Tidak Haid 1 Bulan tapi Keputihan, Hamil atau Bukan?

(0)
30 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tidak haid 1 bulan tapi keputihan dapat mengindikasikan kondisi berbahayaKeputihan yang terjadi setelah sekian lama tidak haid perlu diwaspadai
Terlambat datang bulan biasanya dikaitkan sebagai tanda awal kehamilan. Lalu, bagaimana jika Anda mengalami tidak haid 1 bulan tapi keputihan? Apakah itu juga merupakan gejala hamil ataukah ada masalah kesehatan lain yang harus Anda waspadai?Pada beberapa wanita, keputihan memang bisa menjadi salah satu tanda hamil yang muncul 1-2 minggu setelah konsepsi. Keputihan ini biasanya lebih banyak dari normal dan berwarna putih kekuningan.Untuk memastikan kehamilan, Anda tentu harus melakukan tes menggunakan test pack atau ultrasonografi di dokter kandungan. Jika ternyata penyebab telat haid plus keputihan bukanlah kehamilan, berarti ada penyebab lain yang harus Anda ketahui.

Penyebab tidak haid 1 bulan tapi keputihan

Bagi wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur, tidak haid 1 bulan tapi keputihan mungkin jadi hal biasa yang tidak mengindikasikan kondisi apa pun, termasuk kehamilan. Yang dimaksud dengan menstruasi tidak teratur sendiri adalah ketika Anda memiliki siklus haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir dan kondisi ini berlangsung setiap bulan.Meskipun demikian, telat haid 1 bulan tapi keputihan dan tidak hamil juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan di dalam tubuh Anda, seperti:

1. Stres

Bukan rahasia lagi bahwa stres dapat mengakibatkan gangguan siklus menstruasi, termasuk telat haid 1 bulan tapi keputihan. Hal yang sama berlaku juga pada gaya hidup tidak sehat yang mengakibatkan penurunan berat badan secara ekstrem sehingga juga mengganggu siklus haid.

2. Penggunaan pil KB dan obat lainnya

Minum pil KB dapat mengganggu siklus haid, begitu pula jika Anda baru mulai menghentikan kebiasaan yang mungkin sudah berlangsung bertahun-tahun ini. Gangguan siklus menstruasi bisa terjadi hingga 6 bulan ke depan.Selain itu, obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, steroid, atau pengencer darah, juga dapat membuat Anda telat haid 1 bulan tapi keputihan. Kondisi ini biasanya teratasi ketika Anda menghentikan penggunaan obat tersebut.

3. Infeksi ragi

Ketika keputihan Anda diakibatkan oleh infeksi ragi Candida albicans, maka keputihan Anda juga akan berbau, menimbulkan rasa gatal, dan nyeri saat buang air kecil. Masalah ini bisa diatasi dengan penggunaan obat topikal yang dioles di vagina, namun sebaiknya hanya digunakan dengan rekomendasi dokter bila Anda sedang mengandung.

4. Perimenopause

Jika Anda merupakan wanita yang berusia di atas 40 tahun, terlambat datang bulan yang disertai keputihan bisa jadi gejala perimenopause atau saat ketika Anda sudah mendekati masa menopause. Jika ini merupakan penyebab tidak haid 1 bulan tapi keputihan, maka Anda biasanya juga akan mengalami gejala lainnya, seperti mood swing, rasa nyeri saat berhubungan seksual, dan peningkatan berat badan.

5. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah terjadinya kehamilan di luar rahim, terutama di tuba falopi. Selain keputihan, tidak keluarnya darah haid pada kondisi ini juga dibarengi dengan sakit perut, keluarnya darah dari vagina, pusing, pingsan, dan tekanan darah rendah.

6. Endometriosis

Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan dinding rahim di luar kandungan yang salah satu gejalanya mungkin adalah telat haid 1 bulan, tapi keputihan. Endometriosis dapat mengakibatkan infertilitas dan rasa nyeri saat berhubungan seksual.

7. Radang panggul

Radang panggul terjadi ketika ada bakteri yang menginfeksi vagina serta menyebar ke rahim dan saluran kelamin bagian atas. Selain terlambat datang bulan dan keputihan berlebih, Anda juga akan mengalami demam, mual dan muntah, sakit di area panggul, hingga diare.

8. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah bentuk kelainan keseimbangan hormon yang dapat memicu terjadinya telat haid 1 bulan, tapi menstruasi. Dalam jangka panjang, kondisi ini juga bisa mengakibatkan infertilitas.

9. Fibroid rahim atau polip

Fibroid rahim dan polip adalah semacam daging tumbuh yang tidak bersifat kanker, namun bisa mengganggu siklus menstruasi wanita. Selain itu, Anda juga mungkin mengalami kram maupun pendarahan berlebihan saat haid.Selain daftar penyebab di atas, telat haid 1 bulan tapi keputihan juga mungkin terjadi ketika Anda mengidap kanker rahim atau serviks, mengalami gangguan pada kelenjar pituitari, hingga anemia dan penyakit tiroid. Untuk memastikannya, periksakanlah kondisi Anda ke dokter.
haidkeputihan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/cramps-no-period-and-white-discharge
Diakses pada 17 Juli 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/pms/irregular-periods.aspx
Diakses pada 17 Juli 2020
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/missed_period_vaginal_discharge_and_vaginal_odor/multisymptoms.htm
Diakses pada 17 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait