logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

6 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) untuk Kesehatan dan Bedanya dengan Minyak Kelapa Lain

open-summary

Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni berbeda dengan minyak kelapa jenis lainnya. Potensi manfaat VCO sangat beragam, seperti menurunkan risiko penyakit jantung hingga membantu menurunkan berat badan.


close-summary

5

(3)

10 Feb 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

salah satu manfaat VCO untuk kesehatan, yaitu mengurangi risiko penyakit jantung

Ilustrasi minyak VCO

Table of Content

  • Beda minyak VCO dengan minyak kelapa lainnya
  • Manfaat VCO untuk kesehatan
  • Pesan dari SehatQ

Virgin coconut oil alias minyak VCO dikenal luas memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat luar sakit kulit hingga diminum untuk menyehatkan tubuh. Apa sebetulnya manfaat VCO untuk kesehatan yang terbukti secara medis? Serta, apa bedanya minyak VCO dengan minyak kelapa jenis lainnya?

Advertisement

Tidak seperti minyak zaitun, sebutan virgin pada minyak kelapa tidak memiliki standar baku. Meski demikian, istilah virgin ini hanya bisa disematkan pada minyak kelapa murni yang pada prosesnya tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, atau dikurangi elemen-elemen tertentu yang ada di dalamnya.

Baca Juga

  • Kenali Berbagai Manfaat Minyak Mustard untuk Kesehatan
  • 7 Manfaat Frankincense Oil untuk Kesehatan yang Menakjubkan
  • Tidak Hanya Wangi, Essential Oil Ini Bisa Redakan Flu dan Pilek

Beda minyak VCO dengan minyak kelapa lainnya

Minyak VCO adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar. Proses pembuatannya juga menggunakan cara yang alami, tidak dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, apalagi mencampur zat-zat kimia.

Dengan cara tradisional, VCO bisa dibuat dengan memeras kelapa tua dan mengambil santannya. Santan ini kemudian diproses lewat fermentasi, mencampur enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air, dan minyak bening yang dikenal sebagai minyak VCO.

Dengan cara yang lebih modern, minyak VCO dibuat dengan mengeringkan kelapa tua segar dengan mesin khusus. Kelapa kering itu kemudian dimasukkan ke dalam mesin tekan untuk diambil minyak beningnya.

Selain minyak VCO, jenis minyak kelapa komersial lain berlabel refined dan partially hydrogenated. Minyak kelapa refined adalah minyak yang dipanaskan dan disaring lagi untuk menghilangkan bakteri, kotoran, serta bau langu pada minyak kelapa. Kadang kala, zat kimia seperti heksane digunakan dalam proses ini.

Minyak kelapa ‘kasta terendah’ adalah yang telah terhidrogenasi sebagian agar minyak ini lebih awet ketika disimpan. Proses pembuatan minyak kelapa jenis ini menghasilkan lemak trans yang justru berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Mengenal Manfaat Minyak Kelapa Sawit untuk Kesehatan dan Risiko Bahayanya

Manfaat VCO untuk kesehatan

Dari penjelasan di atas, sangat jelas bahwa tidak semua minyak kelapa menyehatkan tubuh Anda. Namun bila Anda mengonsumsi minyak VCO. Manfaat minyak kelapa murni ini untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Khasiat minyak kelapa murni lainnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Khasiat minyak kelapa murni untuk kolesterol ini didapatkan karena minyak VCO dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL dapat menyeimbangkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga tubuh Anda tidak rentan terkena kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung.

2. Menghasilkan keton yang meningkatkan fungsi kognitif otak

Kandungan VCO yang tidak kalah bermanfaat adalah mengandung asam lemak rantai sedang (MCT) yang mudah diserap oleh hati dibandingkan jenis asam lemak lainnya.

Artinya MCT ini akan lebih mudah diolah menjadi keton, sumber energi utama pada otak. Keton memiliki efek yang luar biasa untuk menghasilkan energi bagi otak, seperti mencegah epilepsi dan Alzheimer, meski khasiat ini masih butuh penelitian lebih dalam.

Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat, asupan keton dapat menyediakan hingga 70% kebutuhan energi otak dan terbukti dapat memberikan efek positif pada orang yang kehilangan memori, seperti dalam penyakit Alzheimer.

3. Menurunkan berat badan

Kandungan MCTs pada minyak VCO juga disebut-sebut dapat membantu tubuh membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan Anda. Namun, minyak VCO tetap tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena cairan ini juga tinggi kalori.

Studi menyebutkan, manfaat VCO untuk diet adalah dengan membantu penurunan indeks massa tubuh dan penyusutan ukuran pinggang. Hal ini terbukti pada penelitian yang dilakukan terhadap 40 wanita berusia 20 tahun hingga 40 tahun yang juga menerapkan pola makan rendah kalori dan olahraga berjalan selama 50 menit per hari.

Penelitian lain menyebutkan, manfaat VCO untuk diet juga membantu menurunkan berat badan lebih besar dibandingkan dengan kelompok minyak zaitun.

Cara minum VCO untuk diet bisa dengan dioleskan pada makanan yang dimasak dengan cara dipanggang, atau menambahkan minyak kelapa murni ini ke dalam kopi, teh, hingga smoothie.

4. Membunuh bakteri

Manfaat minum VCO sebelum tidur salah satunya adalah dapat membantu membunuh bakteri. Asam laurat yang terdapat pada minyak VCO dipercaya bisa membunuh bakteri, jamur, dan virus yang bersarang di dalam tubuh. Ini karena hampir 50 persen minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang cukup tinggi. Asam laurat ini ketika dicern akan berubah menjadi zat monolaurin yang bisa membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Beberapa orang juga meyakini berkumur dengan minyak VCO dapat menghilangkan bakteri mulut, namun klaim ini masih harus dibuktikan lebih lanjut.

5. Menyehatkan kulit dan rambut

Ketika digunakan secara topikal (oles), minyak VCO banyak dimanfaatkan sebagai obat eksim maupun melembabkan kulit kering. Manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan kulit dan rambut ini dapat diperoleh dengan mengoleskan minyak VCO sebagai pelindung rambut yang dipercaya dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Sehat dan Lebat

6. Melancarkan pencernaan

Manfaat VCO untuk kesehatan selanjutnya, yaitu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan karena membuat tubuh lebih baik dalam menyerap vitamin dan mineral laut dalam lemak, seperti kalsium dan magnesium.

Penelitian menunjukkan, MCT dalam kandungan virgin coconut oil dapat membantu pemecahan dan pencernana lipid dalam tubuh.

Pesan dari SehatQ

Secara umum, minyak VCO aman digunakan sebagai obat oles pada kulit maupun diminum secara rutin untuk obat alamiah jangka pendek maksimal 12 minggu beruntun. Jika pengobatan dengan minyak VCO tidak membuahkan hasil, Anda sebaiknya memeriksakan kondisi Anda pada dokter yang kompeten.

Namun, mengonsumsi minyak VCO juga tidak boleh berlebihan, karena kandungan VCO juga mengandung lemak jenuh. 

Lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). Meningkatnya kadar kolesterol jahat dapat menghambat aliran darah di pembuluh darah dan memicu kemunculan penyakit kronis seperti sakit jantung, stroke, dan diabetes.

Jika ingin berkonsultasi secara langsung dengan dokter seputar manfaat VCO, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

minyak atsiri

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved