Tidak Hanya Perut Six Pack, Ini 11 Manfaat Sit up Lainnya

Sit up adalah latihan "klasik" dengan segudang manfaat. Sudahkah Anda sit up hari ini?
Salah satu manfaat sit up adalah menstabilkan dan menyeimbangkan tubuh.

Sit up menjadi salah satu gerakan olahraga yang sangat dasar. Hampir setiap orang mahir melakukannya. Itulah sebabnya, manfaat sit up sering diremehkan. Padahal, manfaatnya sangat besar. Tidak hanya membentuk otot perut saja, masih banyak manfaat sit up lainnya yang patut Anda coba!

Berbagai manfaat sit up yang tak boleh diremehkan

Sit up adalah olahraga perut “klasik” yang dilakukan dengan cara berbaring terlentang, dan mengangkat tubuh. Inti dari gerakan ini adalah mengencangkan otot perut menggunakan berat badan.

Jadikanlah beberapa manfaat sit up di bawah ini, sebagai alasan untuk tidak melewatkan sesi sit up di rumah maupun gym.

1. Meningkatkan performa atletik

Manfaat sit up yang pertama ini sangatlah penting bagi Anda yang suka berolahraga. Bayangkan saja, rajin sit up ternyata bisa meningkatkan daya tahan atlet saat berolahraga, lho. Selain itu, sit up secara teratur bisa membuat Anda “tahan banting” saat sedang melakukan aktivitas fisik berintensitas tinggi.

2. Meningkatkan massa otot

Berdasarkan penelitian beberapa waktu lalu, wanita lanjut usia (lansia) yang bisa memperagakan sit up, cenderung terbebaskan dari sarkopenia (kondisi kehilangan otot karena penuaan). Sementara itu, wanita lansia yang mampu melakukan sit up sebanyak 10 kali, memiliki massa otot yang lebih besar. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikannya.

3. Melatih kekuatan otot perut (core)

Kekuatan core atau otot perut adalah salah satu motivasi terbesar untuk melakukan sit up. Dengan memperkuat bagian inti atau perut, risiko terserang cedera dan nyeri punggung pun berkurang. Selain itu, melatih kekuatan otot perut juga membuat Anda bergerak lebih mudah.

4. Tubuh yang lebih stabil dan seimbang

Sit up
Sit up bikin tubuh lebih stabil dan seimbang

Manfaat sit up selanjutnya ialah menstabilkan dan menyeimbangkan tubuh, terutama saat menjalani aktivitas fisik sehari-hari. Sit up membuat otot panggul, punggung bagian bawah, dan pinggul bekerja lebih harmonis. Jika hal ini telah dicapai, Anda tidak akan mudah terjatuh dan mengalami cedera.

5. Meningkatkan fleksibilitas

Gerakan tulang belakang saat melakukan sit up bisa mencegah kekakuan tulang belakang dan pinggul. Sit up juga membuat pinggul dan punggung Anda lebih fleksibel. Otomatis, mobilitas tubuh pun meningkat.

Meningkatnya fleksibilitas tubuh bisa membuat sirkulasi darah lebih lancar, menambah konsentrasi, mengurangi stres, dan menambah energi.

6. Meningkatkan postur tubuh

Sering sit up disebut bisa membuat pinggul, tulang belakang, dan bahu tetap sejajar. Otomatis, postur tubuh yang baik akan didapatkan.

Memiliki postur tubuh yang baik akan membawa manfaat untuk Anda, yakni mengurangi ketegangan tubuh, meningkatkan energi dan pernapasan.

7. Menurunkan risiko nyeri punggung

Sit up juga memperkuat punggung bawah, pinggul, hingga panggul. Dengan begitu, risiko nyeri punggung bisa dihindari. Namun, Anda harus tetap hati-hati dalam melakukan sit up. Jika melakukan kesalahan dalam bergerak, maka nyeri punggung malah akan datang.

8. Memperkuat diafragma

Diafragma adalah pemisah rongga perut dan rongga dada. Ketika menarik napas, tubuh akan menggunakan diafragma untuk mendapatkan oksigen maksimal. Manfaat sit up selanjutnya adalah memperkuat diafragma.

Jika diafragma Anda kuat, maka pola pernapasan akan meningkat, stres bisa berkurang, daya tahan atletik pun terjaga.

9. Meningkatkan prestasi akademik

Jika dipikir-pikir, sit up dengan prestasi akademik di sekolah memang tak ada hubungannya. Namun menurut sebuah riset, para pelajar yang mendapatkan skor baik dalam tes olahraga sit up, juga mendapatkan prestasi akademik yang membanggakan.

Para peneliti percaya, tingkat kebugaran siswa-siswi dapat memengaruhi prestasi akademik di sekolah.

10. Membentuk otot perut (six pack)

Sudah jelas kalau manfaat sit up yang paling terkenal adalah membentuk otot perut alias six pack. Namun ingat, melakukan sit up saja tidak cukup untuk mendapatkan six pack. Barengi dengan diet sehat dan istirahat yang cukup, ya!

11. Mempermudah aktivitas fisik

Akibat penuaan, melakukan hal-hal yang mudah seperti mengikat tali sepatu, bisa terasa sulit. Itulah sebabnya, melakukan latihan perut dengan sit up, bisa membantu Anda melakukan aktivitas fisik di usia tua.

Selain itu, bagi para atlet atau pencinta olahraga, manfaat sit up juga sangat berguna untuk menjaga ketahanan tubuh dan menghindari kondisi mudah lelah, saat beraktivitas fisik.

Cara melakukan sit up yang tepat

Berbagai macam manfaat sit up di atas tidak bisa diraih jika Anda tak melakukan sit up dengan benar. Maka dari itu, ketahuilah cara melakukan sit up yang benar ini:

  • Berbaringlah dengan punggung menempel di lantai, sambil menekukkan lutut. Tempelkan kaki ke lantai. Jika merasa kesulitan, mintalah seseorang untuk memberikan tekanan pada kaki Anda, supaya gerakan sit up bisa stabil
  • Letakkan kedua tangan di samping kepala, sentuhlah telinga atau taruh tangan secara menyilang di bahu. Hindari mendorong leher ke atas
  • Tarik napas dan angkat tubuh bagian atas, tekukkan ke arah lutut. Jangan lupa untuk mengembuskan napas saat melakukannya
  • Turunkan tubuh bagian atas secara pelan-pelan, sambil merasakan tekanan pada bagian perut. Kembali ke posisi semula, dan ulangi dari awal.

Melakukan sit up dengan baik dan benar adalah kunci agar Anda terhindari dari cedera yang malah bisa merugikan. Maka dari itu, jangan hanya tergoda dengan manfaat sit up saja, tapi kenali juga cara melakukan sit up yang benar.

Healthline. https://www.healthline.com/health/sit-ups-benefits#benefits
Diakses pada 28 Februari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/core-exercises/art-20044751
Diakses pada 28 Februari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/487008-how-to-do-a-correct-sit-up/
Diakses pada 28 Februari 2020

Artikel Terkait