Tes Kehamilan dengan Gula, Mitos atau Fakta?

(0)
22 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tes kehamilan dengan gula belum didukung penelitian yang kuat.Tes kehamilan dengan gula bermula dari rumor-rumor di dunia maya.
Tes kehamilan dengan gula mulai dikenal banyak orang lewat video YouTube ataupun berbagai blog di dunia maya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan tes kehamilan ini pun mudah ditemukan. Maka tidak heran banyak wanita yang tergoda untuk mencobanya.Namun sebelum mencoba tes kehamilan dengan gula, ada baiknya Anda mencari tahu dulu seputar kebenarannya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak tertipu dengan rumor yang beredar.

Tes kehamilan dengan gula, bagaimana caranya?

Tes kehamilan dengan gula sangat mudah dilakukan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pun dapat ditemukan di dapur.Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan tes kehamilan dengan gula:
  • Mangkuk kecil bersih untuk menaruh gula
  • Cangkir plastik untuk menaruh urine
  • Gula.
Setelah mendapatkan seluruh bahan yang diperlukan, langkah pertama adalah mengambil beberapa sendok gula dan memasukannya ke dalam mangkuk.Setelah itu, masukkan urine ke dalam cangkir bersih dan tuangkan ke dalam mangkuk yang sudah berisikan gula tadi. Sebaiknya urine diambil ketika Anda buang air kecil untuk pertama kalinya di pagi hari.Tunggulah beberapa menit untuk melihat hasilnya. Ingat, jangan mengaduk campuran gula dan air urine ini, ya.

Cara melihat hasil tes kehamilan dengan gula

Tes kehamilan dengan gula belum didukung penelitian yang kuat
Tes kehamilan dengan gula belum didukung penelitian kuat
Sama seperti tes kehamilan lainnya, tentu akan ada hasil positif dan negatif yang menandakan Anda hamil atau tidak. Berikut ini adalah penjelasan ilmiah mengenai hasil tes kehamilan dengan gula.

Hasil positif

Banyak orang yang percaya bahwa ketika ada hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urine, gula yang sudah bercampur dengan urine itu tidak akan larut. Sebaliknya, gula itu akan menggumpal di bagian bawah mangkuk. Hal ini dianggap menandakan hasil positif dari tes kehamilan dengan gula.Tidak ada penjelasan mengenai ukuran gumpalan gula yang ada di dasar mangkuk tersebut. Intinya, jika ada gumpalan gula di bagian dasar air urine, maka itu menandakan hasil positif dari tes kehamilan dengan gula.

Hasil negatif

Kalangan yang memercayai tes kehamilan dengan gula menganggap hormon hCG tidak akan larut saat bercampur dengan gula. Itulah mengapa, urine dari wanita yang tidak hamil akan bisa melarutkan gula.Dengan kata lain, jika gula larut dalam cairan urine Anda, itu menandakan hasil negatif dari tes kehamilan dengan gula.

Apakah tes kehamilan dengan gula dapat dipercaya?

Tes kehamilan dengan gula tidak didukung penelitian kuat
Tes kehamilan dengan gula, apakah bisa dipercaya?
Meskipun tes kehamilan dengan gula ini sangat mudah dilakukan, belum ada penelitian yang dapat membuktikan kebenarannya. Jadi, metode ini tidak dapat dipercaya.Banyak sekali laporan simpang siur mengenai tes kehamilan dengan gula. Bahkan, ada yang mendapatkan hasil positif dengan melakukan tes kehamilan dengan gula ini, tetapi ternyata ia tidak hamil.Ditambah lagi, setiap orang memiliki komponen yang berbeda-beda di dalam urinenya, tergantung dari makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Bisa jadi, ada senyawa lain yang membuat gula tidak larut saat bercampur dengan urine. Namun yang pasti, senyawa tersebut bukan hormon hCG.

Tes kehamilan yang sudah terbukti akurat

Daripada pusing mencoba tes kehamilan dengan gula yang belum terbukti kebenarannya, lebih baik Anda mencoba berbagai tes kehamilan yang sudah terbukti akurat di bawah ini.
  • Test pack

Test pack adalah tes kehamilan yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Selama Anda mengikuti petunjuk yang sudah tertera di kemasannya, maka hasilnya 99 persen akurat.Ditambah lagi, test pack akan memberikan hasil yang cepat, bahkan hanya dalam hitungan menit saja.
  • Tes darah

Tidak melulu urine, darah juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Namun bedanya, tes darah untuk mengetahui kehamilan tidak bisa dilakukan di rumah karena tes ini harus dilakukan di rumah sakit.Tes darah dipercaya dapat mendeteksi kehamilan lebih dini dibandingkan test pack atau tes urine. Tes ini bisa dilakukan sekitar 6-8 hari setelah adanya proses ovulasi. Namun, dibutuhkan waktu lebih lama untuk melihat hasil dari tes kehamilan ini.Berbagai tes kehamilan di atas sudah tidak diragukan lagi keabsahannya. Demi hasil yang akurat, belilah test pack atau datang langsung ke dokter kandungan untuk melakukan tes kehamilan.

Catatan dari SehatQ:

Dibandingkan melakukan tes kehamilan dengan gula yang kebenarannya masih dipertanyakan, lebih baik lakukanlah berbagai tes kehamilan yang sudah terbukti akurat. Terutama bagi para wanita yang sudah menanti-nanti kedatangan buah hati ke dalam kehidupan Anda.
kehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilanibu hamil
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/getting-pregnant/prepping-for-pregnancy/sugar-pregnancy-test/
Diakses pada 8 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/sugar-pregnancy-test#instructions
Diakses pada 8 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait