Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Buah Kersen bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat buah kersen bagi kesehatan
Buah kersen yang sudah matang

Beberapa orang mengenalnya sebagai buah ceri atau talok, sebagian lagi menyebutnya sebagai buah kersen. Buah kersen kerap dipandang sebelah mata karena pohonnya kerap tumbuh di pinggir jalan, padahal potensi manfaat buah kersen bagi kesehatan manusia ternyata cukup signifikan.

Pohon kersen (Muntingia calabura L.) adalah jenis tanaman yang kerap dijumpai di mana-mana, mulai dari halaman rumah, kebun, taman, pinggir sungai atau jalan. Kersen memang memiliki cabang-cabang mendatar dan menggantung di ujungnya sehingga membentuk naungan daun yang rindang dan dapat menjadi peneduh.

Sementara itu, buah kersen sendiri berwarna merah mencolok ketika sudah matang dan hijau saat masih muda. Buah ini identik dengan rasanya yang manis dan memiliki banyak biji kecil di dalamnya sehingga terasa seperti pasir.

Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui kandungan di dalam buah kersen sehingga tanaman ini tidak banyak dimanfaatkan untuk kesehatan manusia. Padahal, pohon kersen bisa berbuah sepanjang tahun sehingga bisa sering dikonsumsi sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh Anda.

Kandungan dan manfaat buah kersen untuk kesehatan

Penelitian mengungkap bahwa buah kersen memiliki banyak kandungan yang baik jika dimanfaatkan bagi kesehatan manusia. Kandungan tersebut meliputi asam askorbat, serat, niasin dan betakaroten; serta fitokimia seperti flavonoid, tannin, triterpene, saponin, dan polifenol.

Berdasarkan kandungan tersebut, manfaat buah kersen yang dapat Anda nikmati bersama dengan rasa manisnya adalah:

  • Antioksidan

Manfaat buah kersen berupa antioksidan didapat dari kandungan flavonoid, seperti flavon, flavonon, flavan, dan biflavan. Flavonoid ini juga dapat mendatangkan khasiat lain pada buah kersen, yakni antimikrobia, antivirus, antihipertensi, merangsang pembentukan estrogen, hingga mengobati gangguan fungsi hati.

  • Antiperadangan

Kali ini, manfaat buah kersen datang dari kandungan saponin di dalamnya. Saponin merupakan glikosida alami yang terikat dengan steroid alkaloid atau triterpena serta memiliki efek farmakologis seperti imunomodulator, antitumor, hingga antiperadangan.

Saponin juga dapat membasmi jamur dan virus yang masuk ke tubuh. Kandungan ini juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol sehingga manisnya buah kersen aman dinikmati pula oleh orang yang mengidap kolesterol tinggi.

  • Mengatasi diabetes

Menurut penelitian, buah kersen mengandung gula jenis fruktosa (0,918 gr/ml), glukosa (0,661 gr/ml), dan sukrosa (0,351 gr/ml). Buah kersen juga mengandung karbohidrat 7,55 gram dalam 100 gram buahnya. Kandungan gula alami ini aman dikonsumsi sebagai alternatif pengganti gula tebu bagi penderita diabetes.

  • Sumber vitamin C

Buah kersen juga kaya akan vitamin C sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan manusia secara keseluruhan. Vitamin C sendiri terbukti dapat mencegah kerusakan sel-sel akibat paparan radikal bebas serta menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit keriput dan muncul garis-garis halus pada wajah.

Manfaat buah kersen lainnya adalah dapat meredakan asam urat, namun klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Di sisi lain, efek samping maupun kontraindikasi buah kersen juga belum banyak diketahui sehingga Anda tetap disarankan untuk tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

Cara mengolah buah kersen

Meski banyak terdapat di Indonesia, tanaman kersen belum terlalu populer sehingga pengolahannya belum begitu banyak. Buah kersen biasanya dimakan dalam kondisi segar setelah dipetik karena memang akan cepat busuk jika telah tidak berada di pohonnya.

Agar dapat menambah ketahanan buah kersen, Anda dapat menjadikannya sebagai salah satu bahan baku pembuatan selai rumahan (homemade). Caranya, bersihkan buah kersen, kemudian hancurkan dan masak bersama dengan gula pasir hingga teksturnya kental, lalu simpan di wadah tertutup.

Anda juga dapat merasakan manfaat buah kersen ketika buah ini diolah menjadi kue, seperti pie atau tart. Rasa manis pada buah ceri kersen juga bisa menjadi alternatif camilan manis yang aman untuk anak-anak.

E-Prints UMS. http://eprints.ums.ac.id/29889/4/BAB_I.pdf
Diakses pada 15 Juni 2020

E-Jurnal Unisri. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jtpr/article/viewFile/1899/1688
Diakses pada 15 Juni 2020

Jurnal Teknik Kimia Vol 12, No. 1 Tahun 2017. https://pdfs.semanticscholar.org/4b18/46bcf6273e9a696b81627809b2917e6e8fe5.pdf
Diakses pada 16 Juni 2020

Tropical Info. http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Muntingia+calabura
Diakses pada 16 Juni 2020

Artikel Terkait