Tidak Bikin Batuk, Kandungan Buah Rambutan Justru Bernutrisi

Belum ada penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa kandungan buah rambutan dapat menyebabkan batuk
Salah satu kandungan buah rambutan adalah serat yang mencapai 3 gram pada setiap 100 gram sajiannya

Buah rambutan berasal dari negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan tentunya Indonesia. Apabila dikupas, buah rambutan terlihat serupa dengan leci atau longan. Selain rasanya yang disukai banyak orang, kandungan buah rambutan juga baik untuk kesehatan.

Dalam 100 gram rambutan, kandungan nutrisi di dalamnya adalah:

  • Kalori 68
  • Lemak 0,3 gram
  • Sodium 16 mg
  • Karbohidrat 16 gram
  • Serat 3 gram
  • Gula 13 gram
  • Protein 1 gram

Manfaat buah rambutan

Dengan kandungan yang lengkap, tak heran rambutan termasuk buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Apa saja?

1. Kaya nutrisi dan antioksidan

Kandungan buah rambutan salah satunya adalah serat mencapai 3 gram pada setiap 100 gram sajiannya. Kandungan ini serupa dengan yang dimiliki buah apel, jeruk, dan juga pir.

Tak hanya itu, buah rambutan juga kaya akan vitamin C, buah yang membantu tubuh menyerap zat besi dengan mudah. Mengonsumsi 5 hingga 6 buah rambutan telah memenuhi separuh kebutuhan vitamin C harian seseorang.

Vitaminnya juga merupakan antioksidan sehingga melindungi tubuh dari kerusakan akibat zat radikal bebas.

2. Mengandung mineral penting

Kandungan buah rambutan yang tak kalah penting adalah copper atau tembaga yang membantu pertumbuhan serta pemeliharaan sel tubuh pada tulang, otak, dan juga jantung. 

Tak hanya itu, rambutan juga mengandung mineral penting lain seperti mangan, fosfor, potasium, magnesium, zat besi, dan juga zinc. Mengonsumsi 100 gram buah rambutan telah memenuhi 20% kebutuhan mineral.

3. Menyehatkan pencernaan

Kandungan buah rambutan yang kaya akan serat juga baik untuk pencernaan. Serat dalam rambutan membantu proses pembuangan zat sisa sehingga risiko terjadinya konstipasi atau sembelit bisa dihindari.

4. Cocok untuk diet

Bagi orang yang sedang menjalani diet atau tengah menjaga berat badan, rambutan bisa menjadi pilihan buah yang cocok. Dengan kandungan sekitar 68-75 kalori pada tiap 100 gram buah rambutan, mengonsumsi rambutan bisa menimbulkan sensasi kenyang lebih lama.

Dengan demikian, kemungkinan untuk makan berlebih atau berat badan naik drastis bisa dikurangi. Lebih jauh lagi, buah rambutan juga mengandung banyak cairan sehingga bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5. Mengatasi infeksi

Jika ada buah yang punya kemampuan mengatasi infeksi, maka rambutan termasuk dalam daftar. Sebut saja kandungan vitamin C yang membantu tubuh menangkal infeksi. Orang yang memiliki vitamin C terlalu sedikit lebih rentan mengalami infeksi.

6. Melindungi dari penyakit

Kandungan buah rambutan juga membantu melindungi seseorang dari penyakit seperti kanker, jantung, hingga diabetes. Kesimpulan ini diperoleh dari beberapa penelitian dan uji laboratorium. Meski demikian penelitian ini melibatkan kulit dan biji rambutan, keduanya tidak disarankan dikonsumsi oleh manusia.

Benarkah rambutan menyebabkan batuk?

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan merasa batuk setelah mengonsumsi buah rambutan. Namun, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa mengonsumsi rambutan dapat menyebabkan batuk.

Memang ada kandungan gula dalam rambutan yang bisa memicu batuk. Meski demikian, reaksi pada setiap orang tentu berbeda. Contohnya ketika ada orang yang sedang batuk dan mengonsumsi rambutan, bisa saja tubuhnya jadi memproduksi lendir lebih banyak sehingga batuk terasa semakin parah.

Perlu diingat pula bahwa yang aman untuk dimakan adalah buah rambutan, bukan kulit atau bijinya. Beberapa studi pada hewan menunjukkan bahwa kulit buah rambutan bisa jadi beracun apabila dikonsumsi.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/rambutan#bottom-line
Diakses 28 Januari 2020

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/rambutan-nutrition-facts-4690810
Diakses 28 Januari 2020

Heal with Food. https://www.healwithfood.org/nutrition-facts/rambutan-fruit-health-benefits.php
Diakses 28 Januari 2020

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-rambutan/#gref
Diakses 28 Januari 2020

Artikel Terkait