Tidak Bikin Masuk Angin, Bayi Mandi Air Dingin Sah-Sah Saja

Saat memandikan bayi di dalam bak, topang area kepala, leher, dan tangan menggunakan satu tangan, sementara tangan lainnya menyabuni
Tidak ada bukti ilmiah bahwa bayi mandi air dingin dapat menyebabkan mereka rentan jatuh sakit

Waktu mandi bersama si Kecil bisa jadi sangat menyenangkan. Namun kadang, wajar jika orangtua baru merasa ragu apakah boleh bayi mandi air dingin?

Jika khawatir bayi masuk angin karena mandi air dingin, kabar baiknya hal itu tidak terbukti secara ilmiah.

Selain soal bayi mandi air dingin, ada mitos yang berkembang bahwa ibu baru yang mandi air dingin dan menyusui bayinya secara langsung, rentan membuat si Kecil demam. Namun lagi-lagi, tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan mitos ini.

Bolehkah bayi mandi air dingin?

Pada dasarnya, tidak ada masalah memandikan bayi dengan air hangat ataupun dingin. Justru yang sangat tidak direkomendasikan adalah memandikan bayi dengan air terlalu panas.

Apabila Anda memandikan bayi dengan air hangat, siapkan terlebih dahulu air dingin. Kemudian perlahan, masukkan air hangat dan ukur suhunya dengan tangan Anda secara langsung.

Jangan hanya mengukur suhu di satu titik, tapi ratakan suhu air secara menyeluruh untuk menghindari adanya air yang terlalu panas.

Bagaimana dengan bayi mandi air dingin?

Tidak ada bukti ilmiah bahwa bayi mandi air dingin dapat menyebabkan mereka rentan jatuh sakit. Justru, kemungkinan bayi masuk angin atau sakit bisa terjadi karena:

  • Bayi basah terlalu lama

Setelah bayi mandi, disarankan untuk segera mengeringkan tubuhnya dengan handuk. Terlebih untuk bayi yang mengalami kulit kering, jangan menggosok kulitnya dengan handuk, cukup ditepuk-tepuk saja secara perlahan.

Membiarkan bayi basah terlalu lama setelah mandi dapat menyebabkan masuk angin. Tak hanya setelah mandi, sebaiknya jangan membiarkan popok bayi basah terlalu lama dan segera ganti dengan yang kering.

  • Berpakaian tidak sesuai cuaca

Hal lain yang bisa menyebabkan masuk angin selain bayi mandi air dingin adalah ketika berpakaian tidak sesuai cuaca. Contohnya saat udara dingin, sebaiknya pasangkan jaket atau baju yang lebih hangat. Tubuh bayi belum bisa menyesuaikan suhu dengan cepat, sehingga lebih rentan dari orang dewasa.

Saat tidur malam pun, pastikan si kecil menggunakan selimut atau pakaian tidur yang melindungi bagian tubuhnya. Hal ini dapat mengurangi risiko bayi terserang penyakit.

  • Suhu AC ruangan tidak tepat

Sebagian besar dokter anak setuju bahwa suhu AC ideal untuk bayi adalah antara 25-26 derajat Celsius. Sebelum tidur, pastikan menyalakan AC dan pengaturan kipasnya dengan tepat.

  • Terpapar asap rokok

Tak hanya sebagai perokok pasif saja, paparan residu dan asap rokok berupa thirdhand smoke juga rentan menyebabkan bayi terserang penyakit. Thirdhand smoke adalah abu rokok yang menempel di baju, kursi, tembok, karpet, rambut, kulit atau permukaan lainnya. Pastikan anak selalu terlindungi dari asap rokok karena bisa menyebabkan kekebalan tubuhnya menurun.

Selain beberapa hal di atas, ada banyak hal yang menyebabkan anak terserang penyakit seperti demam atau umum disebut masuk angin. Jadi, jika bayi mandi air dingin sebentar saja, tidak akan mengakibatkan mereka jatuh sakit.

Tips aman memandikan bayi

Tak hanya suhu air saja, ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memandikan si Kecil. Pastikan selalu waspada karena ada banyak risiko insiden atau cedera saat berada di kamar mandi.

Beberapa tips aman memandikan bayi di antaranya:

  • Takaran air

Untuk bayi baru lahir, sebaiknya tidak mengisi air terlalu penuh karena refleks bayi masih berkembang. Jangan isi air lebih tinggi dari paha bayi dalam posisi duduk. Selain itu, pastikan suhu air telah benar-benar tepat dan jangan memasukkan bayi ke air dengan keran masih menyala karena rentan ada perubahan suhu.

  • Menopang bayi

Tak kalah penting, topang pantat bayi dengan satu tangan, dan letakkan tangan lainnya di bawah leher dan pundak. Tangan yang menopang pantat bayi berfungsi untuk menyiramkan air sementara tangan satunya harus tetap stabil.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan dudukan untuk mandi agar lebih aman. Pastikan dudukan tersebut tidak licin agar bayi tidak tergelincir.

  • Jangan tinggalkan bayi

Meskipun hanya beberapa detik sekalipun, jangan pernah meninggalkan bayi sendiri di kamar mandi atau di dalam bak mandinya. Siapkan semua peralatan sebelum mandi agar tak perlu meninggalkannya jika ada yang tertinggal di kamar atau lemari.

Apabila ada telepon atau orang yang mengetuk pintu, jangan pula meninggalkan bayi seorang diri. Beberapa detik saja Anda lengah dapat membuat bayi terpeleset bahkan tenggelam. Bila memang benar-benar perlu meninggalkan kamar mandi, angkat bayi, selimuti dengan handuk, dan gendonglah bersama Anda.

Meskipun menyenangkan, jangan pernah lengah saat memandikan bayi. Situasi kamar mandi sangat rentan karena licin dan bayi masih belum bisa membantu dirinya sendiri jika terpeleset, bahkan meski dalam bak mandinya sendiri.

Pastikan menyiapkan segala sesuatunya dengan lengkap sebelum memandikan bayi. Urusan bayi mandi air dingin atau air hangat, itu pilihan orangtua dan keduanya sama baiknya.

Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a40/bathing-your-baby-safely
Diakses 28 November 2019

Baby Centre. https://www.babycenter.in/x1049741/will-my-baby-get-a-cold-if-i-have-a-bath-in-cold-water
Diakses 28 November 2019

First Cry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/what-is-the-safe-water-temperature-for-babys-bath/
Diakses 28 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed