Tidak Hanya Sekedar Penghubung, Ini Fungsi Tulang Lengan Atas

Fungsi tulang tangan atas adalah menyambungkan lengan dengan bahu
Tulang tangan atas berfungsi menyambungkan lengan dengan bahu

Selama ini Anda merasa bahwa tulang lengan bawah memiliki peranan yang besar, tetapi jangan lupa, tulang lengan atas juga memiliki kegunaannya sendiri. Tulang lengan atas atau humerus berada di antara persendian sikut dan bahu.

Namun, tulang lengan atas sebenarnya juga tersusun dari bagian bahu. Lantas, apa fungsi tulang lengan atas? Pastinya, tulang lengan atas tidak hanya berfungsi sebagai penyambung bahu dan tulang lengan bawah saja.

Apa fungsi tulang lengan atas?

Seperti yang telah disampaikan di atas, tulang lengan atas terletak di antara persendian sikut dan bahu. Pada bagian persendian sikut, tulang lengan atas terhubung ke bagian ujung tulang hasta dan pada bagian bahu, tulang lengan atas terhubung ke bahu melalui tulang belikat.

Tulang belikat adalah tulang yang menyambungkan keseluruhan lengan atau lebih tepatnya tulang lengan atas dengan badan dan memiliki bentuk seperti segitiga pipih. Humerus atau tulang lengan atas, terletak di antara tulang belikat dan persendian sikut.

Tulang lengan atas juga disambungkan dengan tulang selangka yang juga berguna untuk menyebarkan tekanan secara merata dari lengan bagian atas ke kerangka tubuh.

Fungsi tulang lengan atas atau humerus adalah menjadi tempat melekatnya 13 otot dan ligamen yang menggerakkan tangan dan sikut. Tulang lengan atas adalah salah satu tulang paling panjang dalam tubuh manusia.

Secara garis besar, fungsi tulang lengan atas adalah membantu Anda untuk bisa mengangkat  barang dan bergerak dengan leluasa. Selain itu, fungsi tulang lengan atas adalah menjadi tempat menjalarnya pembuluh arteri dan saraf.

Gangguan pada fungsi tulang lengan atas

Salah satu cedera yang bisa terjadi dan mengganggu fungsi tulang lengan atas adalah keretakan atau patah tulang lengan atas. Biasanya, retak atau patah tulang lengan atas disebabkan karena terjatuh dengan posisi lengan terentang atau karena pukulan yang keras.

Tulang lengan atas yang patah biasanya tidak bergoyang-goyang dan tetap pada tempatnya. Saat Anda mengalami retak atau patah tulang lengan atas, Anda akan mengalami rasa nyeri, pembengkakan, dan kesulitan dalam menggerakkan lengan atas dan bahu

Terkadang, jika saraf di tulang lengan atas rusak karena patah atau retak tulang lengan atas, maka Anda bisa saja merasa kebas di bagian lengan atas. Selain itu, suara gemeretak juga dapat terdengar bila bahu digerakkan.

Pada kasus tertentu, patah tulang lengan atas dapat membuat bentuk lengan atas terlihat tidak normal. Patah tulang lengan atas dengan pecahan yang mencuat keluar dapat menyebabkan pendarahan.

Umumnya, retak atau patah tulang lengan atas dialami oleh kaum lansia dan penanganannya tergantung dari jenis retak atau patah tulang lengan atas yang dialami.

Bagaimana cara mengetahui retak atau patah tulang lengan atas?

Retak atau patah tulang lengan atas tentunya sangat mengganggu fungsi tulang lengan atas dan harus segera diatasi. Sebelum menentukan penanganan yang tepat, dokter akan memeriksa kondisi tulang lengan atas terlebih dahulu.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada lengan atas dan bahu terlebih dahulu serta menanyakan mengenai gejala yang dialami. Setelahnya, dokter akan memeriksa lebih detail dengan x-ray dan CT scan dari berbagai sisi lengan atas dan bahu.

Apa saja penanganan dari retak atau patah tulang lengan atas?

Retak atau patah tulang lengan atas yang tidak parah tidak akan diberikan penanganan khusus karena dapat sembuh sendirinya. Namun, penderita retak atau patah tulang lengan atas dapat diberikan alat penyokong lengan berupa kain.

Bila retak atau patah tulang lengan atas parah, dokter akan menyarankan bedah untuk menyatukan patahan dengan kawat, baut, dan lempengan besi dengan tepat. Pada kasus yang parah, operasi harus dilakukan untuk mengganti persendian bahu.

Setelah sudah agak baikan, dokter akan memberikan latihan fisik agar persendian bahu bisa bergerak dengan benar. Latihan fisik ini bertujuan untuk mencegah persendian bahu menjadi kaku setelah retak atau patah tulang lengan atas sudah sembuh.

Apabila Anda mengalami retak atau patah tulang lengan atas, segera konsultasikan ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/humerus-bone#1
Diakses pada 16 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/arm#forearm-muscles
Diakses pada 16 Desember 2019

John Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/humerus-fracture-upper-arm-fracture
Diakses pada 16 Desember 2019

MSD Manual. https://www.msdmanuals.com/home/injuries-and-poisoning/fractures/upper-arm-fractures
Diakses pada 16 Desember 2019

Physiopedia. https://www.physio-pedia.com/Humerus

Diakses pada 16 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed