Tes Kehamilan dengan Cuka, Apakah Dapat Dipercaya?

(0)
24 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tes kehamilan dengan cuka terbagi dalam beberapa jenis.Tes kehamilan dengan cuka cukup mudah dilakukan di rumah.
Segelintir orang memercayai tes kehamilan dengan cuka dapat memberikan hasil positif atau negatif yang akurat. Cara melakukannya cukup sederhana, ditambah lagi bahan-bahan yang dibutuhkan bisa ditemukan di dapur rumah.Meski begitu, Anda tidak boleh percaya begitu saja terhadapnya. Sebab, belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikan keampuhan tes kehamilan dengan cuka ini.

Tes kehamilan dengan cuka, bagaimana caranya?

Tidak sedikit wanita yang tergiur untuk melakukan tes kehamilan dengan cuka karena harga yang murah dan mudah dilakukan di rumah.Tes kehamilan dengan cuka terbagi menjadi dua jenis, meliputi:

1. Cuka putih

Tes kehamilan dengan bahan cuka putih dapat dilakukan dengan mencampurkan  urine dengan cuka putih di dalam sebuah wadah. Berikut ini adalah tahapannya:
  • Siapkan urine yang diambil pada saat buang air kecil di pagi hari
  • Siapkan cuka putih di dalam wadah lainnya
  • Campurkan air urine dan cuka putih ke dalam satu wadah bersih
  • Aduklah hingga merata.
Setelah itu, tunggulah 3-5 menit. Jika hasilnya positif, maka campuran cuka putih dan air urine itu akan berubah warna. Jika hasilnya negatif, tidak akan ada reaksi atau perubahan warna yang terjadi.

2. Cuka putih dan minyak ikan tuna

Tes kehamilan dengan cuka selanjutnya adalah mencampurkan minyak ikan tuna, cuka, dengan urine. Kali ini, hasil positif atau negatifnya ditentukan oleh perubahan warna. Berikut ini adalah tahapannya:Jika warnanya berubah menjadi kuning atau jingga setelah menunggu 3-5 menit, itu artinya tidak ada hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urine alias tidak hamil. Namun, jika warnanya berubah menjadi kehijauan, dipercaya hasilnya positif.Reaksi atau perubahan warna yang terjadi dalam tes kehamilan ini disebabkan oleh hormon hCG yang bereaksi terhadap cuka. Gunakan urine yang diambil saat Anda buang air kecil pertama di pagi hari.Namun harus diingat, hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan efektivitas dari tes kehamilan dengan cuka ini.

Pro dan kontra tes kehamilan dengan cuka

Ada pro dan kontra dalam tes kehamilan dengan cuka. Sebelum Anda mencobanya, sebaiknya ketahui dulu kedua hal ini agar tidak tertipu dengan rumor-rumor yang beredar.Kelebihan tes kehamilan dengan cuka adalah tidak membutuhkan biaya yang mahal, dapat dilakukan berulang-ulang, kerahasiaan kehamilan tetap terjaga, dan bahan-bahan yang digunakan tidak berbahaya.Sedangkan kekurangannya, tidak ada ukuran porsi yang jelas mengenai seberapa banyak cuka dan urine yang harus dicampurkan dalam wadah. Selain itu, perubahan warna yang mengindikasikan hasilnya juga dianggap tidak jelas. Ditambah lagi, keberadaan bakteri atau debu dapat memengaruhi hasilnya.Itulah sebabnya Anda disarankan untuk tidak mencoba atau memercayai tes kehamilan dengan cuka. Sebab, belum ada penelitian atau pengakuan dunia medis mengenai tes kehamilan ini.
Tes kehamilan dengan cuka belum dapat dipercaya sepenuhnya
Tes kehamilan dengan cuka belum terbukti, gunakan saja test pack
Lebih baik, gunakanlah tes kehamilan yang lebih akurat, seperti test pack, tes urine, ataupun tes darah di rumah sakit.

Gejala awal kehamilan yang patut dikenali

Jika memang Anda yakin sedang hamil, lebih baik langsung menggunakan tes kehamilan yang sudah tepercaya. Selain itu, kenali berbagai gejala awal kehamilan berikut ini.Berbagai gejala awal kehamilan di atas juga dapat disebabkan oleh sejumlah penyakit. Itulah mengapa Anda tidak boleh asal-asalan saat memilih tes kehamilan.Dengan mendapatkan hasil yang akurat, Anda dan pasangan bisa langsung mendapatkan perawatan kehamilan bersama dokter kandungan. Dengan begitu, janin dan ibu hamil akan tumbuh sehat.

Catatan dari SehatQ:

Tidak hanya tes kehamilan dengan cuka, masih banyak rumor tes kehamilan rumahan yang beredar di kalangan para wanita, seperti dengan soda kue, sabun, pasta gigi, hingga sampo. Namun sayang, belum ada penelitian yang bisa membuktikan efektivitas tes kehamilan rumahan ini.Untuk mendapatkan hasil yang akurat, gunakan test pack atau datanglah ke dokter. Jika memang Anda hamil, dokter akan menjelaskan segala kebutuhan ibu hamil sedini mungkin guna menjaga perkembangan janin di dalam rahim.
kehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilan
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/vinegar-pregnancy-test-process-accuracy-and-results/
Diakses pada 10 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/homemade-pregnancy-test#types
Diakses pada 10 September 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait