logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

6 Penyebab Wanita Susah Orgasme dan Cara Mengatasinya

open-summary

Wanita susah orgasme atau anorgasmia bisa disebabkan oleh stres, penyakit, efek samping obat, menopause, hingga konflik terpendam dengan pasangan. Penanganan yang tepat harus dilakukan sesuai penyebabnya.


close-summary

3.68

(28)

8 Okt 2019

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Wanita susah orgasme saat berhubungan bisa disebabkan oleh stres, penyakit, efek samping obat, hingga menopause

Faktor psikologis bisa menjadi penyebab wanita susah orgasme

Table of Content

  • 6 Penyebab wanita susah orgasme
  • 5 Solusi untuk wanita yang susah orgasme
  • Catatan dari SehatQ

Ketidakmampuan atau kesulitan mencapai orgasme bukanlah hal yang jarang terjadi bagi para wanita. Istilah susah orgasme ini dikenal sebagai anorgasmia. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan wanita susah orgasme, di antaranya karena faktor fisik dan psikologis.

Advertisement

Untuk mengatasinya, langkah yang bisa dilakukan perlu disesuaikan dengan penyebab awalnya. Beberapa wanita membutuhkan bantuan terapis untuk mengembalikan gairah bercinta sehingga bisa mencapai klimaks.

6 Penyebab wanita susah orgasme

Rokok bisa menjadi penyebab wanita susah orgasme
Penyebab wanita susah orgasme salah satunya rokok

Penyebab wanita tidak bisa klimaks saat berhubungan seks ada beragam. Pada kebanyakan wanita, hubungan seks yang ideal membutuhkan lebih dari sekadar sentuhan fisik. Diperlukan koneksi emosional agar bisa mencapai kepuasan maksimal hingga orgasme bisa tercapai.

Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan karena bisa menjadi penyebab wanita susah orgasme:

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan merokok dapat mengganggu kemampuan wanita untuk mencapai orgasme. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut bisa mengganggu fungsi beberapa organ tubuh.

Kebiasaan merokok, misalnya, dapat menghambat aliran darah ke organ seksual, sehingga fungsinya tidak bisa berjalan normal dan kesulitan menerima rangsangan yang diberikan.

  1. Ada riwayat penyakit tertentu

Beberapa penyakit juga dapat menurunkan gairah seksual seorang wanita. Radang sendi atau arthritis, misalnya, dapat membuat wanita merasakan nyeri kronis yang membuatnya tidak nyaman saat berhubungan intim, sehingga sulit mencapai puncak kenikmatan.

Penyakit lain yang dinilai berpengaruh pada kemampuan wanita mencapai orgasme adalah penyakit jantung dan multiple sclerosis.

Prosedur medis seperti operasi pengangkatan rahim juga pada beberapa wanita bisa menghambat kemampuannya untuk mencapai orgasme.

  1. Efek samping obat-obatan

Beberapa obat-obatan bisa menimbulkan efek samping yang menjadi penyebab wanita susah klimaks. Contohnya obat darah tinggi, antihistamin, dan antipsikotik. Salah satu jenis obat yang paling sering menyebabkan gangguan seksual adalah obat antidepresan, terutama jenis selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs).

  1. Faktor usia

Semakin bertambahnya usia seorang wanita, maka akan ada berbagai perubahan yang terjadi di tubuh. Ketidakseimbangan hormon akibat menopause hingga perubahan anatomi organ kewanitaan dan sistem peredaran darah bisa memengaruhi kemampuan wanita mencapai orgasme.

  1. Faktor psikologis

Faktor psikologis turut berperan penting dalam memicu masalah orgasme pada wanita. Stres, gangguan mental, seperti kecemasan dan depresi, penilaian bentuk tubuh yang buruk, serta pernah dilecehkan saat masih kecil dapat membuat wanita kesulitan mencapai orgasme.

Selain itu, rasa malu dan takut saat berhubungan seksual hingga faktor budaya dan agama juga tak luput menjadi salah satu hal yang bisa memengaruhi kemampuan wanita dalam pencapaian orgasme.

  1. Punya masalah dengan pasangan

Hubungan dengan pasangan sudah pasti dapat berpengaruh terhadap kemampuan mencapai orgasme. Kurangnya keintiman dan komunikasi dengan pasangan bisa menjadi akar permasalahan yang membuat wanita susah orgasme.

Adanya konflik yang belum terselesaikan, masalah kepercayaan, dan perilaku kekerasan dalam rumah tangga juga turut berpartisipasi menimbulkan masalah susah orgasme.

5 Solusi untuk wanita yang susah orgasme

Solusi untuk mengatasi wanita susah orgasme perbanyak stimulasi di klitoris
Solusi untuk wanita yang susah orgasme adalah perbanyak stimulasi di area klitoris

Penanganan susah orgasme tergantung dari penyebabnya. Apabila penyebabnya susah orgasme adalah karena kondisi medis, dokter akan mencari cara untuk mengatasi masalah medis yang dialami.

Ketika susah orgasme terjadi karena menopause, maka Anda dapat menjalani terapi estrogen, berupa koyo, gel, krim, ataupun pil. Selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum memilih jenis terapi estrogen ataupun pengobatan alternatif lainnya.

Penanganan susah orgasme tidak harus selalu dengan pengobatan medis, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah orgasme, seperti:

  1. Meningkatkan stimulasi seksual

Wanita mungkin mengalami masalah susah orgasme karena belum mendapatkan stimulasi seksual yang cukup. Umumnya, wanita akan lebih mudah orgasme dengan stimulasi di klitoris.

Oleh karenanya, Anda dapat meminta pasangan untuk melakukan lebih banyak stimulasi klitoris dengan berbagai gaya bercinta. Anda dan pasangan juga bisa menggunakan sex toy dan berfantasi seksual saat sedang berhubungan intim.

  1. Tenangkan pikiran dan rasakan stimulasi yang diberikan

Saat sedang berhubungan seksual, fokus kepada stimulasi yang diberikan dan jangan pikirkan hal lain. Tenangkan pikiran Anda dan jangan merasa cemas saat menjalani hubungan intim bersama pasangan.

Tidak perlu khawatir mengenai kapasitas Anda dalam memuaskan pasangan, Anda cukup fokus dalam merasakan sensasi-sensasi menyenangkan yang diberikan oleh pasangan.

  1. Kontraksikan otot-otot saat bercinta

Anda memang harus tenang saat berhubungan intim, tetapi kadangkala menegangkan atau mengkontraksikan otot paha, pantat, dan perut dapat membantu Anda mencapai orgasme. Menegangkan otot dapat meningkatkan aliran darah ke alat vital dan membantu pencapaian orgasme.

Anda juga bisa mencapai orgasme dengan menegangkan otot-otot pada bagian bawah panggul. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan latihan senam kegel yang dapat mengaktivasi otot bagian bawah panggul.

  1. Mengenali diri dengan lebih baik

Wanita yang susah orgasme bisa mulai mengenali atau mengetahui bagian-bagian tubuh mana saja yang sensitif dan menimbulkan sensasi menyenangkan saat disentuh.

Anda bisa mengeksplorasi diri dengan menggunakan tangan ataupun sex toy secara sendiri ataupun bersama dengan pasangan. Komunikasikan dengan pasangan mengenai cara stimulasi serta area mana yang ingin disentuh.

  1. Mengikuti terapi atau konseling

Apabila susah orgasme diakibatkan oleh permasalahan psikologis atau hubungan dengan pasangan, maka Anda dapat mengikuti konseling bersama pasangan untuk dapat menyelesaikan konflik dalam hubungan.

Selain itu, Anda dan pasangan juga bisa menjalani terapi seks yang bisa membantu menjalin komunikasi dengan pasangan dan membentuk perilaku yang mendukung keharmonisan rumah tangga.

Terapi seks juga terdiri dari edukasi seks yang mungkin bisa membantu Anda dan pasangan saat berhubungan intim.

Baca Juga

  • Cara Bijak Menghadapi dan Mendampingi Orang yang Terinfeksi HIV
  • Makanan Penambah Libido yang Aman untuk Pria
  • 8 Penyebab Libido Pria Rendah

Catatan dari SehatQ

Komunikasi dan keterbukaan adalah dasar dari mengatasi susah orgasme. Oleh sebab itu, selalu komunikasikan apa yang disukai atau tidak disukai oleh Anda ke pasangan, serta selesaikan konflik yang menerpa hubungan.

Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk mencapai orgasme, karena terkadang kenikmatan dalam berhubungan seksual tidak harus selalu dengan mencapai orgasme. Bila masalah susah orgasme yang dirasakan mengganggu, konsultasikanlah ke dokter, psikolog, atau psikiater.

Advertisement

hubungan seksorgasmemasalah seksualsekshubungan seksualtips seks

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved