Thyme dan Manfaatnya yang Tak Lekang Oleh Waktu

Thyme adalah penyedap rasa dan herbal dari keluarga mint, yang kaya akan khasiat
Thyme berasal dari keluarga mint dan memiliki segudang manfaat kesehatan

Tak sedap rasanya jika mengolah pasta tanpa taburan thyme. Tanaman ini dikenal sebagai penyedap rasa hidangan Mediterania yang mendunia. Namun, rasanya yang unik tak hanya menyedapkan masakan saja. Thyme pun telah lama dikenal sebagai herbal yang memiliki ragam manfaat kesehatan dan kebaikan.

Thyme adalah penyedap rasa yang banyak guna

Thyme merupakan tanaman herbal yang berasal dari keluarga mint. Tumbuhan ini memiliki lebih dari 400 subspesies dan memiliki rasa yang unik. Beragam hidangan menjadi nikmat dengan taburan daun thyme segar, maupun dari thyme botolan yang dijual di supermarket.

Daun thyme kering
Anda bisa menaburkan daun thyme segar atau yang sudah dikeringkan

Di samping sebagai penyedap rasa, thyme juga memiliki manfaat lainnya. Misalnya, masyarakat Mesir kuno telah menggunakan thyme dalam praktik pembalseman mumi. Orang Yunani zaman dulu juga mengaplikasikan thyme sebagai dupa karena aromanya yang khas.

Manfaat thyme untuk kesehatan jiwa dan raga

Sebagai tanaman herbal termasyhur, thyme mengantongi beraneka manfaat kesehatan. Berikut ini manfaat thyme untuk kesehatan yang perlu Anda tahu:

1. Mengendalikan tekanan darah

Salah satu spesies thyme, yakni Thymus linearis Benth, dilaporkan memiliki khasiat untuk mengontrol tekanan darah. Sebuah uji padi hewan yang dimuat dalam Acta Poloniae Pharmaceutica menyebutkan, ekstrak thyme spesies tersebut mampu menurunkan detak jantung bersama dengan tekanan darah, serta mengendalikan kolesterol.

Anda bisa mencoba menggantikan penggunaan garam dengan taburan thyme, untuk menjaga tekanan darah.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Thyme mengandung vitamin C dan vitamin A. Keduanya berperan dalam menjaga sistem imun tubuh, sehingga tanaman herbal ini bisa Anda coba variasikan dalam sajian sehat di rumah. Thyme pun mengandung beberapa mineral, seperti tembaga, zat besi, dan mangan.

3. Meredakan batuk

Thyme juga tersedia dalam bentuk minyak esensial yang telah banyak digunakan untuk meredakan batuk. Studi pun menemukan, kombinasi daun thyme dan daun ivy mampu meringankan batuk serta gejala bronkitis akut.

4. Mengatasi jerawat

Tak hanya untuk masalah medis di dalam tubuh, jerawat di kulit pun bisa diatasi dengan thyme. Thyme dilaporkan memiliki sifat antibakteri dan berpotensi untuk menjadi kandungan antijerawat di masa mendatang.

5. Memiliki sifat antioksidan

Thyme memiliki kandungan yang bisa bertindak sebagai molekul antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan timonin. Antioksidan penting untuk mengendalikan radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel dan beragam penyakit.

6. Berpotensi untuk menyehatkan mata

Thyme mengandung karotenoid dan vitamin A. Kedua nutrisi ini sudah lama dikenal sangat baik untuk kesehatan mata, sekaligus bertindak sebagai molekul antioksidan. Misalnya, karotenoid dapat mengendalikan radikal bebas di sistem okular sehingga membantu memperlambat degenerasi makula dan mencegah katarak.

7. Melancarkan aliran darah

Seperti yang disampaikan di atas, thyme mengandung zat besi. Mineral ini esensial untuk produksi sel darah merah, sehingga sirkulasi pun diharapkan akan lebih lancar jika zat besi tercukupi dengan baik.

8. Memperbaiki mood

Tak hanya untuk kesehatan fisik, thyme si tanaman ajaib juga bermanfaat untuk kesehatan psikologis. Minyak thyme merupakan salah satu minyak atsiri yang digunakan dalam praktik aromaterapi berkat kandungan karvakrolnya.

Minyak thyme
Minyak thyme dikenal ampuh untuk perbaiki mood

Studi menyebutkan, karvakrol dilaporkan memengaruhi aktivitas sel saraf yang berkaitan dengan perasaan senang. Apabila Anda mencari opsi minyak aromaterapi di rumah, minyak thyme dapat menjadi pilihan.

Catatan dari SehatQ

Thyme merupakan penyedap rasa yang memiliki khasiat kesehatan. Anda bisa mengonsumsi thyme dengan menaburkannya ke berbagai masakan, seperti pasta, marinasi ayam, atau bumbu ikan. Minyak thyme pun terkenal untuk memperbaiki mood karena aromanya yang begitu unik. Selamat mencoba!

Healthline. https://www.healthline.com/health/health-benefits-of-thyme
Diakses pada 20 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266016
Diakses pada 20 April 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25272894
Diakses pada 20 April 2020

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/thyme.html
Diakses pada 20 April 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-thymus-vulgaris-88803
Diakses pada 20 April 2020

Artikel Terkait