Tidak Harus Mahal, Manfaat Anti Aging Juga Bisa Didapatkan Secara Alami

(0)
23 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Efek anti aging juga bisa didapatkan secara alamiBrokoli dianggap sebagai salah satu sayuran yang memiliki efek anti aging
Manfaat anti aging atau anti-penuaan banyak ditawarkan sebagai salah satu keuntungan dalam penggunaan produk-produk kecantikan. Dalam konteks kecantikan dan kesehatan kulit, anti aging adalah produk atau teknik yang dirancang sedemikian rupa untuk mencegah atau menghambat penuaan.Istilah anti aging saat ini memang banyak digunakan dengan cara berbeda. Untuk kelompok ilmiah, riset anti aging secara khusus merujuk pada upaya memperlambat, mencegah, atau membalikkan proses penuaan. Namun, hingga saat ini belum ada bukti nyata atau teknologi medis yang benar-benar mampu memperlambat atau membalikkan proses penuaan pada manusia.Secara medis, anti aging lebih merujuk pada pengobatan medis yang merupakan deteksi dini, pencegahan, dan perawatan penyakit yang berkaitan dengan penuaan. Tentunya hal ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan upaya untuk mencegah proses penuaan, di mana ada banyak cara dan terapi yang saat ini tersedia untuk memenuhi tujuan tersebut.

Produk-produk mengandung anti aging

Tampilan fisik kerap dijadikan acuan untuk melihat adanya proses penuaan. Kulit kering, kendur, pori-pori membesar, dan berkerut biasanya dikaitkan sebagai tanda-tanda penuaan. Maka tidak mengherankan jika produk anti aging lebih banyak ditujukan untuk membantu tampilan luar seseorang berupa produk kosmetik dan perawatan kulit.Saat ini, produk anti aging ditawarkan dalam berbagai bentuk, seperti:
  • Krim
  • Losion
  • Tonik
  • Lulur
  • Masker
  • Serum
  • Minyak
  • Minuman kolagen
  • Suplemen.
Perlu diingat bahwa proses penuaan yang muncul di permukaan (tampilan fisik), tidak terlepas dari proses metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan nutrisi, gaya hidup tidak sehat, atau gangguan kesehatan fisik dan mental dapat membuat tanda penuaan terlihat lebih jelas. Bahkan, bisa jadi tanda-tanda ini muncul lebih cepat, yang disebut dengan proses penuaan dini.Efektivitas produk anti aging dapat berbeda bagi setiap orang. Apa pun rangkaian produk anti aging yang akan Anda gunakan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kecantikan yang tepercaya. Bacalah setiap ketentuan, termasuk dosis dan efek samping dari setiap produk anti aging yang Anda gunakan.

Sumber anti aging alami

Delima memiliki kandungan untuk menghambat penuaan
Delima punya manfaat dalam menghambat penuaan
Selain dari produk jadi yang beredar di pasaran, manfaat anti aging juga bisa didapatkan dari bahan-bahan alami. Berikut ini adalah sumber alami anti aging yang bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

1. Bayam

Bayam sangat efektif dalam menghidrasi tubuh karena kandungan airnya dan memberikan manfaat lebih bagi kesehatan rambut. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada bayam juga dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus.

2. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C yang penting bagi produksi kolagen. Tidak hanya itu, sayuran ini juga memiliki beragam kandungan anti aging lainnya yang baik untuk kesehatan kulit dalam meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit.

3. Selada air

Kandungan antioksidan pada vitamin A dan C dalam selada air berfungsi sebagai anti aging yang menetralisir radikal bebas berbahaya, membantu mengurangi gari-garis halus, dan kerutaan di wajah.

4. Alpukat

Alpukat memiliki manfaat penting bagi kulit, seperti menyingkirkan sel kulit mati, membuat kulit halus berseri, dan membantu mencegah kanker kulit.

5. Ubi

Kandungan beta karoten dalam ubi dapat mengembalikan elastisitas kulit dan membantu regenerasi sel sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat.

6. Delima

Delima mengandung senyawa khusus yang disebut punicalagins. Senyawa ini dapat membantu menjaga kandungan kolagen untuk memperlambat tanda-tanda penuaan.

7. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kulit sehingga mampu meningkatkan elastisitas kulit dan menyamarkan kerutan.

8. Blueberry

Selain mengandung vitamin A dan C, kandungan antosianin dalam blueberry juga berperan penting sebagai agen anti aging dan mencegah kehilangan kolagen.

9. Paprika merah

Kandungan vitamin C berlimpah dalam paprika merah dapat mendorong produksi kolagen yang menyehatkan kulit. Kandungan karotenoid juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan radikal bebas.

10. Kacang-kacangan

Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan, seperti asam lemak omega 3 mampu mencegah kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan minyak alami kulit sehingga tampak lebih berseri.Mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan anti aging tidak hanya memberikan manfaat bagi kulit. Berbagai nutrisi penting dari makanan tersebut juga bermanfaat bagi penglihatan, rambut, otak, pencernaan, kardiovaskuler, dan lain sebagainya.Jika Anda punya pertanyaan seputar anti aging, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitproduk kecantikanpenuaan
Lexico. https://www.lexico.com/definition/anti-ageing
Diakses 8 Oktober 2020
Fight Aging. https://www.fightaging.org/archives/2002/11/what-is-antiaging/
Diakses 8 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/premature-aging
Diakses 8 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/anti-aging-foods
Diakses 8 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait