Tidur Kurang Nyenyak? Atasi dengan 6 Langkah Sederhana Ini

Dapatkan tidur nyenyak dengan ikuti 6 tips berikut ini
Mendapatkan cahaya matahari yang cukup dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak

Banyak orang yang masih menyepelekan manfaat tidur untuk kesehatannya. Padahal, tidur nyenyak dapat membuat Anda lebih segar dan lebih siap dalam menghadapi hari.

Tidur yang berkualitas dapat membantu Anda menjadi lebih produktif dan membantu menjaga fungsi tubuh berjalan normal. Agar manfaat tersebut dapat Anda raih, berikut tips tidur nyenyak yang dapat Anda coba.

Coba Tips Tidur Nyenyak di Bawah Ini

Tidur yang kurang nyenyak dapat membuat Anda bangun dalam keadaan letih dan kurang segar. Untuk mengatasinya, tips tidur nyenyak di bawah ini dapat Anda coba.

1. Mendapatkan Cahaya Matahari Pagi

Cahaya merupakan faktor yang digunakan tubuh untuk menentukan waktu pagi dan siang hari. Dengan mengetahui kapan saat siang dan kapan saat malam, tubuh akan menyesuaikan berbagai metabolisme yang terjadi dan juga menyesuaikan suhu tubuh. Dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka tubuh dapat mengatur jam tidur atau pola rutinitas tidur yang baik.

2. Olahraga di Waktu yang Tepat

Latihan dan sedikit berolahraga akan membuat Anda berkeringat dan lelah, sehingga mampu membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Tapi ingat, jangan berolahraga di malam hari atau mendekati waktu tidur. Pilih waktu berolahraga di sore hari atau minimal 3 jam sebelum jam tidur.

3. Batasi Waktu Tidur Siang

Tidur siang dapat mengganggu waktu tidur malam Anda. Jika Anda benar-benar membutuhkannya, batasi tidur siang paling lama selama 30 menit dan jangan lakukan sebelum pukul 4 sore. Namun, jika Anda termasuk orang dengan jam kerja malam, tidur siang dapat membantu Anda melunasi jam tidur yang berkurang.

4. Jangan Makan Sebelum Tidur

Jika Anda ingin mengatasi tidur kurang nyenyak, hindari mengonsumsi makanan berat di tengah malam. Namun bila perut lapar, camilan ringan seperti roti panggang, yogurt, dan potongan buah segar tidak akan mengganggu tidur Anda.

5. Ciptakan Suasana Nyaman di Kamar Tidur

Agar dapat tidur nyenyak, ciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur Anda. Buat suasana kamar yang sejuk, tenang, dan gelap. Kamar yang terap dapat mempersulit Anda untuk tidur. Selain itu, hindari penggunaan alat elektronik yang dapat memancarkan cahaya dari layarnya seperti televisi, telepon genggam atau komputer sebelum tidur.

6. Relaksasi

Banyak orang yang telah melakukan berbagai ritual relaksasi sebelum tidur. Dengan melakukan teknik relaksasi yang baik, Anda dapat tidur dengan lebih nyenyak. Beberapa kegiatan di bawah ini dapat Anda lakukan untuk relaksasi sebelum tidur:

  • Mendengarkan musik santai
  • Membaca buku
  • Mandi air hangat
  • Meditasi
  • Latihan pernapasan

Kapan Anda Harus Berkonsultasi ke Dokter?

Ada kalanya tidur kurang nyenyak merupakan kondisi yang bersifat alamiah, misalnya saat Anda mengalami peristiwa besar dalam hidup Anda, baik atau buruk. Pikiran yang terus melayang dapat menyebabkan Anda tidur kurang nyenyak.

Tetapi, jika masalah tidur sudah mulai mengubah perilaku, suasana hati, atau bahkan mengganggu aktivitas dan pekerjaan Anda, mungkin ini sudah saatnya untuk bertemu dan berkonsultasi dengan dokter. Terlebih lagi, jika masalah tidur kurang nyenyak telah berlangsung lebih dari 1 bulan.

Dokter akan mencari tahu penyebab Anda tidur kurang nyenyak dan memberikan rekomendasi penanganan yang tepat untuk dilakukan selanjutnya.

Tidur nyenyak dapat memberikan berbagai keuntungan untuk kesehatan Anda. Jika Anda termasuk orang yang merasa sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, coba berbagai langkah di atas. Tidur yang berkualitas akan membantu Anda menjalani hari dengan lebih baik dan produktif.

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/daytime-habits
Diakses pada Oktober 2018

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/morning-sunlight-exposure-3973908
Diakses pada 4 Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/17-tips-to-sleep-better
Diakses pada 4 Maret 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/sleep/art-20048379
Diakses pada 4 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed