, lavender berpotensi meredakan rasa tidak nyaman itu.

Secara spesifik, ada sebuah studi terhadap 200 perempuan dewasa di Iran yang menghirup aroma lavender selama 30 menit setiap harinya. Ketika dilakukan pada 3 hari awal periode haid, mereka merasakan nyeri perut berkurang signifikan. Ini terasa setelah kebiasaan itu dilakukan selama 2 bulan.

Bukan hanya dengan menghirup aromanya, melakukan pijat dengan minyak esensial lavender juga bisa memberikan manfaat serupa. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut seputar khasiat yang sama dari minum teh lavender.

4. Menjaga kesehatan kulit

Khasiat lavender dalam bentuk minyak esensial juga memiliki khasiat anti-peradangan dan antibakteri. Mengoleskannya ke wajah dapat membantu menyembuhkan jerawat hingga meredakan masalah kulit meradang seperti psoriasis.

Tak hanya itu, ada pula khasiat dari minyak esensial lavender dalam menyembuhkan luka. Alasannya karena minyak ini mengoptimalkan proses sintesis struktur protein kolagen.

5. Melancarkan pencernaan

Manfaat teh lavender juga dikenal berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Teh dari bunga lavender ini bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti diare, mual, hingga kram perut.

Ini karena lavender memiliki efek antispasmodik yang bisa mengurangi ketegangan otot pencernaan, sehingga berkhasiat untuk mengatasi kembung dan sakit perut.

Aroma lavender juga berkhasiat untuk menstimulasi produksi empedu sehingga makanan akan dapat dicerna lebih efisien. Efek dari aroma yang menenangkan juga bisa membantu meredakan mual.

6. Melegakan pernapasan

Teh lavender diketahui memiliki efek antiinflamasi yang bisa melawan infeksi. Manfaatnya, minum teh lavender bisa membantu melegakan gangguan pernapasan dengan memperbaiki saluran pernapasan menjadi lebih terbuka.

Efek antibakteri pada teh lavender juga membantu membasmi bakteri penyebab flu. Inilah yang pada akhirnya bisa mengatasi keluhan pada hidung tersumbat dan membuat napas menjadi lebih lega.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Teh lavender mengandung vitamin C, kalsium, dan magnesium. Kandungan ketiganya bisa meningkatkan sistem imun dan mempermudah tubuh melawan infeksi bakteri, jamur, hingga virus.

Teh lavender juga mengandung antioksidan tinggi yang bersifat antibakteri untuk mengatasi flu. Antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas akibat polusi. Radikal bebas juga bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya, termasuk kanker dan penuaan dini.

Baca juga: Manfaat Minyak Lavender untuk Kulit dan Rambut Serta Cara Aman Menggunakannya

Cara konsumsi teh bunga lavender dan efek sampingnya

Meskipun penelitian spesifik tentang khasiat teh bunga lavender masih sangat jarang, banyak orang mengaku merasa lebih tenang setelah mengonsumsinya. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menyeduh kantung teh yang dijual di pasaran.

Selain itu, bisa juga dengan mencampur 250 ml air dengan menambahkan ½ sendok teh bunga bunga lavender. Kemudian, diamkan selama beberapa menit.

Lebih jauh lagi, sama seperti jenis teh herbal lainnya, ada efek samping yang mungkin terjadi. Setidaknya, ada satu laporan kasus orang yang merasakan detak jantungnya menjadi lebih cepat secara abnormal setelah mengonsumsi teh bunga lavender.

Bahkan ketika Anda hanya menghirupnya, pastikan tidak ada reaksi alergi. Terlebih ketika mengaplikasikannya langsung ke kulit, ada risiko terjadinya iritasi. Akan jauh lebih aman apabila mencampurkannya dengan carrier oil seperti minyak zaitun.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar risiko minum lavender tea dan bagaimana cara aman mengonsumsinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

makanan sehathidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved