Tidak Main-Main, Ini Manfaat Minyak VCO untuk Kesehatan

Minyak VCO punya manfaat bagi kesehatan
Ilustrasi minyak VCO

Virgin coconut oil alias minyak VCO dikenal luas memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat luar sakit kulit hingga diminum untuk menyehatkan tubuh. Apa sebetulnya manfaat minyak VCO yang terbukti secara medis? Serta, apa bedanya minyak VCO dengan minyak kelapa jenis lainnya?

Tidak seperti minyak zaitun, sebutan virgin pada minyak kelapa tidak memiliki standar baku. Meski demikian, istilah virgin ini hanya bisa disematkan pada minyak kelapa murni yang pada prosesnya tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, atau dikurangi elemen-elemen tertentu yang ada di dalamnya.

Beda minyak VCO dengan minyak kelapa lainnya

Minyak VCO adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar. Proses pembuatannya juga menggunakan cara yang alami, tidak dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, apalagi mencampur zat-zat kimia.

Dengan cara tradisional, VCO bisa dibuat dengan memeras kelapa tua dan mengambil santannya. Santan ini kemudian diproses lewat fermentasi, mencampur enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air, dan minyak bening yang dikenal sebagai minyak VCO.

Dengan cara yang lebih modern, minyak VCO dibuat dengan mengeringkan kelapa tua segar dengan mesin khusus. Kelapa kering itu kemudian dimasukkan ke dalam mesin tekan untuk diambil minyak beningnya.

Selain minyak VCO, jenis minyak kelapa komersial lain berlabel refined dan partially hydrogenated. Minyak kelapa refined adalah minyak yang dipanaskan dan disaring lagi untuk menghilangkan bakteri, kotoran, serta bau langu pada minyak kelapa. Kadang kala, zat kimia seperti heksane digunakan dalam proses ini.

Minyak kelapa ‘kasta terendah’ adalah yang telah terhidrogenasi sebagian agar minyak ini lebih awet ketika disimpan. Proses pembuatan minyak kelapa jenis ini menghasilkan lemak trans yang justru berbahaya bagi kesehatan.

Manfaat minyak VCO untuk kesehatan

Dari penjelasan di atas, sangat jelas bahwa tidak semua minyak kelapa menyehatkan tubuh Anda. Namun bila Anda mengonsumsi minyak VCO, manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat ini didapatkan karena minyak VCO dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL dapat menyeimbangkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga tubuh Anda tidak rentan terkena kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung.

2. Menghasilkan keton

Minyak VCO juga mengandung rantai asam lemak trigliserida medium (MCTs) yang bisa langsung diubah oleh organ hati menjadi keton. Keton memiliki efek yang luar biasa bagi otak, seperti mencegah epilepsi dan Alzheimer, meski khasiat ini masih butuh penelitian lebih dalam.

3. Menurunkan berat badan

Kandungan MCTs pada minyak VCO juga disebut-sebut dapat membantu tubuh membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan Anda. Namun, minyak VCO tetap tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena cairan ini juga tinggi kalori.

4. Membunuh bakteri

Asam laurat yang terdapat pada minyak VCO dipercaya bisa membunuh bakteri, jamur, dan virus yang bersarang di dalam tubuh. Beberapa orang juga meyakini berkumur dengan minyak VCO dapat menghilangkan bakteri mulut, namun klaim ini masih harus dibuktikan lebih lanjut.

5. Menyehatkan kulit dan rambut

Ketika digunakan secara topikal (oles), minyak VCO banyak dimanfaatkan sebagai obat eksim maupun melembabkan kulit kering. Mengoles minyak VCO sebagai pelindung rambut juga dipercaya dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Secara umum, minyak VCO aman digunakan sebagai obat oles pada kulit maupun diminum untuk obat alamiah jangka pendek maksimal 12 minggu beruntun. Jika pengobatan dengan minyak VCO tidak membuahkan hasil, Anda sebaiknya memeriksakan kondisi Anda pada dokter yang kompeten.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/282857
Diakses pada 26 Juni 2020

Harvard. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/coconut-oil/
Diakses pada 26 Juni 2020

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1092/coconut-oil
Diakses pada 26 Juni 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-coconut-oil
Diakses pada 26 Juni 2020

Artikel Terkait