Dapatkah Tes Psikologi Mendiagnosis Gangguan Kepribadian?

Selain mengecek gangguan kepribadian, tes psikologis dapat dilakukan untuk pekerjaan dan edukasi
Tes psikologi memiliki beragam manfaat, yaitu mengenal potensi diri hingga mengecek gangguan kepribadian

Tes psikologi biasanya diasosiasikan dengan tes untuk mengetahui gangguan kepribadian. Padahal, tes psikologi sebenarnya tidak hanya mencakup diagnosis gangguan kepribadian tertentu tetapi juga untuk menilai hal-hal lainnya.

Tes psikologi digunakan untuk mengetahui kepribadian, perilaku, serta kemampuan seseorang. Biasanya penilaian psikologis yang dilakukan tidak hanya menggunakan satu tes psikologi saja tetapi terdiri dari beberapa tes psikologi.

konsultasi dengan psikolog

Tes psikologi tidak hanya untuk gangguan kepribadian

Tes psikologi diperlukan untuk membantu seseorang mengetahui masalah yang dialami dan mengetahui potensi dari seseorang serta bagaimana orang tersebut dapat mencapai potensi maksimalnya.

Dalam lingkup pekerjaan, tes psikologi dapat digunakan untuk mengetahui seberapa sesuai calon pekerja dengan pekerjaannya. Selain itu, tes psikologi juga dapat digunakan untuk para atlet dan seniman.

Tes psikologi dapat bermanfaat untuk mengetahui kekuatan serta kelemahan dari atlet dan seniman, serta untuk mengidentifikasi kemampuan dan cara mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh atlet dan seniman.

Tidak hanya itu, tes psikologi juga dapat berguna untuk mengetahui kemampuan persepsi dan kognitif atlet serta seniman.

Siapa Saja yang Dapat Memberikan Tes Psikologi?

Pemberian dan interpretasi dari tes psikologi umumnya dilakukan oleh psikolog. Namun, pemberian tes dapat juga dilakukan oleh individu yang belum menjadi psikolog.

Hanya saja, orang tersebut harus berada di bawah pengawasan psikolog dan interpretasi tes psikologi hanya akan dilakukan oleh psikolog yang mengawasi orang tersebut.

Penerapan Tes Psikologi

Penerapan atau pemberian tes psikologi dapat dilakukan secara individual atau kepada satu orang saja dan bisa juga dilakukan secara bersamaan dalam suatu kelompok besar.

Tes psikologi juga dapat dilakukan melalui komputer maupun menggunakan kertas dan pensil. Jika pemberian tes psikologi menggunakan kertas dan pensil, Anda akan diberikan sebuah buku kecil beserta pulpen atau pensil.

Sementara jika tes psikologi dilakukan melalui komputer, maka Anda akan diminta untuk langsung mengisi jawabannya menggunakan keyboard, mouse, maupun joystick. Tes psikologi juga bisa diakses melalui internet.

Durasi Tes Psikologi

Durasi dari tes psikologi yang diikuti tergantung dari tes psikologi yang diberikan. Namun, kurang lebih waktu yang dibutuhkan berkisar dari 15 menit sampai satu jam.

Psikolog akan memberitahukan kepada Anda berapa lama waktu yang akan diberikan sebelum Anda dipersilahkan untuk mengerjakan tesnya.

Jenis-jenis Tes Psikologi

Selain untuk penggunaan klinis atau untuk diagnosis, tes psikologi memiliki berbagai jenis dan tergantung dari apa yang akan dinilai atau diukur. Berikut adalah beberapa jenis tes psikologi berdasarkan dari konteks pemakaiannya:

berbagai jenis tes psikologi salah satunya masalah pekerjaan

  • Tes Psikologi untuk Pekerjaan

    Tes psikologi digunakan untuk proses rekrutmen, seleksi, promosi, dan pengembangan diri untuk karyawan. Tes juga dapat dilakukan untuk konseling karir dan untuk memfasilitasi cara-cara bekerja yang baik.

    Salah satu tes psikologi yang sering diberikan untuk pekerjaan adalah tes Psikologi DISC. Tes psikologi DISC dapat membantu untuk meningkatkan hubungan dan komunikasi dalam kelompok, serta untuk mengetahui secara efektif prioritas dan karakter dari karyawan. 

  • Tes Psikologi untuk Edukasi

Tes psikologi diberikan tidak hanya untuk anak berkebutuhan khusus, tetapi juga untuk mengetahui masalah pembelajaran yang dialami anak secara umum serta untuk perkembangan dan kesejahteraan anak.

Tes Wechsler Intelligence Scale for Children (WISC) merupakan salah satu tes untuk mengukur aspek-aspek intelegensi anak dari usia enam sampai 16 tahun. Tes psikologi WISC tidak hanya untuk mengukur IQ, tetapi juga dapat mengukur kemampuan kognitif anak. 

konsultasi dengan psikolog

  • Tes Psikologi untuk Kesehatan

    Tes psikologi dapat digunakan untuk orang yang memiliki gangguan pembelajaran dan masalah dalam emosi serta perilaku.

    Tidak hanya itu, tes psikologi juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah suatu penyakit, gangguan pancaindra, dan cedera diakibatkan oleh gangguan saraf.

    Dalam hal ini, tes psikologi dapat memberikan kesadaran diri bagi individu dan membantu proses konseling.

    Tes psikologi The Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) merupakan salah satu alat tes yang digunakan untuk mendiagnosis gangguan mental dan terdiri dari MMPI-1 dan MMPI-2.  

Lakukan tes psikologi pada lembaga yang terpercaya sesuai dengan kebutuhan Anda dan dengan orang yang terpercaya dan profesional. 

Australian Psychological Society. https://www.psychology.org.au/for-the-public/about-psychology/What-does-a-psychologist-do/Psychological-tests-and-testing
https://www.psychology.org.au/publications/inpsych/2012/december/thomas
Diakses pada 23 April 2019

DISC Profile. https://www.discprofile.com/what-is-disc/overview/
Diakses pada 29 April 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/therapy-types/psychological-testing-and-evaluation
Diakses pada 23 April 2019

The British Psychological Society. https://ptc.bps.org.uk/tests-and-testing/psychological-tests/about-psychological-testing
Diakses pada 23 April 2019

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-the-minnesota-multiphasic-personality-inventory-2795582
Diakses pada 29 April 2019

Welscher IQ Test. https://wechsleriqtest.com/wechsler-intelligence-scale-for-children/
Diakses pada 29 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed