Tes untuk Mengetahui Jenis Kulit Wajah yang Bisa Dilakukan Sendiri


Tes untuk mengetahui jenis kulit wajah penting dilakukan guna menentukan produk perawatan kulit yang tepat. Tak perlu ke dokter kulit, cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri ternyata bisa dilakukan di rumah dengan mudah.

0,0
Tes untuk mengetahui jenis kulit wajah penting dilakukan guna menentukan produk perawatan kulit yang tepatTes untuk mengetahui jenis kulit wajah bisa pula melalui alat tertentu yang dilakukan oleh dokter kulit
Mengetahui jenis kulit wajah sangat penting saat hendak membeli atau memulai perawatan kulit wajah. Terlebih, kulit terdiri dari berbagai tipe yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting melakukan tes untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda terlebih dulu. 

Berbagai tes untuk mengetahui jenis kulit sendiri yang bisa dicoba

Walaupun tampak sepele, cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri sangat penting. Pasalnya, ketika sudah mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki, Anda bisa menentukan produk perawatan kulit yang tepat untuk digunakan. Cara mengecek jenis kulit wajah bisa dilakukan dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. Namun, Anda juga dapat melakukan berbagai tes untuk mengetahui jenis kulit sendiri di rumah dengan mudah berikut ini.

1. Melihat tampilan kulit sepanjang hari

Tes untuk mengetahui jenis kulit sepanjang hari
Jika kulit terasa lembut dan kenyal maka Anda punya kulit normal
Salah satu tes untuk mengetahui jenis kulit yang paling mudah dilakukan adalah melihat tampilan kulit sepanjang hari. Caranya, Anda bisa mencuci muka dengan sabun pembersih wajah pada pagi hari. Kemudian, keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. Diamkan sepanjang hari tanpa menggunakan produk perawatan kulit apa pun. Lalu, di penghujung hari, periksa tampilan dan tekstur kulit Anda. Apakah Anda mengalami tanda-tanda di bawah ini:
  • Kulit terasa lembut, kenyal, tanpa ada tanda-tanda berminyak, kering, atau iritasi (kulit normal). 
  • Kulit kering, terasa kencang, kasar saat disentuh, bahkan mengelupas (kulit kering). 
  • Kulit berminyak, tampak bersinar, kulit terasa lengket saat disentuh (kulit berminyak). 
  • Area kulit T wajah, seperti dahi, hidung, dan dagu, terasa berminyak serta berkilau, tetapi area pipi dan kulit lainnya terasa kering (kulit kombinasi). 
  • Kulit terasa gatal dan meradang, kulit kemerahan (kulit sensitif).

2. Tes jenis kulit sesaat setelah cuci muka

Tes untuk mengetahui jenis kulit setelah cuci muka
Setelah cuci muka dan mengeringkannya, perhatikan kondisi wajah
Tes untuk mengetahui jenis kulit sepanjang hari mungkin kurang valid apabila seharian penuh Anda melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan yang membuat wajah jadi berkeringat, dan atau terpapar sinar matahari, angin, hingga polusi debu. Sebagai solusinya, Anda bisa mengetahui jenis kulit wajah dengan cepat yang dilakukan setelah cuci muka. Prinsipnya, sama seperti cara mengecek jenis kulit sepanjang hari pada langkah sebelumnya. Akan tetapi, untuk mengetahui hasilnya, dilakukan secara lebih singkat. Berikut adalah cara mengecek jenis kulit sendiri setelah cuci muka. 
  • Cuci muka dengan sabun pembersih wajah terlebih dahulu.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk bersih. 
  • Setelah membersihkan dan mengeringkan wajah, tunggu selama 30 menit. 
  • Selama waktu tersebut, Anda jangan menggunakan produk perawatan kulit apa pun, termasuk toner, serum wajah, atau pelembap. 
Periksa tampilan dan tekstur kulit Anda dengan mengenali ciri-ciri jenis kulit pada cara sebelumnya. 

3. Blotting test

Tes untuk mengetahui jenis kulit dengan kertas minyak
Tempelkan keras minyak pada wajah dan perhatikan noda minyaknya
Tes untuk mengetahui jenis kulit bisa pula menggunakan blotting paper atau kertas minyak wajahCara mengenali jenis kulit wajah sendiri ini terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah, yakni:
  • Pastikan Anda mencuci muka dengan sabun pembersih wajah terlebih dahulu. 
  • Setelah dikeringkan, diamkan kulit wajah selama 3 jam tanpa menggunakan produk skincare apa pun. 
  • Tempelkan blotting paper pada area wajah. Diamkan selama beberapa menit untuk mengetahui minyak yang dihasilkan dari kulit wajah.
Jika kertas menempel di wajah dan Anda mendapatinya terdapat noda minyak, maka Anda punya kulit berminyak. Apabila kertas menempel di wajah, tetapi tidak ada noda berminyak yang terlihat pada kertas, Anda kemungkinan memiliki kulit normal. Sementara, apabila kertas minyak tidak menempel di wajah sama sekali, Anda mempunyai kulit wajah keringSedangkan, kulit kombinasi ditandai dengan kemunculan noda berminyak pada kertas yang ditempel di area T wajah. Sayangnya, cara mengetahui jenis kulit wajah ini tidak dapat mengenali tipe kulit sensitif. 

4. Cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu

Anda juga bisa melakukan tes untuk mengetahui jenis kulit menggunakan tisu. Cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu mirip blotting test yang sudah dijelaskan pada langkah sebelumnya. Simak cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu berikut ini. 
  • Cuci muka dengan sabun pembersih wajah sebelum tidur di malam hari untuk membersihkan kotoran, sisa make up, dan minyak di wajah. 
  • Keringkan wajah secara perlahan menggunakan handuk. 
  • Jangan menggunakan produk perawatan kulit terlebih, diamkan kulit selama kurang lebih 1 jam. 
  • Anda juga tidak disarankan menyentuh area wajah. 
  • Ambil tisu dan tekan pada area wajah Anda. 
Jika tisu tidak menyerap minyak dari wajah dan kulit Anda tampak sehat, maka Anda mempunyai kulit normal. Apabila tisu tidak menyerap minyak di wajah, tetapi kulit terasa kencang, kering, dan mengelupas, kemungkinan Anda memiliki kulit kering. Tisu menyerap minyak dan wajah tampak berkilau, terutama pada area T wajah, Anda punya kulit berminyak. Sedangkan, tisu menyerap minyak pada area T wajah setelah satu jam, tetapi area lain terasa kering, artinya kulit kombinasi.

5. Tes untuk mengetahui jenis kulit melalui cubitan

tes untuk mengetahui jenis kulit melalui tekanan
Cek jenis kulit dengan cara menekan area kulit wajah
Tes untuk mengetahui jenis kulit melalui cubitan bisa dilakukan guna mengecek kekenyalan kulit. Anda cukup mencubit atau menekan area kulit wajah dan perhatikan kekenyalannya. Jika kulit tidak kembali seperti semula dengan cepat ditekan atau dicubit, maka Anda kemungkinan mempunyai kulit kering. Hal tersebut karena kulit kering kekurangan minyak dan lipid alami yang berfungsi menjaga kulit tetap kenyal. Sedangkan, jenis kulit normal dan berminyak akan kembali seperti semula dengan cepat setelah Anda mencubit atau menekannya. 

Perawatan kulit wajah sesuai dengan jenisnya

Setelah cara mengetahui tipe kulit wajah dilakukan, saatnya Anda menentukan perawatan kulit wajah yang tepat. Pasalnya, beda tipe kulit wajah, maka berbeda pula metode perawatan kulit yang dilakukan. Berikut adalah perawatan kulit wajah sesuai dengan jenisnya yang bisa dilakukan. 

1. Kulit normal

Tes untuk mengetahui jenis kulit wajah normal
Pemilik kulit normal bisa cari produk perawatan kulit yang cocok
Pemilik kulit normal sebenarnya tidak perlu membutuhkan perawatan kulit yang ribet. Selalu jaga kesehatan kulit menggunakan produk pembersih wajah yang lembut tiap pagi dan malam hari serta mengoleskan pelembap.Anda juga perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya yang mampu melawan paparan sinar ultraviolet (UV) A dan B untuk menghindari noda hitam dan tanda-tanda penuaan dini. 

2. Kulit berminyak

Tes untuk mengetahui jenis kulit wajah berminyak
Cara mengatasi wajah berminyak bisa pakai kertas minyak wajah
Bagi pemilik kulit berminyak, Anda disarankan untuk rutin mencuci muka pada pagi dan malam hari, serta setelah berkeringat atau berolahraga. Anda bisa menggunakan produk pencuci muka untuk kulit berminyak berbahan dasar air pada pagi hari untuk menghilangkan tumpukan minyak di wajah. Kemudian, gunakan serum dan pelembap berbasis air untuk menjaga kelembapan wajah. Pada malam hari, Anda bisa mencuci muka dengan sabun pembersih wajah berbahan dasar minyak untuk mengangkat sisa make up, kotoran, dan minyak di wajah. Lalu, akhiri perawatan kulit berminyak di malam hari menggunakan produk eksfoliasi dan pelembap bebas minyak yang lembut di kulit. 

3. Kulit kering

Tes untuk mengetahui jenis kulit wajah kering
Kulit wajah kering ditandai dengan terasa kencang dan mengelupas
Pemilik kulit wajah kering bisa melakukan perawatan dengan produk pembersih wajah yang lembut dan tidak menghilangkan minyak alami pada kulit. Jika kulit Anda sangat kering, lewati tahapan mencuci muka dengan membilas wajah dengan air suam-suam kuku. Kemudian, keringkan wajah dan oleskan pelembap dan tabir surya. Anda bisa menggunakan pelembap dan produk perawatan kulit kering yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide

4. Kulit kombinasi

Tes untuk mengetahui jenis kulit wajah kombinasi
Gunakan pelembap pada area kulit wajah yang kering
Melakukan perawatan kulit kombinasi bisa melihat dari cocok tidaknya penggunaan produk tersebut pada kulit Anda. Anda bisa menggunakan pencuci muka untuk kulit kombinasi yang lembut dan tidak membuat kulit kering tiap pagi dan malam hari.Gunakan produk skincare untuk kulit kombinasi mengandung witch hazel atau astringent pada area T wajah, dan produk mengandung hyaluronic acid pada area kulit wajah yang kering. Pastikan untuk selalu menggunakan pelembap berbahan dasar air dan tidak rentan menyumbat pori (noncomedogenic). 

5. Kulit sensitif

tes untuk mengetahui jenis kulit wajah sensitif
Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung pewangi
Cara merawat kulit wajah sensitif memang tidak mudah agar tidak semakin memperburuk kondisi kulit yang tengah Anda alami. Jadi, pilihlah produk perawatan kulit sensitif yang bebas zat pewangi, pewarna, serta tidak mengandung sulfat dan paraben. Cara mengecek jenis kulit sendiri sebenarnya mudah dilakukan. Akan tetapi, bila Anda merasa tidak yakin mengenali tipe kulit wajah sendiri, berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit tentu sangat disarankan. Dengan demikian, dokter kulit dapat melakukan cek kulit wajah dengan alat tertentu sekaligus merekomendasikan produk perawatan kulit yang tepat untuk Anda. Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai cara menentukan jenis kulit wajah lebih lanjut, tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play
kulit berminyakkulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikankulit sensitifkulit keringperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-type-test
Diakses pada 16 Juni 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/10981-know-your-skin-type-before-choosing-skin-care-products
Diakses pada 16 Juni 2021
Derm Collective. https://dermcollective.com/what-is-my-skin-type/#skin_type_tests
Diakses pada 16 Juni 2021
Instyle. https://www.instyle.com/news/how-to-determine-skin-type-tissue-test
Diakses pada 16 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait