Tidak Hanya Enak, 3 Makanan Khas Jawa Tengah Ini Juga Kaya Manfaat

(0)
05 Jul 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Makanan khas Jawa Tengah seperti trancam punya manfaat bagi kesehatanTrancam terbuat dari sayur-mayur segar
Kekayaan kuliner di Indonesia memang sangat beragam. Tidak hanya enak, banyak sekali makanan tradisional khas Indonesia yang kaya manfaat. Salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan kuliner lezat dan bermanfaat bagi kesehatan adalah Jawa Tengah.

Makanan khas Jawa Tengah yang enak dan sehat

Beriktu adalah beberapa jenis makanan khas Jawa Tengah yang enak dan tidak diragukan lagi kesehatannya.

1. Brekecek pathak jahan khas Cilacap

Brekecek pathak jahan Cilacap merupakan masakan berbahan kepala ikan Jahan (pathak Jahan) yang dibumbui berbagai rempah-rempah. Kepala ikan merupakan bahan makanan bergizi tinggi. Walaupun tidak sedikit orang yang enggan memakan kepala ikan, faktanya kepala ikan memiliki nutrisi lebih tinggi dari bagian lain di tubuhnya.Pada kepala ikan terdapat protein tinggi yang menyehatkan dan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dari produk daging merah apa pun. Sehingga, mengonsumsi kepala ikan tidak akan meningkatkan kolesterol.Selain itu, kepala ikan juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menyehatkan jantung, serta mengandung vitamin A dan DHA. Karena kandungan inilah mengonsumsi brekecek ikan sangat baik bagi kesehatan mata dan menjaga sistem imun tubuh.Brekecek pathak jahan dimasak dengan beragam bumbu dan rempah yang kaya rasa. Di antaranya adalah serai, salam, daun jeruk, bawang putih, kemiri, kunyit, dan jahe. Bumbu-bumbu tersebut sudah sering dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional untuk menjaga kesehatan. Jahe, misalnya, telah dikenal akan manfaatnya untuk menghangatkan badan, melegakan tenggorokan, dan menyehatkan pencernaan.Bawang putih telah banyak dikaitkan dengan kesehatan sirkulasi darah dan jantung, seperti mencegah aterosklorosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri), kolesterol tinggi, jantung koroner, dan darah tinggi.Penelitian yang diadakan oleh tim riset Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention di Tiongkok bahkan telah membuktikan bahwa bawang putih mampu menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 44 persen.

2. Urap mentah: Trancam

Trancam merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari beragam sayuran. Sekilas, trancam terlihat mirip dengan urap karena menggunakan bumbu campuran kelapa. Hanya saja, sayuran pada makanan trancam disajikan dalam kondisi mentah. Karena semua bahan dan bumbu trancam terbuat dari sayuran, makanan ini dapat dikonsumsi oleh vegetarian.Jangan salah, walaupun sayuran pada makanan trancam tidak dimasak, rasanya masih tetap enak. Bahkan, jika tepat memasaknya, aroma bumbu trancam yang sedap akan menghilangkan aroma sayuran mentah yang mungkin tidak disukai sebagian orang.Bahan utama untuk membuat trancam adalah tauge, mentimun, petai cina, dan kelapa parut. Tauge merupakan sayuran bernutrisi tinggi, di mana di dalamnya terkandung vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, magnesium, dan zat besi.Tauge juga kaya akan serat dan rendah karbohidrat. Mengonsumsi tauge secara rutin dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan bakteri baik dalam tubuh. Selain itu, tauge juga baik untuk menjaga kadar gula dan tekanan darah normal.Saat hendak mengonsumsi sayuran mentah, Anda harus benar-benar memerhatikan kebersihannya. Cuci sayuran dengan menggunakan cairan pembersih buah dan sayur sebelum dimasak dan disajikan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari bakteri dan zat-zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

3. Sop kimlo Solo

Sop kimlo adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Solo. Di dalam sop kimlo terdapat sumber nutrisi lengkap yang baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, serat, mineral, serta vitamin. Bahan-bahan utama pembuatan sop kimlo adalah soun, jamur kuping, daging ayam (khususnya bagian dada), telur puyuh, wortel, dan sedap malam.Tidak banyak makanan yang menyertakan bunga sedap malam sebagai bahannya. Padahal, bunga sedap malam (tuberose) memiliki manfaat yang tidak sedikit, seperti mencegah anemia, mengatasi insomnia, meningkatkan stamina, serta membantu mengatasi tenggorokan kering dan influenza. Maka tidak salah jika sop kimlo sesuai dimakan pada saat musim pancaroba yang biasanya menyebabkan imun tubuh menurun.Itulah makanan khas Jawa Tengah yang tidak hanya nikmat, tapi juga kaya manfaat bagi kesehatan. Bumbu-bumbu rempah yang melimpah dapat meningkatkan nutrisi masakan bagi tubuh. Jika ingin membuatnya sendiri, resep-resep masakan tersebut bisa dengan mudah didapat di internet.
makanan sehat
Onlymyhealth
https://www.onlymyhealth.com/fish-head-nutrition-facts-health-benefits-of-eating-it-1578641738
Diakses 21 Juni 2020
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/265853#benefits
Diakses 21 juni 2020
Livestrong
https://www.livestrong.com/article/390504-what-are-the-health-benefits-of-bean-sprouts/
Diakses 21 Juni 2020
Health Benefits Times
https://www.healthbenefitstimes.com/tuberose/
Diakses 21 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait