Tidak Perlu Repot, Ini Tips Cara Mengajari Anak Menulis

Mengajari anak menulis jarang dilakukan di sekolah dan karenanya orangtua perlu mengasah kemampuan menulis anak di rumah
Cara mengajari anak menulis juga memerlukan dukungan dari orangtua

Belajar menulis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dipelajari oleh anak. Namun, menulis terkadang bukanlah kemampuan yang terus-menerus diasah dan diajari di sekolah.

Saat anak sudah memasuki sekolah dasar kelas tiga, maka kecil kemungkinannya bagi sekolah untuk mengajari anak menulis. Oleh karenanya, orangtua bisa meningkatkan kemampuan menulis anak dengan cara mengajari anak menulis di rumah.

Bagaimana cara mengajari anak menulis dengan baik?

Cara mengajari anak menulis tidaklah sulit. Anda tidak perlu mengajari anak menulis dengan memberikan anak pengajaran mengenai tipografi yang rumit.

Orangtua hanya perlu mengajari anak menulis sesuai dengan struktur bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  • Fokus ke dasar cara menulis yang baik

Cara mengajari anak menulis tidak sekedar estetika dari penulisan karena semua dasar belajar menulis dimulai dari mengetahui apa yang membuat sebuah tulisan menjadi baik. Menulis tidak hanya fokus ke bentuk tulisan, tetapi juga struktur bahasa.

Anda bisa membantu menambah suku kata yang bisa digunakan oleh anak, serta mengecek apakah terdapat kesalahan penulisan pada pekerjaan rumah yang dikerjakan oleh anak. Beritahukan pada anak jika terdapat kesalahan pada penulisannya.

Diskusikan dengan anak mengenai apa yang ingin dituliskan
  • Ajak anak untuk memikirkan apa yang akan ditulis

Anda bisa mengajari anak menulis dengan struktur kalimat yang benar dengan mengajak anak untuk membicarakan apa yang akan ditulis terlebih dahulu. Setelahnya, barulah Anda mengajak anak untuk menulis apa yang telah diucapkan oleh anak.

  • Beri kesempatan kepada anak untuk menulis

Orangtua dapat menyediakan kesempatan kepada anak untuk belajar menulis dengan memberikan berbagai alat tulis yang lengkap beserta media untuk menulisnya, seperti kertas, buku tulis, notes, dan sebagainya.

Anda juga bisa meminta anak untuk menuliskan daftar belanja harian ataupun surat untuk kerabat sebagai salah satu cara mengajari anak menulis.

Bagaimana dengan cara meningkatkan penulisan anak?

Setelah anak sudah mengetahui dasar dari cara menulis yang sesuai dengan struktur bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka orangtua sudah bisa memerhatikan kesesuaian bentuk dari huruf-huruf yang ditulis oleh anak.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan cara anak menulis.

  • Periksa genggaman tangan anak

Terkadang cara menggenggam alat tulis yang kurang tepat dapat membuat tulisan anak menjadi sulit terbaca. Pastikan anak telah menggenggam alat tulis dengan benar menggunakan genggaman tripoid.

Genggaman tripoid dilakukan dengan jempol yang sedikit bengkok pada salah satu sisi bagian bawah alat tulis sementara jari telunjuk dan jari tengah berada pada sisi lainnya. Jari-jari lainnya harus berada di dalam kepalan tangan dan tidak menyentuh alat tulis.

Bila anak memiliki kesulitan dalam genggamannya, Anda bisa membelikan anak alat tulis dengan jenis atau bentuk yang lain yang bisa memudahkan anak belajar menggenggam alat tulis.

  • Lihat kesesuaian titik dan garis pada huruf

Anda bisa melihat kesesuaian garis dan titik pada tulisan anak dengan memeriksa salah satu hasil tulisan anak. Terkadang titip pada huruf ‘i’ tidak tepat berada di atas atau garis pada huruf ‘t’ tidak berada di tengah hurufnya.

Periksa kalimat yang telah ditulis oleh anak
  • Pastikan semua lingkaran di huruf tertutup

Selain titik dan garis, orangtua juga perlu memerhatikan apakah huruf dengan lingkaran atau lengkungan sudah tertutup atau tidak. Huruf-huruf yang memiliki lengkungan di antaranya adalah huruf ‘a’, ‘b’, ‘d’, ‘e’, ‘o’, dan sebagainya.

  • Mengajari anak menulis di rumah

Sekolah mungkin sudah jarang menerapkan cara mengajari anak menulis, terutama jika anak sudah memasuki kelas yang lebih tinggi. Oleh karenanya, orangtua bisa meluangkan waktu untuk mengajari anak menulis. Anda bisa membuat jadwal untuk membantu anak belajar menulis.

  • Buat belajar menulis menyenangkan

Anak akan lebih bersemangat untuk belajar jika orangtua membuat waktu belajar menulis menjadi menyenangkan. Orangtua bisa memberikan anak berbagai pengalaman baru dengan mengganti-ganti jenis alat tulis yang dipakai atau meminta anak menulis cerita, lelucon, dan sebagainya.

Anda juga bisa mengganti media penulisannya, seperti menulis di kertas yang memiliki karakter kartun kesukaan anak.

Pujilah anak saat telah berhasil menulis dengan baik dan berikan koreksi secara sabar tanpa memarahi anak, ketika anak melakukan kesalahan dalam penulisannya.

Menulis jurnal bisa mengasah kemampuan menulis anak
  • Pupuk minat anak menulis jurnal 

Orangtua bisa menyemangati anak untuk membuat jurnal atau diari-nya sendiri. Selain berfungsi sebagai sarana cara mengajari anak menulis, Si Kecil juga bisa menjadikannya tempat untuk menulis secara bebas mengenai apa yang dipikirkan dan dirasakan.

  • Sediakan tempat untuk menulis

Belajar menulis memerlukan tempat yang sesuai. Orangtua dapat membuatkan anak satu tempat khusus yang dilengkapi dengan meja dan kursi agar anak bisa belajar menulis dengan nyaman.

Cara mengajari anak menulis tidak dapat dilakukan secara instan dan membutuhkan waktu serta kesabaran. Orangtua tidak perlu terburu-buru dalam mengajari anak menulis karena tiap anak memiliki daya menangkap yang berbeda-beda.

Terima dan puji anak atas setiap pencapaian yang telah dilakukan. Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk mengajari anak menulis secara baik dan benar.

Oxford Learning. https://www.verywellfamily.com/how-to-improve-kids-handwriting-4108552
Diakses pada 24 Oktober 2019

Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/help-your-child-learn-writing-skills-620623
Diakses pada 24 Oktober 2019

Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-improve-kids-handwriting-4108552
Diakses pada 24 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed